Pemdes Denanyar Jombang Gelontorkan DD Untuk Bangun Jalan Dan Saluran Irigasi

Bangunan jalan aspal lapen (lapisan penitrasi) di desa Denanyar yang baru selesai dibangun, dengan Dana Desa tahap 1 tahun 2024. Kamis (16/5/2024). (FOTO : Dok koran Nusantara Pos/Wahyu).

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa Denanyar Kecamatan / Kabupaten Jombang Jawa timur menegaskan komitmennya untuk meningkatkan infrastruktur desa.

Terbaru pemerintah Desa Denanyar telah mengelontorkan Dana Desa (DD) tahun 2024 sebesar Rp434.109.000, untuk membiayai kegiatan pembangunan jalan lingkungan di dua titik, pembangunan tempat parkir pasar desa, dan saluran irigasi. Hal ini dilakukan sebagai upaya memajukan kesejahteraan masyarakatnya.

Kepala desa Denanyar Ayub Efendi mengatakan, tahun baru-baru ini Pemdes Denanyar telah menganggarkan Rp 434.109.000 untuk kegiatan pembangun infrastruktur desa.

Ia menjelaskan, anggaran tersebut digunakan untuk empat kegiatan. Diantaranya adalah pembangunan jalan lapen di Dusun Denanyar Utara sebanyak dua titik (dua lokasi). Titik pertama dengan panjang 340 meter menelan dana Rp 105.895.000, dan titik kedua sepanjang 279 meter dengan anggaran Rp 73.604.000.

Bangunan jalan aspal lapen (lapisan penitrasi) di desa Denanyar yang baru selesai dibangun, dengan Dana Desa tahun 2024. Kamis (16/5/2024). (FOTO : Dok koran Nusantara Pos/Wahyu)

“Selanjutnya pembangunan lahan parkir pasar desa jenis Paving di dusun Denanyar Utara dengan anggaran volome 44  x 35,9 meter dengan anggaran Rp 201.860.000. Dam pembangunan saluran irigasi di Dusun Denanyar Utara sepanjang 50 meter dengan anggaran Rp 52.750.000.” Terang Kades Ayub. Kamis (16/5/2024).

Menurut Ayub pengerjaan pembangunan dilaksanakan oleh Tim pengelola kegiatan (TPK) Desa Denanyar dengan cara padat karya tunai (PKT) yang melibatkan tenaga kerja dari warga setempat.

“Pembangunan empat proyek tersebut, mulai dilaksanakan pada awal Mei 2024. Pengerjaan dilaksanakan secara bertahap, dan saat ini pembangunan sudah selesai 100 persen.” Ungkap Kades Denanyar.

Ia juga menjelaskan, tujuan pembangunan jalan lapen tersebut bertujuan untuk mendukung aktifitas perekonomian warga sehari-hari, mulai dari aktifitas ekonomi, pendidikan, pertanian dan lain-lain. Dan bertujuan agar jalan tersebut nyaman dilewati oleh kendaraan.

“Pada prinsipnya, infrastruktur jalan yang bagus dan memadai dipastikan akan memberikan multi efek bagi peningkatan ekonomi warga.” ungkapnya.

Pemangunan lahan parkir pasar desa, di Desa Denanyar, Kecamatan / Kabupaten Jombang.

Sedangkan pembangunan saluran irigasi, untuk membantu meningkatkan pruduktifitas lahan pertanian warga. Agar para petani tak perlu pusing lagi dalam pemenuhan kebutuhan air saat musim kemarau tiba.

’’Jadi, para petani bisa meningkatkan produktivitas pertaniannya. Yang awalnya terkendala masalah pengairan sawah, diharapkan petani tetap bisa produksi di musim kemarau,’’ paparnya.

Pembangunan saluran irigasi tersebut, juga sebagai wujud Pemdes menjadikan desa swasembada pangan dan lumbung beras selaras dengan program pemerintah pusat. Yakni, dengan kewajiban desa untuk mengalokasikan anggaran 20 persen untuk ketahanan pangan dari DD yang diterima.

“Hal ini diatur dalam Permenkeu RI Nomor 146 Tahun 2023. Sesuai pasal 16 ayat 2, huruf b, 20 persen itu angka minimal yang wajib diploting setiap desa untuk ketahanan pangan dan hewani. Utamanya, untuk kabupaten/kota yang merupakan daerah yang berada pada kategori rentan berdasarkan peta ketahanan dan kerentanan pangan.” Papar Kades Ayub.

Kades Denanyar Ayub, mengaku dirinya sangat bersyukur pelasanaan pembangunan jalan lapen, lahan parkir pasar desa, dan saluran irigasi tersebut berjalan lancar. Selesai tepat waktu.

Pemangunan lahan parkir pasar desa, di Desa Denanyar, Kecamatan / Kabupaten Jombang. Yang dibiayai dari Dana Desa Tahun 2024.

“Alhamdulillah pembangunan berjalan lancar dan pembangunan sudah selesai 100 persen. Semoga pembangunan ini dapat membawa kemajuan Desa Denanyar dalam segala bidang.” Tutur Kades Ayub.

Ditempat terpisah, ketua TPK Desa Denanyar Tomi Kurniawan mengatakan pengerjaan jalan lapen, lahan parkir pasar desa, dan saluran irigasi dari DD tahap satu tahun 2024, dilaksanakan dengan sistem padat karya, dengan tujuan agar dapat menyerap tenaga kerja dari warga setempat.

“Dalam pengerjaan kami mengutamakan kualitas dan mutu hasil pekerjaan. Agar menghasilkan pembangunan yang berkualitas. Supaya masa penggunaannya bangunan bisa lama.” Kata Tomi Kurniawan. Kamis (16/5/2024).

Ia menjelaskan, bahwa dari awal pengerjaan jalan proyek, hingga selesai berjalan lancar. Hal ini berkat dukungan masyarakat, dan kekompakan, TPK, Pemdes, BPD setempat. Semoga pembangunan ini banyak membawa manfaat untuk kemajuan warga desa Denanyar.

“Pembangunan ini, mendapat sambutan baik dari warga setempat. Karena warga sudah lama mengidam-idamkan pembangunan tersebut. Pembangunan ini sudah lama ditunggu warga, berkat DD tahap satu tahun 2024, harapan warga bisa terwujud.” Pungkasnya.***

Pewarta : WAHYU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!