Pemeriksaan Hewan Kurban di Jombang Jelang Iduladha, Ini Hasilnya

Tim dari Puskeswan, Ploso, Jombang, menggelar pengecekan kesehatan hewan kurban, yang di jual di pasar hewan desa Kedungdowo Kecamatan Ploso, dan pasar hewan Desa Kabuh Kecamatan Kabuh. Selasa (11/6/2024).

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Jelang Hari Raya Iduladha 1445 H, tim dari Pusat kesehatan hewan (Puskeswan) Ploso Kabupaten Jombang, Jawa timur, melakukan pengawasan lalulintas ternak, dan menggelar pengecekan kesehatan hewan kurban, yang di jual di pasar hewan desa Kedungdowo Kecamatan Ploso, dan pasar hewan Desa Kabuh Kecamatan Kabuh, pada Selasa (11/6/2024).

Hal ini dilakukan, untuk memastikan keamanan hewan korban, sapi, kambing, dan domba dikonsumsi hari raya Idhuladha 1445 Hijriah.

Dilangsir dari laman jombangkab.go.id hasil kegitan tersebut, sejauh ini tim dari Puskeswan Ploso, tidak ditemukan penyakit yang bisa dikategorikan berbahaya bagi kelangsungan Iduladha 2024.

Berikut Ini Hasil Pelaksanaan kegiatan :

  1. Di pasar hewan Ploso diperiksa sejumlah 317 ekor kambing domba, terdiri dari 245 ekor jantan dan 72 ekor betina. tidak kurang dari 41 orang pedagang membawa ternak untuk diperdagangkan.
  2. Di pasar hewan Kabuh diperiksa sejumlah 411ekor sapi, terdiri dari 176 ekor betina, 78 ekor jantan, 83 ekor pedet jantan dan 74 ekor pedet betina. Tidak kurang dari 69 pedagang hadir untuk jual beli hewan ternak dipasar hewan
  3. Tidak ditemukan penyakit yang bisa dikategorikan berbahaya bagi kelangsungan Iduladha 2024
  4. Baik di pasar hewan Ploso maupun pasar hewan Kabuh sedikit terjadi penurunan harga komoditi ternak karena turunnya daya beli dari masyarakat petani peternak.

Pewarta : RURIN

Sumber : Puskeswan Ploso Jombang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!