godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Jumat , Mei 7 2021
Home / Peristiwa / Pabrik Etanol PT Energi Agro Nusantara Mojokerto Meledak Dan Terbakar, Satu Pekerja Tewas
Kebakaran pabrik bioetanol PT Energi Agro Nusantara, Mojokerto, setelah terjadi ledakan. Senin (10/8/2020)

Pabrik Etanol PT Energi Agro Nusantara Mojokerto Meledak Dan Terbakar, Satu Pekerja Tewas

MOJOKERTO, NusantaraPosOnline.Com-Pabrik Bioetanol (etanol) milik PT Energi Agro Nusantara (PT Enero) di Desa Gempolkrep, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jawa timur, meledak dan terbakar. Satu karyawan pabrik tewas Senin (10/8/2020) petang.

Menurut Hernawan salah seorang warga desa setempat, mengtakan sekitar pukul 15.14 WIB warga sekitar pabrik mendengat suara ledakan sangat kencang sebanyak dua kali.

“Suara ledakan tersebut sangat kencang, warga berhamburan banyak yang keluar rumah. Sayapun keluar rumah, dari kejauhan terlihat ada api dan asap membumbung tinggi dari pabrik etanol tersebut.” Kata Hernawan, dilokasi kejadian.

Hernawan menambahkan, jadi sebelum terjadi kebakaran sempat terjadi ledakan, kejadian itu membuat warga sekitar panik berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri. Sementara jalan-jalan di sekitar lokasi pabrik kini ditutup warga setempat.

“Warga berhamburan keluar, karena ketakutan. Karena ledakannya sangat kencang sekali, apinyapun sangat besar sampai ke areal persawahan. Warga taku api memrabat ke pemukiman warga sekitar pabrik, apa lagi saat ini musim kemarau.” ujar Hernawan.

Menurut Heru Budi Santoso, juga warga setempat, yang rumahnya mengalami kerusakan akibat ledakan PT Enero yang merupakan anak prusahan PTPN X tesebut, mengtakan ledakan dari pabrik tersebut sangat kencang seperti ledakan bom.

“Perasaan saya ledaknya seperti ledakan bom, sangat keras. Sebelumnya saya sempat mengira ada bom meledak. Mata saya sampai berkunang-kunang usai mendengar ledakan tersebut tadi.” Ujar Heru.

Heru mengaku, akibat ledakan itu rumah saya mengalami kerusakan. “Keluarga saya terpaksa mengungsi di rumah pak lek (paman). Dan kami berharap nantinya ada gantirugi dari pihak pabrik.” Imbuhnya.

Menurut Yanuar, salah seorang petugas dari BPBD Mojokerto, ia membenarkan kejadian tesebut. Sebelum terjadi kebakaran, sempat beberapa kali ada ledakan yang membuat warga sekitar panik berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.

“Untuk memadamkan api, sejujum petugas pemadam kebakaran sudah dikerahkan ke lokasi, sekarang mereka sedang bekerja keras untuk padamkan api. Sebagian memadamkan dari luar dan lainnya masuk ke dalam area pabrik. Pemadaman api sempat terkendala karena seluruh isi tangki berisi bioetanol tumpah akibat ledakan, dan saat ini api sudah mulai padam.” Terangnya dilokasi kejadian.

Yanuar menyebutkan, akibat kejadian ini satu orang pekerja tewas di lokasi kejadian dengan kondisi mengenaskan. Korban bernama Dian W, warga Desa kemantren, Kecamatan Gedeg, Mojokerto. Jenazah sudah dibawa ke Rumah Sakit RS Basoeni untuk kepentingan autopsi.

“Data korban, sementara 1 orang meninggal dan 10 orang luka bakar sekarang sudah di rawat di RS Basoeni, dua di antaranya kondisi kritis dari RSUD RA Basoeni kemudian dirujuk ke RS Gatoel Kota Mojokerto,” Ujarnya.

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, baik pihak kepolisian maupun pabrik PT Energi Agro Nusantara, yang merupakan anak perusahaan PTPN X, belum bisa diminta keterangan, terkait kejadian ini. (Ags)

Check Also

Viral, Beredar Video Diduga Munarman dan Lily Sofia, Check In Hotel

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Mantan Sekretaris Front Pembela Islam (FPI), Munarman kembali tersandung masalah. Ia baru saja ditangkap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!