Kapal Nelayan Lamongan Terbakar di PPN Brondong

Kapal nelayan KM Duta Energy yang terbakar di Pelabuhan perikanan nusantara (PPN) Brondong, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan. Jumat (31/5/2024) siang.

LAMONGAN, NusantaraPosOnline.Com-Sebuah kapal nelayan di Kabupaten Lamongan terbakar saat sandar di dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, Kecamatan Brondong, pada Jumat siang (31/5/2024).

Kapal nelayan yang terbakar di Lamongan ini, adalah Kapal Motor Duta Energy (KM Duta Energy) diketahui dinahkodai Supristam (35) asal Desa Watupokak, Paciran.

Kasi Humas Polres Lamongan Ipda Andi Nur Cahya mengataka insiden tersebut, ia mengtakan, setelah petugas Sat Polairud mendapat laporan dari security PPN Brondong tentang adanya kejadian kebakaran Kapal KM Duta Energy di dermaga pelabuhan PPN Brondong, Kecamatan Brondong, Lamongan.

“Kemudian petugas dari Sat Polairud mendatangi lokasi untuk memastikan informasi tersebut,” ujar Andi Nur Cahya kepada wartawan, Jumat (31/5/2024).

BACA JUGA :

Ia menyebutkan, insiden kebakaran kapal terbakar ini, terjadi pada Jumat pagi (31/5/2024). Kejadian bermula sekira pukul 08.00, salah seorang saksi yang bernama Anas (35) datang ke kapal KM Duta Energy untuk memperbaiki kontak mesin kapal tersebut untuk kemudian menghidupkan mesin kapal kurang lebih 5 menit. Usai mematikan mesin, yang ketika itu ditemani Ainur kemudian meninggalkan kapal untuk pulang ke rumah pada pukul 10 pagi.

“Selanjutnya, siangnya pihak security PPN Brondong menjumpai kapal KM Duta Energy terbakar. Kepulan asap hitam terlihat akibat api yang melahap bagian kapal ” terangnya.

Kejadian KM Duta Energy yang sandar dan terbakar itupun dilaporkan ke Sat Polairud Lamongan.

Petugas Sat Polairud kemudian mendatangi lokasi kejadian. Selain itu, petugas kepolisian juga menghubungi pemadam kebakaran dari Paciran untuk memadamkan api di kapal yang biasanya membawa 18 ABK tersebut.

“Petugas kemudian bersama-sama melakukan evakuasi dan pemadaman kebakaran. Api baru bisa dipadamkan usai beberapa jam petugas Damkar berjibaku dengan api. Kondisi kapal, yang terbakar adalah bagian anjungan dan ruang mesin kapal. Saat ini api sudah berhasil di padam. Kapal KM Duta Energy dalam keadaan masih terapung dan sandar di dermaga PPN Brondong,” Pungkasnya.

BACA JUGA :

“Berdasarkan, hasil penyelidikan sementara, kebakaran tersebut diduga berasal dari korsleting adanya hubungan arus pendek di ruang mesin kapal,” Terangnya.

Informasinya awak kapal baru saja membenahi atau service dinamo karena untuk rencana melaut malam nanti.

“Setelah memperbaiki dinamo, kemudiam awak kapal merunning dan saat running itu ada kemungkinan muncul percikan api. Kemungkinan dari konsleting dinamo itu yang memicu munculnya api hingga terjadi kebakaran.” Ujarnya.

Andi menambahkan, kapal KM  Duta Energy  yang terbakar tersebut merupakan kapal penangkap ikan milik nelayan. Ia memastikan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kendati demikian, pemilik kapal mengalami kerugian yang ditaksir sekitar Rp 200 juta. Imbuhnya.***

Pewarta : SUKIRMAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!