godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Oktober 24 2021
Home / Pemerintah / Realisasikan Dana Desa, Pemdes Karangpakis Kabuh Bangun Jalan Rabat Beton
Suasana kekompakan Pj Kades Karangpakis Hariadi (Tengah) bersama perangkat desa setempat, berpose bersama dikantor desa Karangpakis. Senin (27/9/2021)

Realisasikan Dana Desa, Pemdes Karangpakis Kabuh Bangun Jalan Rabat Beton

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Meski Di tengah masa pandemi Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Karangpakis, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, tetap komitmen gencar melakukan pembangunan infrastruktur desa.

Misalnya tahun ini pemerintah desa tersebut, mengadakan kegiatan pembangunan jalan lingkungan, yaitu berupa pembangunan jalan rabat beton sepanjang 309 meter dengan lebar 3 meter, berlokasi di Dusun Pakis.

“Pembangunan jalan tersebut mengunakan material cor bertulang, agar jalan bisa kuat dan bertahan lama. Pembangunan menelan biaya Rp 199.815.000 yang bersumber dari Dana Desa tahun 2021.” Kata Pj Kepala Desa Karangpakis, Hariadi SH, Senin (27/9/2021).

Lebih lanjut Hariadi menjelaskan, pelaksanaan pembangunan dimulai Juli 2021 dan selesai  September 2021. Pembangunan jalan rabat beton ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga.

“Pembangunan ini hasil musyawarah dari tingkat Musdus sampai Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan), saya berharap pembangunan ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga. Karena dengan jalan yang memadai akan memudahkan warga beraktifitas dalam mencari nafkah sehari-hari.” Ujarnya.

Bangunan jalan rabat beton didesa Karangpakis, dibiayai Dana Desa 2021. Senin (27/9/2021)

Pelaksanaan pengerjaan bangunan jalan, sambung Hariadi, dilakukan secara swakelola semua tenaga kerja diambilkan dari warga setempat, sebagai wujud pemberdayaan warga. Sekaligus untuk membantu warga dalam menghadapi  kesulitan ekonomi dimasa pandemi COVID-19.

“Jadi Dana Desa sangat bermanfaat, dalam membantu Pemdes Karangpakis untuk mengenjot pembangunan infrastruktur desa, dan juga bermanfaat bagi warga kurang mampu karena bisa menyerap tenaga kerja dari warga.” Pungkasnya.

Semoga pembangunan jalan ini dapat membawa manfaat secara maksimal, kepada masyarakat setempat. “Pembangunan jalan tersebut mendapat sambutan positif, dari warga karena pembangunan ini memang sudah lama ditunggu-tunggu warga, dan saya berharap untuk menjaga infrastruktur yang telah dibangun dan berkat Dana Desa 2021 harapan warga dapat kami penuhi yaitu dengan membangun jalan tersebut.” Kata Kades Hariadi.

Pj Kades Karangpakis, berharap kepada semua pihak dapat turut serta menjaga hasil pembangunan yang telah dibangun tersebut. Agar masa pengunaan jalan bisa bertahan lama. “Tanpa dukungan semua pihak program yang kami gulirkan sulit untuk dicapai. Oleh karena itu, kami harap semua pihak dapat bekerjasama, untuk bersama-sama membangun desa Karangpakis lebih baik lagi.” harapnya.

Kades Hariadi juga menambahkan, bahwa dirinya dalam waktu dekat akan mengundurkan diri dari jabatanya sebagai Pj Karangpakis. Pengunduran diri tersebut dikarenakan dirinya, akan ikut mencalonkan diri sebagai Kades Karangpakis.

Jalan rabat beton didesa Karangpakis, yang dibangun dari Dana Desa 2021. Senin (27/9/2021)

“Perlu juga saya sampaikan dalam waktu dekat, saya sudah mengundurkan diri dari Pj Kades karangpakis. Karena saya akan ikut mendaftar diri sebagai calon Kades Karang pakis, pada pemilihan kepala desa antar waktu (KDAW) yang akan digelar dalam waktu dekat. Jadi saya mohon doa dan dukungan dari warga desa karangpakis, agar saya terus dapat melanjutkan pembangunan desa Karangpakis kedepan agar lebih baik lagi.” Imbuhnya.

Ditempat terpisah ketua Tim pengelola kegiatan (TPK) desa Karangpakis, Yoska Tulus Sagita, mengatakan pelaksanaan pengerjaan jalan rabat beton dari Dana Desa ini, dilakukan dengan cara padat karya tunai, semua tenaga kerja kita ambilkan dari warga setempat, hal ini untuk pemberdayaan warga.

“Pengerjaan kita mulai pada Juli 2021 dan selesai pada awal September 2021. Pengerjaan dari awal hingga selesai berjalan lancar, sesuai perencanaan. Itu semua berkat kekompakan TPK, Pemerintah desa, BPD, dan dukungan dari warga desa Karangpakis.” Kata Yoska.

Sementara itu menurut Kardi salah seorang warga setempat mengatakan, warga sangat senang atas pembangunan jalan itu. “Sekarang jalan yang dibangun tersebut sudah difungsikan, dan warga sangat senang dengan pembangunan jalan rabat beton, tersebut. Setelah jalan ini selesai di bangun warga tidak lagi merasa tidak nyaman, karena sebelumnya jalan tersebut sudah tak layak.

“Terima kasih kepada Pemdes Karangpakis yang telah memikirkan aktivitas kami sehari hari. Dengan membangun jalan rabat beton tersebut.” Ucap Kardi. (sin/ris)

Check Also

Program TMMD Reguler Ke-112 Di Desa Duyung Trawas Resmi Ditutup

MOJOKERTO, NusantaraPosOnline.Com-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-112 di Desa Duyung Kecamatan Trawas, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!