Ekobis  

Kabar Buruk Buat Emak-Emak, PDAM Palembang Bakal Naikkan Tarif 10 Persen Tahun Depan

Bos PDAM Tirta Musi Kota Palembang, Andi Wijaya (tengah) saat akan menandatangani perjanjian hutang Rp 93 miliar kepada Bank Sumsel Babel tahun 2020 lalu.

PALEMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Kabar tak mengenakkan buat emak-emak pelanggan air berisih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi di Palembang Sumatra selatan. Pasalnya perusahaa palmerah tersebut berencana menaikkan tarif langganan mulai 2022.

Kabar rencana kenaikan tarif air PDAM ini, disampaikan oleh Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya. “Kita ada wacana untuk menaikkan tarif kepada pelanggan, tapi ini masih dalam kajian,” Kata Andi Wijaya, Minggu (26/12/2021).

Namun kendati telah menyepakati kenaikan tarif pelanggan tahun depan, pihaknya tetap akan melihat situasi dan kondisi kebutuhan masyarakat.

“Terkait rencana kenaikan tarif PDAM ini, kita tetap akan lihat dulu kondisi di tengah masyarakat saat ini,” Ujarnya.

Menurut Andi, faktor ekonomi di Palembang yang mulai membaik turut menyokong wacana kenaikan tarif pelanggan. Dalam setahun terakhir, PDAM Tirta Musi telah memberi keringanan pemotongan pembayaran pelanggan akibat pandemik COVID-19.

“Kemungkinan ada kenaikan hanya sekitar 10 persen dari bayaran,” tambahnya.

Kenaikan tarif ini dilakukan karena PDAM Tirta Musi Palembang dalam waktu 10 tahun terakhir, tidak pernah melakukan penyesuaian pembayaran. Menurutnya, tarif PDAM Tirta Musi Palembang termasuk paling murah dibandingkan perusahaan air minum daerah lainnya di Indonesia.

“Tarif yang selama ini kita kenakan rata-rata Rp4.000 per meter kubik. Dibandingkan daerah lain, kita termasuk paling murah. Indikator ini juga yang membuat kita mendapatkan penghargaan kategori efisiensi operasional terbaik,” Ungkapnya. (Jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!