BPBD : Kekeringan Wonogiri Memanjang Hingga November

lustrasi Kekeringan. (Nationalgeographic)

WONOGIRI, NusantaraPosOnline.Com-Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri Trias Budiono menyatakan bahwa diperkirakan kemarau panjang di wilayah tersebut akan berlangsung hingga November 2023 mendatang. Otomatis kekeringan Wonogiri memanjang.

“Prediksi tersebut berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Sampai saat ini prediksi kemarau terjadi hingga awal November. Tapi nanti tergantung fenomena El Nino, yakni peningkatan suhu di permukaan Samudera Pasifik,” Kata Trias Budiono, ada Rabu (6/9/2023).

Sementara itu, kebutuhan air bersih di Wonogiri saat ini masih terkendali. Hal ini berkat upaya penanganan yang dilakukan Pemkab Wonogiri, seperti pembangunan jaringan air, pencarian sumber air bersih, serta pengeboran atau pembuatan sumur dalam.

Meski demikian, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Wonogiri Trias Budiono mengakui, Kemarau panjang akan berdampak terhadap sumber-sumber air yang ada, terutama di Wonogiri bagian selatan.

“Terus terang saat ini sudah banyak penurunan debit. Di selatan itu sumber yang paling besar dari  Banyutowo dan Waru. Itupun sudah banyak menurun debit airnya. Semoga saja tidak habis,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Wonogiri Trias Budiono.

Jika kekeringan mencapai ambang batas luar biasa, status Wonogiri akan ditingkatkan menjadi darurat bencana. Sebagai antisipasi, BPBD akan mencari sumber air yang bisa digunakan. Salah satu opsinya, memanfaatkan air bersih dari Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

“Kalau sampai sumber di sektor selatan habis, bisa di-dropping dari pengolahan air Waduk Gajah Mungkur. Nanti bekerja sama dengan PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Wonogiri Trias Budiono.

Untuk mengantisipasi kekeringan, BPBD mengimbau masyarakat untuk menghemat penggunaan air. Masyarakat juga diminta untuk tidak membuang air sembarangan.

Selain itu, BPBD Wonogiri juga mengimbau masyarakat untuk menanam pohon. Pohon dapat membantu menyerap air dan menjaga cadangan air tanah. (Eny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!