Pemdes Kesamben Jombang Bangun Jalan Rabat Beton Dari BKK 2024

Penampakan jalan Rabat beton di Desa Kesamben, yang sudah selesai dikerjakan. Dibiayai dari program BKK tahun 2024. Kamis (23/5/2024). (FOTO : Dok Koran Nusantara Pos/ Rurin).

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Untuk mendukung aktifitas perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Desa Kesamben, Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang, Jawa timur, membangun jalan rabat beton sepanjang 384 meter.

Kepala Desa Kesamben, Kabupaten Jombang, Sungkowo Kartika Candra mengatakan, jalan yang dibangun tersebut terletak di dua titik di Dusun Ngembul.

“Titik pertama sepanjang 257 meter dengan lebar 3,5 meter menelan biaya Rp 200 juta. Selanjutnya titik kedua panjang 127 meter dengan lebar 3,5 meter dengan biaya Rp 100 juta. Jadi total keseluruhan sepanjang 384 meter.” Kata Kades Candra, pada Kamis (23/5/2024).

Menurutnya, pembangunan jalan rabat beton tersebut semuanya dibiayai dari program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari APBD Jombang tahun anggaran 2024.

Penampakan jalan Rabat beton di Desa Kesamben, yang sudah selesai dikerjakan.

“Pengerjaan pembangunan dilaksanakan oleh Tim pengelola kegiatan (TPK) Desa Kesamben, dengan cara swakelola, yang melibatkan tenaga kerja dari warga setempat. Bangunan mulai dikerjakan pada awal Mei 2024, saat ini bangunan sudah selesai 100 persen.” Ujarnya.

Menurut Kades Kesamben, pembangunan jalan rabat beton ini adalah realisasi dari kesepakatan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) bersama Pemdes, BPD, dan unsur masyarakat.

“Pembangunan bertujuan untuk meningkatkan pembangunan Infrastruktur Jalan Desa, untuk menujang aktifitas perekonomian warga. Dengan adanya jaringan jalan yang baik, penduduk desa dapat dengan mudah mengakses berbagai layanan penting seperti pendidikan, kesehatan, pasar, pertanian, tempat kerja, dan lain-lain. Dengan pembangunan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” Tutur Kades Kesamben.

Penampakan jalan Rabat beton di Desa Kesamben, yang sudah selesai dikerjakan. Dibiayai dari BKK 2024. Kamis (23/5/2024). (FOTO : Dok Koran Nusantara Pos/ Rurin).

Ia menambahkan, bahwa pembangunan jalan rabat beton ini, merupakan salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat agar lebih mudah dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari. ungkapnya.

“Pembangunan ini merupakan iktiyar kami Pemerintah desa Kesamben dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tidak hanya pada pelayanan administrasi tapi juga pada infrastruktur yang ada, yang akan terus dikembangkan dan dibangun.” Imbuhnya.

Sementara itu Ketua TPK Desa Kesamben Soni Dalianto mengatakan, pembangunan dua titik jalan rabat beton tersebut mulai dikerjakan awal Mei 2024 dan saat ini bangunan sudah selesai, dan jalan sudah dapat digunakan oleh warga.

“Alhamdulillah pengerjaan pembangunan dari awal hingga selesai berjalan lancar. Bangunan selesai tepat waktu dan tepat mutu. Pembanguan ini berjalan lancar berkat dukungan Pemdes, BPD, dan masyarakat setempat.” Kata Soni, Kamis (23/5/2024).

Penampakan jalan Rabat beton di Desa Kesamben, yang sudah selesai dikerjakan. Dibiayai dari BKK 2024. Kamis (23/5/2024). (FOTO : Dok Koran Nusantara Pos/ Rurin).

Menurut Soni, pembangunan ini mendapat apresiasi positif dari warga. Warga merasa sangat senang dengan adanya pembangunan jalan ini. Karena pembangunan ini berdasarkan usulan dari warga, berkat bantuan program BKK tahun ini, jalan desa kami bisa dibangun. Ungkapnya.

“Semoga pembangunan ini membawa banyak manfat bagi masyarakat, terutama bagi warga desa Kesamben.” Ucap Soni.***

Pewarta : WAHYU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!