Ucap Rasa Syukur, Warga Manduro Jombang Gelar Sedekah Bumi

Pertunjukan kesenian rakyat Reok memeriahkan acara sedekah bumi, di Dusun, Desa Manduro, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Kamis (13/6/2026).

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta Alla SWT, warga Dusun Gesing, Desa Manduro, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menggelar Sedekah Dusun atau Sedekah Bumi, pada Kamis (13/6/2026).

Tradisi yang dilaksanakan secara rutin setiap 1 tahun sekali itu, dipusatkan balai Dusun Gesing, Desa Manduro, Kabupaten Jombang. Sedekah Dusun ini, diisi dengan kegiatan tumpengan dan doa bersama, yang diikuti ratusan warga setempat.

Acara ini juga dimeriahkan pertunjukan kesenian rakyat Kuda lumping, dan pertunjukan kesenia Reok. Sehingga membuat warga setempat terhibur, dan antusias untuk menyaksikan pertunjukan ini.

Suasana sedekah bumi, di Dusun, Desa Manduro, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Kamis (13/6/2026). (Foto : Dok koran Nusantara Pos / Wahyu)

Kepala Desa Manduro, Jamilun mengtakan, selain sebagai ucapan rasa syukur, tradisi sedekah bumi juga digelar sebagai bentuk rasa kebersamaan kepada sesama dengan memberikan sedekah atau sodaqoh berupa makanan.

“Selain sebagai rasa syukur kepada sang pencipta, sedekah bumi ini juga merupakan wujud dalam pelestarian budaya yang sudah dilakukan turun-temurun, yang mana kata orang-orang terdahulu sedekah bumi dapat menolak balak / bencana atau menjauhkan dari musibah karena Sedekah Bumi sama dengan memberi sodaqoh.” Terang Jamilun.

Ia menjelaskan, Sedekah Bumi adalah budaya masyarakat yang sudah dilakukan sejak lama dan menimbulkan efek positif, karena selain bisa bersilaturahmi antar warga desa, juga menciptakan kerukunan warga, dan rasa kebersamaan.

Suasana sedekah bumi, di Dusun, Desa Manduro, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Kamis (13/6/2026). (Foto : Dok koran Nusantara Pos / Wahyu).

“Acara sedekah bumi ini bukanlah acara yang dibiayai secara penuh oleh pemerintah atau pihak tertentu. Namun, acara ini murni berkat kerja sama dan gotong royong dari seluruh masyarakat Dusun Gesing.” Ujarnya.

Menurut Kades Jamilun, semua persiapan dan biaya dihimpun melalui patungan / urunan warga dan sumbangan dari donatur. Dengan adanya tradisi tasyakuran sedekah bumi, diharapkan budaya ini semakin dikenal dan terus dilestarikan setiap tahunnya.

Lebih lanjut, Jamilun menambahkan, hadirnya semangat gotong royong dan kebersamaan dalam acara sedekah bumi, ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi daerah lain.

“Inspirasi ini bertujuan untuk melestarikan budaya dan menggalakkan tradisi positif dalam menyambut momen-momen penting. Untuk itu, saya minta kepada warga untuk terus mempertahankan tradisi sedekah bumi. Imbuhnya.

Suasana sedekah bumi, di Dusun, Desa Manduro, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Kamis (13/6/2026). (Foto : Dok koran Nusantara Pos / Wahyu).

Tampak hadir pada acara sedekah bumi, diantaranya Forkopimcam Kabuh, Satradar 222, serta ratusan warga Desa Manduro.***

Pewarta : WAHYU

Simak Vidio : Sedekah Bumi Di Desa Mamanduro Kecamatan Kabuh Jombang

Suasana sedekah bumi, di Dusun, Desa Manduro, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Kamis (13/6/2026).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!