godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Desember 5 2021
Home / Pemerintah / Realisasikan Program DAK-RTLH, Dinas Perkim Jombang Rehab 36 Unit RTLH Didesa Jombang
Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kawasan Perumahan, Dinas Perkim Kabupaten Jombang, Syaiful anwar ST

Realisasikan Program DAK-RTLH, Dinas Perkim Jombang Rehab 36 Unit RTLH Didesa Jombang

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Dalam rangka pemenuhan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah, Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang, tahun ini mengadakan kegiatan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa / Kecamatan Jombang, yang dibiayai dari program Dana alokasi khusus, Rumah Tidak Layak Huni (DAK-RTLH) yang bersumber dari APBN tahun 2021.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kawasan Perumahan, Dinas Perkim Kabupaten Jombang, Syaiful anwar ST,  mengatakan program DAK-RTLH ini berasal dari Kementerian PUPR dananya bersumber dari APBN TA 2021.

“Sasaran program bedah RTLH dari DAK atau APBN tahun 2021 di Desa Jombang, sejumla 36 unit. Besarnya bantuan bedah rumah sebesar Rp 20 juta per unit RTLH. Dengan rincian Rp. 17,5 juta untuk pembelian bahan bangunan, dan Rp. 2,5 juta untuk upah kerja, atau ongkos tukang.” Kata Syaiful, Rabu (24/11/2021).

Salah satu rumah warga Desa / Kecamatan Jombang yang sudah dilakukan rehab dengan program DAK-RTLH tahun angaran 2021

Syaiful menjelaskan, bantuan bedah rumah program DAK-RTLH diperuntukkan untuk warga yang sudah berkeluarga berpenghasilan rendah, dan memiliki atau menguasai tanah dengan bukti kepemilikan dan penguasaan yang sah, dengan kondisi tidak layak huni, belum pernah menerima bantuan perumahan sejenis.

“Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan tim dari Dinas Perkim Kabupaten Jombang, dan laporan  dari Pemerintah desa Jombang, bahwa pelaksanaan atau realisasi bedah rumah RTLH di desa Jombang, sudah terlaksana semuanya. Sebanyak 39 unit RTLH sudah berhasil dilaksanakan. Dan rumah yang dibangun tersebut melalui program DAK-RTLH sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh KPM (Keluarga penerima manfaat).” Tuturnya.

Menurut Syaiful, program DAK RTLH ini bertujuan untuk mengurangi jumlah rumah yang tidak layak huni dan dapat mensejahterakan masyarakat Kab Jombang. Agar masyarakat bisa tinggal dirumah yang sehat dan layak.

“Persyaratan tempat tinggal dikatakan sebagai rumah layak huni tersebut harus memenuhi tiga hal yaitu syarat keselamatan, syarat kesehatan dan syarat kecukupan ruang.” Ujarnya.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Jombang, Ir. Heru Widjajanto MSi, Pemerintah Kabupaten Jombang pada tahun ini mendapat alokasi DAK (Dana Alokasi Khusus) untuk program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebesar Rp 2,9 milyar.

Salah satu rumah warga Desa / Kecamatan Jombang yang sudah dilakukan rehab dengan program DAK-RTLH tahun angaran 2021

Anggaran ini diperuntukkan untuk rehab RTLH di sejumlah desa, di antaranya Desa Kepuhrejo, Kecamatan Kudu sebanyak 55 Unit, Desa/Kecamatan Jombang sebanyak 36 Unit, dan Desa Bakalanrayung Kecamatan Kudu sebanyak 50 Unit. Masing-masing rumah mendapatkan anggaran sebesar Rp 20 juta.

“Khusus Desa Jombang, alokasi awal 41 rumah. Setelah verifikasi, hanya 39 rumah yang layak mendapat bantuan DAK-RTLH. Dari 39 rumah ada tiga penerima bantuan mengundurkan diri, sehingga tersisa 36 penerima bantuan,” Kata Heru, Rabu (24/11/2021).

Proses pencairan bantuan dibagi menjadi tiga tahap, dan dana tersebut sudah tersalurkan secara keseluruhan, saat ini pelaksanaan rehabilitasi sudah selesai dilaksanakan, sesuai usulan. Kita berharap proyek rehabilitasi atau bedah RTLH ini bisa mensejaterakan masyarakat.

Heru menambahkan, Kabupaten Jombang setiap tahun selalu mendapat alokasi anggaran dari pemerintah pusat terkait RTLH. Baik melalui DAK-RTLH maupun BSPS.

“Hal ini membuktikan Pemkab Jombang sangat komitmen dengan persyaratan pemerintah pusat, baik dalam hal penyediaan dana pendamping, fasilitasi pelaksanaan program serta keseriusan pelaksanaan program yang telah diamanatkan oleh pemerintah pusat,” Tuturnya.

Ditempat terpisah Yanti, salah seorang warga Desa / Kecamatan Jombang, yang mendapat bantuan program DAK-RTLH 2021. “Kami sangat senang atas bantuan ini. Karena program DAK-RTLH ini telah membantu mewujudkan keinginan kami yang tidak mampu untuk memiliki tempat tinggal atau rumah yang layak huni dan sehat.” Kata Yanti.

Yanti mengaku, sangat berterima kasih Kementrian PUPR, Pemkab Jombang, dan dinas terkait, yang telah membatu kami, sehingga keluarga kami bisa tinggal dirumah yang layak huni. (May/Snt)

Check Also

Program PAMSIMAS Disperkim Jombang Bangun Jaringan Air Bersih Di Desa Jatimlerek

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Berbagai Program Nasional (Pronas) telah dilaksanakan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!