godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , Oktober 26 2021
Home / Hukrim / Pelaku Pencuri Dan Penada Kabel Penerangan Tol Permai Dibekuk Polisi
Petugas kepolisian melakukan olah TKP. (foto : Humas Polres Siak)

Pelaku Pencuri Dan Penada Kabel Penerangan Tol Permai Dibekuk Polisi

SIAK, NusantaraPosOnline.Com-Seorang pria di Kabupaten Siak bernamaIrwansyah bin Jaman (45), dibekuk jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Kandis, karena melakukan pencuri kabel tembaga penerangan jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) Provinsi Riau.

Selain Irawan bin Jaman, polisi juga menangkap Irwansyah bin Sakiman sebagai penadah kabel hasil curian.

Kasus pencurian kabelitu diketahui aparat setelah salah seorang karyawan PT Hutama Karya (pengelola tol), Muhamad Hasanal Barqa Setiady (33), membikin laporan bahwa kabel penerangan jalan di pintu Exit jalan tol Kandis Selatan, Km 33, Kampung Telaga Sam-sam, Kecamatan Kandis, Siak, Riau, hilang.

Kehilangan itu sebetulnya diketahui manajemen PT Utama Karya pada 19 Februari lalu. Namun, PT Utama Karya baru melapor ke Polsek Kandis pada Jumat (14/5/2021).

“Kabel yang hilang sepanjang 850 meter. Kehilangan ini sebetulnya diketahui pada 19 Februari lalu, namun dilaporkan pada Jumat 14 Mei kemarin,” kata Kapolsek Kandis, Kompol Indra Rusdi, Minggu (16/5/2021).

Menurut Indra, awalnya kehilangan ini diketahui saat petugas jalan melakukan pengecekan ke arah pintu Exit Tol Kandis Selatan. Namun kabel tanam lampu penerangan jalan di pintu Exit tol itu sudah tidak ada lagi. Kabel tersebut dicuri dengan cara dipotong.

“Pihak pengelola Tol Permai pun melaporkan kejadian itu ke manejemen kantor pusat PT Hutama Karya di Jakarta. Orang pusat pun sempat datang ke sana memastikan laporan tersebut,” kata dia.

Setelah dua hari mendapatkan laporan itu, aparat kepolisian pun berhasil meringkus pelaku di rumah temannya di Simpang Gelombang, Kelurahan Telaga Sam-sam, Kecamatan Kandis.

“Pelaku ditangkap saat bersembunyi rumah temannya. Pelaku juga mengaku bahwa kabel tersebut sudah dijualnya ke penadah atas nama Irwansyah Bin Sakiman yang tinggal di Km 68 Kelurahan Telaga Sam-sam,” Teranya.

Berdasarkan hasil keterangan itu, si penadah pun diamankan. Sayang, kabel tembaga tersebut juga sudah di jual sebagian oleh Irwansyah ke Medan Sumatera Utara.

“Kabel itu sudah dikuliti dan sebagian sudah di jual ke Medan. Sisanya, sekitar 40 kilo lagi dan sudah kita amankan ke Mapolsek, untuk barang bukti. Atas kejadian itu, PT Utama Karya diperkirakan mengalami kerugian Rp76 juta.” Kata Indra.

Indra menambahkan, atas perbutanya kedua tersangka ini dikenakan Pasal 362 dan Pasal 480 KUHPidana dengan ancaman maksimal lima tahun penjara. Pungkasnya. (Jun)

Check Also

Korupsi Jalan, KPK Tangkap Wakil Ketua Dewan Direksi PT Wika-Sumindo

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Wakil Ketua Dewan Direksi PT. Wika-Sumindo, Petrus Edy Susanto …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!