Pemdes Mangunan Jombang Bangun Jalan Rabat Beton, Dapat Apresiasi Warga

MEMBANGUN DESA : Kades Mangunan Kusno (kaos kuning) saat bersama para warganya, diacara perlombaan HUT kemerdekaan RI ke 78.

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Mangunan, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, bangun jalan rabad beton sebanyak tiga lokasi atau tiga titik. Bertujuan, untuk mendukung aktifitas warga sehari-hari, serta mendukung aktifitas ekonomi, pertanian di wilayahnya.

Kepala desa (Kades) Mangunan Kusno mengatakan, bahwa jalan rabat beton yang dibangun tersebut bertempat di 3 lokasi. Yakni, lokasi pertama di Dusun Mangunan RW 001 volume 134,25 m, lebar 3,80 m tebal 0,17 m, dengan anggaran Rp 120 juta.

“Lokasi yang kedua di Dusun Mangunan RW 002 dengan total panjang 117,75 M, dan lebar 2,20 M, dan tebal 0,12 M dengan anggaran Rp 50 juta.” Terang Kusno. Rabu (20/9/2023).

DANA DESA : Jalan rabat beton di Desa mangunan yang sudah selesai dikerjakan. Didanai dari DD 2023.

Lebih lanjut ia menjelaskan, lokasi yang ketiga, yakni di Dusun Jatirajah volume panjang 136,65 m, lebar 3,00 dan tebal 0,17 meter dengan anggaran Rp 100 juta.

“Pembangunan jalan rabad beton di tiga lokasi itu, semuanya dibiayai dari DD tahun 2023. Pembangunan,,dilaksanakan secara swakelola oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) desa setempat, tenaga kerja diambailkan dari warga desa setempat. Hal ini sebagai wujud pemberdayaan warga.” Terang Kusno.

Menurut Kusno, pembangunan jalan rabat beton ini bertujuan untuk melancarkan aktivitas masyarakat sehari-hari, dan sekaligus untuk menunjang aktifitas perekonomian warga.

DANA DESA : Jalan rabat beton di Desa mangunan yang sudah selesai dikerjakan. Didanai dari DD 2023.

“Pembangunan jalan tersebut merupakan prioritas pemerintah desa dan masyarakat. Karena ini hasil musyawarah dari tingkat Musdus sampai Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan).” Terang Kusno.

Kusno berharap, pembangunan ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga. Karena dengan jalan yang baik dan memadai akan memudahkan warga beraktifitas dalam mencari nafkah sehari-hari.

“Pembangunan jalan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas jalan lingkungan. Agar terciptanya kenyamanan bagi masyarakat dalam menggunakan jalan. Sekaligus, untuk mendorong percepatan roda ekonomi di tengah masyarakat, serta untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, rapi, dan tertib.” Tandas Kusno.

Jalan rabat beton di Desa mangunan yang sudah selesai dikerjakan. Didanai dari DD 2023.

Ketua TPK Desa, Bambang Kasipin mengatakan pembangunan mulai kita kerjakan pada Mei 2023, dan Alhamdulillah pembangunan 3 titik jalan tersebut, hari ini sudah rampung 100 persen. Hasil pembangunan jalan ini sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh warga.

“Dalam mengerjakan proyek jalan ini, kami mengutamakan kualitas hasil pekerjaan. Supaya, jalan yang di bangun bermutu bagus, dan masa penggunaan bangunan juga bisa bertahan lama.” Kata Bambang. Rabu (20/9/2023).

Menurut Bambang, pihaknya sebagai TPK selaku pelaksana kegiatan, telah berusaha semaksimal mungkin agar pelaksanaan pembangunan jalan ini terlaksana dengan baik sesuai dengan RAB yang sudah ada, dan terlaksana tepat waktu. Ujarnya.

DANA DESA : Jalan rabat beton di Desa mangunan yang sudah selesai dikerjakan. Didanai dari DD 2023.

Sementara itu, Waskito warga setempat mengatakan, pihaknya merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Kades yang telah melaksanakan pembangunan jalan lingkungan  berupa rabad beton.

“Kami selaku masyarakat sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pak Kades dan TPK, yang telah membangun infrastruktur jalan ini sangat bermanfaat bagi kami masyarakat.” pungkasnya.***

Pewarta : Riska

Editor : Sinta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!