Survei SMRC: Elektabilitas Jokowi 53,8 %, Prabowo Hanya 18,5%

JAKARTA-Lembaga Survei Saiful Mujani Research Consulting (SMRC) menyatakan, elektabilitas Joko Widodo atau Jokowi masih unggul dari calon lain di Pilpres 2019.

Hal ini bila responden diberi pertanyaan, siapa yang akan Ibu / Bapak pilih jadi presiden sekarang ini jika nama-nama berikut maju sebagai calon presiden?

Dalam survei, ada deretan nama Joko Widodo, Prabowo Subianto, Susilo Bambang Yudhoyono, Anies Baswedan, Hary Tanoe, Gatot Nurmantyo, dan sejumlah nama lainnya.

“Elektabilitas Prabowo hanya ‎memperoleh 18,5 persen. Jauh dibawah  Jokowi yang memperoleh 53,8 persen,” papar Direktur Utama SMRC Djayadi Hanan ‎di kantor SMRC, Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2018).

Bila dikomparasi secara head to head, lanjut Djayadi, Prabowo masih tertinggal dengan selisih cukup signifikan. “Elektabilitas Prabowo yaitu 27,1 persen dan Jokowi sebesar 64,1 persen,” jelas dia.

Elektabilitas Joko Widodo mengungguli sang rival, diperingatkan Djayadi, untuk tetap memperhatikan koresponden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Menurut dia, keberadaan persentase swing voters ini bisa saja membalikkan keadaan karena tensi politik saat ini terbilang masih cair.

“Jadi harus perhatikan ada persentase 8,8 persen yang memilih tidak tahu atau tidak menjawab ya,” Djayadi menandaskan.

Survei ini menggunakan metodologi Multistage Random Sampling, dengan Margin of Erro 3,1 persen. Dilakukan pada 7-13 Desember 2017, dan total koresponden 1.220 orang.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!