godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Februari 28 2021
Home / Pemerintah / Pemdes Losari Jombang, Bangun Jalan Usaha Tani
Jalan usaha tani di Desa Losari, yang baru selesai dibangun. Dibiayai dari BKDesa tahun 2020. Rabu (20/1/2021)

Pemdes Losari Jombang, Bangun Jalan Usaha Tani

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah  Desa (Pemdes) Losari,  Kecamatan Ploso, kabupaten Jombang, Jawa timur, membangun jalan usaha tani sepanjng 127,5 meter yang dibiayai dari Bantuan keuangan desa (BKDesa) dari APBD Jombang 2020.

Kepala Desa Losari, Sutrisno, menjelaskan tahun 2020 lalu, desa Losari mendapatkan Bantuan Keuangan Desa (BKDesa) sebesar Rp 200 juta. Setelah dilakukan musyawarah desa, dan bantuan tersebut disepakati kita fokuskan untuk pembangunan jalan usaha tani, dengan panjang 127,5 meter, berlokasi di dusun Bangle.

“Pekerjaan pembangunan jalan tersebut berupa pembangunan Tembok penahan tanah (TPT) yang terbuat dari bahan pasangan batu kali, dan pengurugan badan jalan. Untuk bangunan TPT  volume pekerjaan (127,5 m x 0,5m x 1,20m) x 2 Sisi. Sedangkan untuk pekerjaan urugan tanah 127,5 m x 50 x 0,5.”  kata Sutrisno. Rabu (20/1/2021).

Ketua TPK Desa Losari Agus Sobirin, di lokasi jalan usaha tani, yang baru selesai dibangun. Dibiayai dari BKDesa tahun 2020. Rabu (20/1/2021)

Ia mengatakan, sebelumnya kondisi jalan tersebut masih tanah berlumpur, susah dilewati masyarakat saat membawa hasil panen untuk dijual ke pasar. Bahkan, musim hujan akses jalan berlumpur. “Oleh karena itulah tahun 2020 kita bangun jalan tersebut, dengan tujuan untuk melancarkan aktifitas warga, dan untuk meningkatkan produktifitas lahan pertanian warga. Karena dengan jalan pertanian yang bagus, akan bisa melancarkan antifitas perekonomian warga, dan memudahkan petani mengangkut hasil pertanian.” Pungkasnya.

Pengerjaan proyek mulai dilaksanakan pada November 2020 dan selesai dikerjakan pada akhir Desember 2020. “Jadi jalan tersebut sudah dapat difungsikan. Saya berharap bangunan jalan ini bisa membawa banyak manfaat untuk warga setempat.” Ujarnya.

Sutrisno, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Jombang, yang telah memberikan bantuan BKDesa tahun 2020 kedesa Losari. Bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk pembangunan didesa Losari. “Kami berharap Pemkab Jombang, kembali memberikan bantuan, lagi untuk melanjutkan pembangunan jalan usaha tani tersebut, agar bisa lanjutkan diaspal, atau di bangun jalan rabad beton. Karena jalan usaha tani yang dibangun ini adalah termasuk akses penting untuk aktifitas ekonomi warga.” Kata Kades Losari.

Sementara itu ketua Tim pengelola kegiatan (TPK) Desa Losari, Agus Sobirin, ia mengatakan pengerjaan jalan usaha tani tersebut semuanya mengunakan tenaga kerja dari warga desa setempat.

“Untuk pekerjaan kita mengutamakan kualitas atau mutu hasil pekerjaan, agar bangunan jalan bisa kuat (Tidak mudah rusak). Warga sangat senang dengan pembangunan ini, karena warga sudah lama menantikan pembangunan jalan tersebut. Berkat bantuan BKDesa keinginan warga untuk membangun jalan tesebut dapat terwujud. Jadi warga merasa senang.” Kata Agus Sobirin. (Ris/Snt)

 

Check Also

Pemdes Rejosopinggir Bangun Kantor Desa, Untuk Meningkatkan Pelayanan

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Untuk melengkapi sarana dan prasarana sekaligus untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!