godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Oktober 24 2021
Home / Pemerintah / DPMD Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kades Se-Kabupaten Jombang 2021
Suasana kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas Kades, di ruang Bungtomo, Pemkab Jombang. Rabu (7/4/2021)

DPMD Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kades Se-Kabupaten Jombang 2021

JOMBANG, Nusantara PosOnline.Com-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Jombang, menggelar kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa (Kades) 2021. Rabu (07/04/2021).

Dalam kegiatan yang dilakukan di ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang itu, turut hadir dan sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut, yakni dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Yakni Bupati, Kapolres, Dandim, Ketua DPRD dan Kepala Kejaksaan Negeri.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, diikuti sekitar 306 Kepala Desa se-Kabupaten Jombang. Namun, karena masih dalam masa pandemi, jadi rangkaian kegiatan dibagi menjadi dua gelombang, untuk gelombang pertama dilaksanakan hari Selasa (6/04/2021) dan gelombang kedua hari ini Rabu (7/04/2021).

Suasana kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas Kades, di ruang Bungtomo, Pemkab Jombang. Rabu (7/4/2021)

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, dalam kegiatan tersebut mengingatkan para kepala desa agar kreatif dan inovatif dalam menjalankan tugas, kewajiban dan kewenangannya. Dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang terpenting bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan mampu meningkatkan daya saing desanya.

“Jika mampu menjalankan kewajibannya secara baik dan tertib, para Kepala Desa akan panen banyak pahala.” Bupati perempuan pertama di Jombang ini.

Bupati menuturkan, saat ini, desa dituntut untuk mampu mengelola anggaran desa, baik itu ADD maupun DD, dan anggaran desa lainya, sehingga kades, dan perangkat desa harus paham regulasi yang berlaku dalam pelaksanaan pembangunan. 

Untuk itu, melalui pelatihan Peningkatan Kapasitas Kades Se-Kabupaten Jombang 2021 ini,  diharapkan setiap Kades, dapat meningkatkan kualitas manajemen pemerintahan desa. Agar lebih baik lagi.

Bupati Mundjidah Wahab juga menyatakan, Kades wajib membuat laporan setiap tahun. Dilaporkan ke Bupati, BPD dan masyarakat. ’’Makanya ada desa yang bikin papan pengumuman APBDes,” Terangnya.

Orang nomor satu di Pemkab Jombang ini menjelaskan, desa merupakan bentuk pemerintahan terkecil yang langsung berhadapan dengan masyarakat. ’’Diharapkan dengan desa yang mandiri dan tertib akan semakin mempercepat proses pembangunan menuju masyarakat sejahtera.’’ paparnya.

Suasana kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas Kades, di ruang Bungtomo, Pemkab Jombang. Rabu (7/4/2021)

Bupati Jombang, juga menyampaikan sejumlah kewajiban desa lainnya. Diantaranya, desa wajib melaksanakan kehidupan demokrasi dan berkeadilan gender. Melaksanakan prinsip tata pemerintahan desa yang akuntabel, transparan, profesional, efektif, efisien bersih serta bebas KKN. Serta wajib menjalin kerjasama dan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan desa. ’’Desa juga wajib menyelenggarakan administrasi pemerintahan desa yang baik,’’ Tegasnya.

Kepala DPMD Kabupaten Jombang, Sholahudin Hadi Sucipto, menjelaskan, pelatihan sebagai salah satu upaya memberikan motivasi dan pemahaman serta mengingatkan kembali tugas pokok dan fungsi kepala desa.

Kami berharap, kegiatan ini mampu berkontribusi meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan desa dalam membangun desa-desa menjadi lebih baik. “Kegiatan ini merupakan kegiatan strategis agar para Kades betul-betul memahami Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) sebagai Kades. Mungkin masih ada hal-hal yang belum dimengerti setelah sekian tahun bertugas, melalui kegiatan ini juga bisa ditanyakan agar para Kades bisa betul-betul memahami Tupoksi nya.” Kata Sholahudin.

Acara ini juga sekaligus menjadi forum silaturrahmi Forkopimda Jombang dengan kepala desa. Serta untuk menggali kreativitas dan inovasi para kades terkait program pembangunan maupun penggunaan anggaran desa. Pungkasnya. (Ris/Snt)

Check Also

Program TMMD Reguler Ke-112 Di Desa Duyung Trawas Resmi Ditutup

MOJOKERTO, NusantaraPosOnline.Com-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-112 di Desa Duyung Kecamatan Trawas, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!