godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , September 22 2020
Home / Daerah / Satu Pohon Tumbang Di Muaraenim, Robohkan Dua Tiang Listrik
Tiang listrik roboh di Jalan Lintas Muara Enim-Baturaja, Desa Karang Raja, tepatnya didekat markas Batalyon 141 AYJP, Rabu (29/1). Mengakibatkan arus lalu lintas lumpuh, dan aliran listrik padam.

Satu Pohon Tumbang Di Muaraenim, Robohkan Dua Tiang Listrik

MUARA ENIM, NusantaraPosOnline.Com-Hujan disertai angin kencang yang melanda Desa Karang Raja, Kecamatan/ Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan. Rabu (29/1/2020) siang. Menyebabkan satu pohon besar dikawasan di Jalan Lintas Muara Enim-Baturaja, tepatnya di Desa Karang Raja, dekat markas Batalyon 141 AYJP. Tumbang kejalan dan menimpa kabel listrik milik Prusahan listrik negara (PLN).

Informasi dihimpun di lapangan, menyebutkan pohon besar yang tumbang tersebut panjangnya kisaran 20 meter, roboh sekitar pukul 13.30 WIB. Robohnya pohon ini juga menimpah jaringan kabel listrik PLN, hingga diduga dua unit tiang listrik didekat pohon yang roboh pun ikut patah dan tumbang ke tengah jalan.

Akibat kejadian ini mengakibatkan aliran listrik sekitar kota Muara Enim mendadak pemadaman, dan sempat membuat akses  Muara Enim – Tanjung Enim Terjadi kemacetan.  Ratusan pengendara yang hendak melintas dari berlawanan arah menumpuk karena kendaraan mereka terhalang batang pohon, tiang listrik, dan kabel listrik yang sudah terletak di jalan.

Beruntung petugas gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan (Dishub) dibantu warga berjibaku cepat melakukan evakuasi dengan menerjunkan 1 unit alat berat. 

PERISTIWA : Tiang listrik roboh di Jalan Lintas Muara Enim-Baturaja, Desa Karang Raja, tepatnya didekat markas Batalyon 141 AYJP, Rabu (29/1) Siang. Mengakibatkan arus lalu lintas lumpuh, dan aliran listrik padam.

Proses evakuasi pohon tumbang sempat terkendala akibat adanya sarang lebah yang bersarang dipohon yang tumbang itu. Bahkan lebah tersebut juga sempat menyengat pengendara motor yang terjebak kemacetan.

Untuk mengatasi sarang lebah tersebut, petugas membakar sarang lebah tersebut dengan kobaran api. Butuh waktu sekitar satu jam petugas berhasil mengevakuasi membawa pohon tumbang tersebut kepinggir jalan, dan kendaraan yang terjebak pun dapat melintas.

Kendati demikian, akses jalan lintas masih tetap ditutup karena ada 2 unit tiang listrik yang roboh tepatnya didepan markas Batalyon 141 AYJP Muara Enim. Petugas kepolisian mengalihkan kendaraan yang ingin menuju arah Tanjung Enim dan sebaliknya mengunakan Jalan lingkar terminal regional atau jembatan Enim 3.

Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono melalui Kasat Lantas Polres Muara Enim AKP Feby Febriyana ditemui dilokasi mengatakan kondisi jalur lintas sudah kembali normal setelah pohon berhasil dievakuasi.

“Namun pengendara kami alihkan lewat jalan lingkar terminal regional atau melalui jembatan Enim 3, Jalur lintas Muara Enim dipangkal tetap ditutup untuk keperluan evakuasi tiang listrik yang roboh,”kata AKP Feby.

Pihaknya juga memastikan tumbangnya pohon ke tengah jalan tidak menimbulkan korban jiwa. Menurut Feby, robohnya pohon ke tengah jalan akibat guyuran hujan yang melanda Kota Muara Enim.  “Robohnya pohon ini menimpah jaringan kabel PLN hingga diduga mengakibatkan dua unit tiang listrik disebelahnya ikut roboh,” Kata dia.

PERISTIWA : Kendaraan yang terjebak kemacetan di Jalan nasional Lintas Muara Enim-Baturaja, akibat pohon tumbang di Desa Karang Raja, dekat markas Batalyon 141 AYJP. Rabu (29/1/2020) sekitar pukul 13.30 WIB

Robohnya tiang listrik ini diakuinya memamakan waktu lama untuk proses evakuasi. Pihaknya pun sudah melakukan koordinasi dengan PLN untuk menyingkirkan tiang dan kabel yang melintang ditengah jalan. “Hanya saja pihak PLN tidak memberi kepastian waktu,berapa lama proses evakuasi ini,”ucapnya.

Sementara, Padamnya listrik akibat pohon dan tiang listrik tumbang mengakibatkan aliran listrik diseluruh Kota Muara Enim menjadi lumpuh. Listrik padam hingga 3 jam atau baru menyalah kembali sekitar pukul 16.30 WIB. (jun)

Check Also

Listrik Sering Padam, Warga Demo Tuntut Bupati Muba Bubarkan PT Muba Elektrik Power !

MUSI BANYUASIN, NusantaraPosOnline.Com-Sejumlah masah yang berasaldari 15 desa yang ada di Kec Plakat Tinggi, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!