Ekobis  

Jokowi Instruksikan BNPB Bantu Petani Gagal Panen Akibat Bencana

Ilustrasi petani gagal panen. Foto Istimewah.

GROBOGAN, NusantaraPosOnline.Com-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga diinstruksikan memberikan bantuan pada petani mengalami gagal panen akibat bencana alam. Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan bantuan stimulan kepada petani gagal panen (puso).

“Saya perintah langsung bantu, lha wong kalau gempa rumahnya roboh atau retak saja dibantu sama BNPB. Lha ini sawah kena banjir sama kan penderitaannya,” kata Presiden Jokowi, Selasa (23/01/2024), di GOR Bung Karno, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Dikutip dari laman setkab.go.id, Presiden menyebutkan, bantuan yang diberikan sebesar Rp8 juta per hektare. Hal tersebut merupakan biaya produksi agar para petani dapat segera mulai menanam padi kembali.

“Untuk yang terdampak El Nino banjir dan sekarang ini ada kekeringan agak panjang, di Jawa Tengah itu ada 16 ribu hektare. Dan penerima pada hari ini adalah Kabupaten Grobogan, Kudus, Jepara, Demak, dan Pati,” ujarnya.

“Bantuan yang diberikan ini juga sudah dihitung, Rp8 juta per hektare. Sudah dihitung, jadi Jenderal Suharyanto (Kepala BNPB-red) enggak mungkin keliru lah ngitungnya pasti benar.”

Presiden mengharapkan, uang bantuan tersebut dapat segera diterima para petani sehingga bisa segera menanam padi. “Kalau sudah panen kita tidak usah banyak impor-impor lagi dari negara lain. Karena juga mereka sekarang ini juga ngerem semuanya, enggak jual berasnya.” Katanya.***

Editor : AGUS. W

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!