Pemdes Munungkerep Jombang Bangun Jalan Rabat Beton Melalui BKK 2024

Bangunan jalan rabat beton di Desa Munungkerep, yang dibangun melalui program Bantuan keuangan khusus (BKK) bersumber dari APBD Jombang 2024. Jumat (31/5/2024). (FOTO : Dok koran Nusantara Pos / Rurin).

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa (Pemdes) Munungkerep Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa timur, terus mengambil langkah kongkrit dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur desa.

Misalnya, baru-baru ini Pemdes Munungkerep, kabupaten Jombang melaksanakan kegiatan pembangunan jalan rabat beton yang dibiayai dari Bantuan keuangan khusus (BKK) yang bersumber dari APBD Jombang 2024.

Kepala desa (Kades) Munungkerep, Kabupaten Jombang, Sutrismi mengatakan, jalan rabat beton yang dibangun tersebut sepanjang 214 meter, berlokasi di dua titik di Dusun Karang ngebang.

Ia merincikan titik pertama panjang 97 meter dan lebar 3,2 meter, menelan biaya Rp 100 juta. Selanjutnya titik kedua panjang 117 meter dan lebar 3,2 meter, menelan biaya Rp 120 juta.

“Proyek jalan rabat beton ini, dibiaya dari program BKK bersumber dari APBD Jombang tahun 2024. Pengerjaan dimulai pada April 2024, dan selesai dikerjakan pada pertengahan Mei  2024. Saat ini, pembangunan tersebut sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh warga setempat.” Kata Kades Sutrismi. Jum’at (31/5/2024).

Penampakan jalan rabat beton di Desa Munungkerep, dibangun melalui program BKK bersumber dari APBD Jombang 2024. Jumat (31/5/2024). (FOTO : Dok koran Nusantara Pos / Rurin).

Selama pelaksanaan proyek, pekerja yang terlibat diambil dari dusun yang mendapat program ini, dengan prioritas diberikan kepada warga yang tidak memiliki pekerjaan tetap.

“Pembangunan jalan rabat beton ini, bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur desa. Serta untuk mendukung aktifitas ekonomi warga, yakni pertanian, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain.” Tutur Kades Munungkerep.

Menurut Kades Sutrismi, melalui pembangunan jalan lingkunga ini, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena pembangunan ini akan mempermudah aktifitas masyarakat dalam berbagai kegiatan baik ekonomi, maupun sosial.

“Proyek pembangunan jalan lingkungan ini juga mendapat dukungan dari masyarakat.  Warga merasa terlibat dalam proses pembangunan yang berdampak positif buat mereka. Beberapa warga juga berpartisipasi aktif dalam proyek ini, baik sebagai pekerja maupun dalam bentuk relawan yang membantu pemantauan proyek. Saya berharap, semoga proyek ini membawa banyak manfaat warga desa Munungkerep.” Pungkasnya.

Proyek jalan rabat beton di Desa Munungkerep, dibangun melalui program BKK 2024. Jumat (31/5/2024). (FOTO : Dok koran Nusantara Pos / Rurin).

Ketua TPK Desa Munungkerep, Sa’i mengatakan, dalam melaksanakan proyek jalan Rabad Beton tersebut, dilaksanakan secara transparan dan tenaga kerjanya diambilkan dari warga setempat.

“Proyek jalan rabat beton ini, tidak hanya sekedar untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur desa. Tetapi juga, menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga setempat yang membutuhkan pekerjaan.” Kata Sa’i. Jum’at (31/5/2024).

Dalam mengerjakan proyek, sambung Sa’i, pihaknya mengutamakan kualitas hasil pekerjaan, agar menghasilkan bangunan jalan yang bermutu baik, supaya masa penggunaan jalan yang bisa bertahan lama.

“Selama masa pengerjaan berjalan lancar, berkat dukungan, Pemdes, BPD, warga setempat.” Ungkapnya.

Proyek jalan rabat beton di Desa Munungkerep. Jumat (31/5/2024). (FOTO : Dok koran Nusantara Pos / Rurin).

Sementara itu, Samian warga setempat mengatakan, warga merasa sangat senang atas pembangunan ini. Karena pembangunan jalan tersebut telah memberi manfaat yang nyata untuk warga.

“Warga berterima kasih kepada Pemdes Munungkerep, yang telah membangun jalan di Dusun Karang ngebang. Pembangunan ini sangat membantu aktifitas warga sehari-hari.” Kata Samian.

Pembangunan ini, telah memberikan harapan baru bagi warga setempat, yang sebagian pekerjaan sehari-hari sebagai petani.

“Pembangunan ini, dapat meningkatkan aksesibilitas ke layanan penting seperti sekolah, pusat kesehatan, dan pasar. Selain itu, proyek ini telah memudahkan warga dalam melaksanakan aktifitas pertanian, karena lokasi jalan yang dibangun juga mengarah kelahan pertanian warga.” Ungkap Samian.***

Pewarta : RURIN

Simak Vidio : Pemdes Munungkerep Bangun Jalan Rabat Beton Dengan BKK 2024

Pemdes Munungkerep Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, membangun jalan rabat beton dua titik dibiayai dari program Bantuan keuangan khusus (BKK) bersumber dari APBD Jombang tahun 2024. Untuk meningkatkan kesejahteraan warganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!