Pemdes Mojongapit Jombang, Kembali Melanjutkan Pembangunan Gedung Serbaguna

Kades Mojongapit Mochamad Iskandar Arif (sebelah kiri) saat berada dilokasi pembangunan gedung serba guna. Kamis (29/9/2022)

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa (Pemdes) Mojongapit Kecamatan / Kabupaten Jombang, tahun ini kembali melanjutkan pembangunan gedung serba guna milik aset desa setempat, melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari APBD  Jombang Tahun Anggaran 2022.

Gedung serba guna yang dibangun ini, berlokasi di pusat pemerintahan desa, dengan letak yang strategis dipinggir jalan nasional perkotaan tepatnya di Jl. Cemp. No.02 / 245 Jombang.

Kepala Desa (Kades) Mojongapit Mochamad Iskandar Arif mengatakan, tahun 2022 desa yang ia pimpin mendapatkan bantuan program BKK yang bersumber dari APBD Jombang TA 2022 sebesar Ro 200 juta.

“Setelah musyawarah desa, kita sepakati bantuan BKK tahun ini untuk melanjutkan program pembangunan fisik yang belum selesai karena kendala anggaran yang minim. Bantuan BKK tahun 2022, kita fokuskan untuk penyelesaian pembangunan sarana dan prasarana pendukung gedung serba guna.” Kata Kades Iskandar.

Nampak salah satu titik, bagian dalam gedung serba guna desa Mojongapit. Kamis (29/9/2022)

Iskandar mengatakan, pembangunan gedung serba guna dimulai tahun 2018 lalu namun karena keterbatasan keuangan desa yang tidak cukup, maka pembangunan dilaksanakan secara bertahap.

“Pada tahun 2021 lalu kita anggarkan Rp 150 juta, untuk pembangunan tahap ke dua, dan pada tahun 2022 ini pembangunan tahap ke tiga kita anggarkan Rp 200 juta, yang bersumber dari BKK dari APBD Jombang 2022.” Terang Kades Iskandar.

Kades Mojongapit merincikan, untuk pembangunan tahap ketiga tahun 2022 ini, pekerjaan berupa pembangunan sarana pendukung gedung serba guna, meliputi pengecoran bagian lantai dalam, pemasangan keramik lantai bagian dalam gedung, Pemasangan granit lantai lapangan batmintoon (Dua lapanga batmintoon) pada bagian dalam gedung, Pembangunan kamar ganti untuk olahraga, finising, pengecatan, dan lain-lain.

“Pelaksanaan pembangunan sarana pendukung gedung serba guna tahun 2022 ini, kita laksanakan secara swakelola, melibatkan tenaga kerja dari warga setempat. Pengerjaan kita mulai pada Juli 2022 dan pada awal September 2022 pembangunan sudah selesai 100 persen.” Terang Kades Iskandar.

Bagian depan pintu masuk gedung serba guna desa Mojongapit. Kamis (29/9/2022)

Kades Mojongapit juga menjelaskan, bangunan gedung serbaguna ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, bisa digunakan untuk mengadakan acara hajatan, pernikahan, olahraga badmintoon, dan untuk kegiatan senam ibu-ibu PKK. Bahkan bangunan ini, juga sering digunakan oleh dinas (dinas dilingkup Pemkab Jombang) untuk mengadakan kegiatan.

“Jadi selain untuk tempat olahraga, gedung ini kita sewakan untuk masyarakat umum atau warga luar desa, yang ingin mengadakan acara atau hajatan. Dan untuk khusus warga asli Mojongapit akan mendapat tarif lebih murah dibandingkan masyarakat luar desa.” Ujar Iskandar.

Kades Mojongapit mengaku, dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur di desa, dirinya sangat menghargai keinginan atau aspirasi warganya sehingga setiap pembangunan selalu melakukan Musyawarah Desa (Musdes) terlebih dahulu. Agar pembangunan tepat sasaran, dan sesuai dengan kebutuhan warga.

“Alhamdulillah pembangunan lanjutan tahun 2022 sudah terealisasi dengan baik. Berkat bantuan BKK dari APBD Jombang 2022. Saya atas nama warga dan pemerintah desa Mojongapit, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Jombang, dan dinas terkait lainya, juga mengucapkan terima kasih kepada Mbak Retno Marliyani anggota DPRD Jombang, yang sudah mengupayakan agar desa kami mendapat bantuan BKK tahun 2022.” Ucapnya Kades Iskandar.

Bagian dalam gedung serba guna desa Mojongapit. Kamis (29/9/2022)

Sementara itu, Danuri Sekertaris Desa Mojongapit, mengatakan pembangunan sarana dan prasarana gedung serbaguna ini total menelan biaya Rp 200 juta, bersumber dari BKK Jombang 2022.

Danuri, menyebutkan pembangunan mulai dikerjakan pada Juli 2022 dan saat ini pengerjaan sudah selesai 100 persen.

“Mulai dari awal pengerjaan, hingga selesai dikerjakan, berjalan lancar hal ini berkat kerjasama yang baik dan kekompakan TPK, Pemdes, BPD dan berkat dukungan masyarakat setempat.” Terangnya.

Danuri juga menambahkan, warga sangat senang atas pembangunan ini, dan bagi warga yang memiliki tempat pekarangan yang sempit saat hendak mengelar hajatan, pernikahan, berlatih badmintoon, sekarang bisa menyewa gedung serbaguna milik desa Mojongapit.(Ris/Snt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!