godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , Juni 22 2021
Home / Pemerintah / Warga Desa Kebonagung Bangun Saluran Irigasi Melalui Program P3-TGAI
P3A Tirto Molyo Desa Kebonagung, mengerjakan pembangunan saluran irigasi desa Kebonagung yang dibiayai dari P3-TGAI dari APBN 2019 , belum lama ini. FOTO: SINTA

Warga Desa Kebonagung Bangun Saluran Irigasi Melalui Program P3-TGAI

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Warga desaKebonagung, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa timur, membangun saluran irigasi sepanjang 173 meter. Pembangunan tersebut bertujuan untuk memperlancar pasokan air bagi petani di didesa tersebut.

Pembangunan saluran irigasi berlokasi di daerah irigasi Desa Kebonagung, yang merupakan program dari Kementerian PUPR Dirjen SDA yakni Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI)  dilaksanakan secara swakelola oleh kelompok partisipasi petani pemakai air (P3A) Tirto mulyo desa Kebonagung.

Kepala Desa Kebonagung, Yeni Anang Setiawan ST,MT,  mengatakan, program peningkatan saluran irigasi bersumber dari program Kementerian PUPR yang pelaksanaannya secara swakelola oleh kelompok pengguna air, atau kelompok partisipasi petani pemakai air (P3A) Tirto mulyo desa Kebonagung.

Bangunan saluran irigasi di wilayah Saluran irigasi desa Kebonagung, yang dibiayai dari P3-TGAI atau APBN 2019. FOTO : SINTA

Pembangunan ini bertujuan untuk peningkatan sarana dan prasarana pertanian di Kebonagung.

“Pelaksanannya langsung dari partisipasi petani pemakai air (P3A), swakelola, pemerintah desa yang mengawasi proses pembangunan ini,” kata Anang. Kepada wartawan koran ini.

Menurut Anang, kelompok tani memiliki tanggung jawab melaksanakan kegiatan pembangunan saluran irigasi dengan baik, dan mengutamakan kualitas hasil bangunan, agar dapat menunjang pasokan air petani lancar dan lebih maksimal.

“Pasokan air lebih maksimal, petani tidak ada lagi yang mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air, karena dengan pasokan air yang lancar diharapkan bisa menjadikan hasil pertaniannya lebih baik. Dan bisa mensejahterakan petani.” Kata dia.

Ketua P3A Tirto mulyo, Suwodjo,  mengatakan P3-TGAI ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi desa, dengan tujuan untuk memberikan pasokan air yang bagus kelahan pertanian warga, dan untuk mensejahterakan petani.

“Selain kita diberi wewenang untuk mengelola dan melaksanakan pembangunan irigasi desa secara swakelola, ini wujud pertisipasi pemerintah dalam mensukseskan swasembada pangan di Jombang.” Kata Suwodjo.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan, dimana masyarakat dilibatkan dalam pembangunan irigasi kecil di bawah 150 hektare.

“Kita bangun sepanjang  173 meter, kanan kiri. jadi panjang semuanya 346 meter (173 meter x 2)  dan tinggi 1 meter.  menghabiskan anggaran Rp 195 juta. Dalam pengerjaan pembangunannya kami menjunjung prinsip kemandirian. Waktu pelaksanaan 90 hari kerja, saat ini progres pembangunan sudah mencapai 90 persen, dan ditarjetkan pada akhir Desember 2019 bangunan ini rampung 100 persen.” tandasnya. (Rurin)

Check Also

Covid-19 Meningkat, Pemprov DKI Jakarta Akan Tindak Kegiatan Lewat Pukul 9 Malam

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan akan menindak pihak yang melakukan kegiatan di DKI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!