Ekobis  

Satgas Pangan Jombang-Bulog Pantau Stok Pangan Dan Stabilisasi Harga Beras

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Jombang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang (Sekdakab) Jombang Agus Purnomo SH. M.Si beserta Satgas Pangan, dan Kepala Pimpinan Cabang BULOG Surabaya Selatan, Rusli, pada Jumat (28/02) di Pasar Cukir memantau kelancaran Gerakan SIGAP SPHP atau Siap Jaga Harga Pasar dengan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (operasi pasar) untuk memastikan beras SPHP tersedia sepanjang tahun.

“Alhamdulillah, pagi ini kita bersama Satgas Pangan juga Bulog berada di Pasar Cukir guna memastikan bagaimana ketersediaan beras juga harganya. Dan hasilnya ketersediaan beras, terutama SPHP aman dan  harganya stabil. Operasi Pasar yang digelar juga disambut antusias oleh masyarakat, meski jumlah pembelian dibatasi hanya 2 sak saja”, tutur Agus Purnomo.

Beras dijual dengan harga Rp.10.200/kg kemasan 5kg menjadi Rp. 51.000. Minyak Goreng Kita harga 13 ribu, minyak sovia 2 Liter harga 33 ribu dan  minyak sovia 1 Liter  harga 17 ribu.

Disampaikan juga oleh Sekdakab Jombang bahwa kegiatan pemantauan harga dan ketersediaan pangan telah dilaksanakan rutin setiap minggu oleh petugas baik dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Jombang  bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian yang secara rutin dilaporkan ke Badan Pangan Nasional. Upaya ini salah satunya untuk menekan Inflasi.

“Kita akan terus lakukan evaluasi dari kegiatan pemantauan harga dan stok pangan. Yang terpenting masyarakat tidak perlu panik, yakin Bulog selalu SIGAP, ketersediaan beras aman harga juga stabil”, pungkas Sekdakab Agus Purnomo.

Pimpinan Cabang BULOG Surabaya Selatan, Rusli menyampaikan bahwa Gerakan SIGAP SPHP ini serentak telah dilaksanakan diseluruh Indonesia mulai tanggal 28 Agustus 2023 dan dipastikan beras SPHP akan membanjiri pasar-pasar di seluruh daerah melalui pedagang pengecer dan juga tersedia di retail-retail modern, termasuk di Pasar Cukir.

“Alhamdulillah Penyaluran beras SPHP yang ada di Kabupaten Jombang sudah berjalan. Untuk itu kami perlu lihat langsung dan memastikan program ini berjalan tepat sasaran,” tutur Rusli.

Dari awal tahun hingga hari ini BULOG sudah menggelontorkan sebanyak kurang lebih 6,5 ribu ton beras SPHP di wilayah kerja BULOG Cabang Surabaya Selatan. Pihaknya juga sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran bahwa Gerakan SIGAP SPHP ini harus berjalan lancar sepanjang tahun.

“Kami pantau secara terus menerus situasi sekarang ini dan dengan kekuatan stok cadangan beras pemerintah yang dikuasai BULOG Surabaya Selatan saat ini sebanyak 7,6 ribu ton atau setara 7 sampai 8 bulan alokasi kedepan, maka kami yakinkan kepada seluruh masyarakat untuk tidak perlu khawatir karena BULOG memiliki stok yang sangat aman untuk kebutuhan stabilisasi harga beras sepanjang tahun”, katanya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!