godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , April 20 2021
Home / Politik / Usulan Presiden 3 Periode, Demokrat : Usulan Politisi Carimuka Ke Jokowi

Usulan Presiden 3 Periode, Demokrat : Usulan Politisi Carimuka Ke Jokowi

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengeluarkan pernyataan tegas menyatakan tidak ingin menjabat presiden selama tiga periode.

Atas alasan itu, politisi yang hendak mencari muka (carmuk) harus sadar dengan kemauan Jokowi.

“Seharusnya menjadi dasar bagi politisi yang coba menjilat ke Jokowi untuk berhenti mewacanakan masa jabatan presiden selama tiga periode.” Kata Politisi Demokrat Benny K. Harman, lewat akun Twitter pribadinya, Selasa (16/2/2021).

Anggota Komisi III DPR RI itu menyebutkan bahwa ide masa jabatan presiden tiga periode tidak ubahnya sebagai ide yang menjerumuskan presiden. Selain menjerumuskan presiden juga merusak negara dan sistem konstitusi.

“Bahkan Jokowi juga merasakan hal yang sama terkait penjerumusan tersebut. Semoga dengan penyataan Jokowi, para politisi yang cari muka kepada Presiden Jokowi berhenti sosialisasikan ide buruk ini,” Katanya.

Senentara itu terkait diksi dari Jokowi yang berbunyi “tidak niat” untuk menjabat 3 periode. Juga mendapat tanggapan dari mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie.

Menurut Jimly, pernyataan itu kurang tepat. Sebab wacana 3 periode jabatan presiden bukan soal minat atau tidaknya seorang presiden. Tapi tentang kepatuhan pada UUD Negara RI Tahun 1945. Tapi tentang kepatuhan pada UUD Negara RI Tahun 1945.

“Ini bukan soal minat dan tidak, UUD di atas presidan dan siapapun yang menjabat presiden wajib tunduk di bawah UUD,” tegasnya lewat akun Twitter pribadi, Selasa (16/3/2021).

Menurutnya, Pasal 7 UUD NRI 1945 tegas menyatakan bahwa presiden dan wakil presiden memegang jabatan selama 5 tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali  dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan.

“Kalau mau diubah bisa saja, tapi untuk presiden yang akan datang,” ujarnya.

Anggota DPD RI ini mencatat bahwa untuk 2024, tidak ada parpol yang tidak punya kepentingan untuk ajukan capresnya sendiri. Maka tidak akan ada yang secara resmi akan setuju dengan wacana presiden 3 periode. “Makanya saya bilang jangan terpancing dan akhiri sajalah wacana 3 periode ini,” demikian Jimly.

Jokowi tegas menyatakan bahwa dirinya sebagai presiden yang dipilih langsung oleh rakyat berdasarkan konstitusi, sama sekali tidak ada niat, juga tidak berminat, menjadi presiden tiga periode.

Katanya, UUD Negara Republik Indonesia 1945 telah mengatur masa jabatan presiden paling lama dua periode.

“Mari kita patuhi bersama. Janganlah membuat kegaduhan baru di saat kita tengah fokus pada penanganan pandemi Covid-19,” Demikian pernyataan Jokowi di akun media sosialnya. (bd)

Check Also

Tolak KLB, DPC Partai Demokrat Madiun Tetap Dukung AHY

MADIUN, NusantaraPosOnline.Com-Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Kota Madiun lakukan konsulidasi dengan cara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!