Cegah Radikalisme, Pemkab Jombang Gelar Sosialisasi Penanggulangan Konflik Sosial di Plandan

Suasana sosialisasi tentang penanggulangan konflik sosial dengan fokus pada pencegahan berkembangnya radikalisme dan aksi terorisme, yang digelar di aula kantor Kecamatan Plandan, Jombang. Selasa (11/6/2024).

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Kabupaten Jombang, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Jombang, mengelar kegiatan sosialisasi tentang penanggulangan konflik sosial dengan fokus pada pencegahan berkembangnya radikalisme dan aksi terorisme.

Kegiatan ini dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Plandaan, pada Selasa (11/6/2024). Bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada masyarakat tentang bahaya radikalisme dan terorisme serta cara-cara efektif untuk mencegahnya.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan pemuda, serta aparatur desa setempat.

Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Bakesbangpol Jombang, Drs Anwar, M.KP, yang menyampaikan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

“Radikalisme dan terorisme adalah ancaman nyata yang dapat merusak tatanan sosial dan keamanan. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama yang solid antara pemerintah dan masyarakat untuk mengantisipasi dan menangkal potensi ancaman tersebut,” ujar Anwar dalam sambutannya.

Selama sosialisasi, peserta diberikan materi tentang pengertian radikalisme, faktor-faktor penyebab, serta dampak negatif yang ditimbulkan. Selain itu, disampaikan pula strategi-strategi pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat, seperti meningkatkan kewaspadaan, memperkuat rasa kebersamaan, dan mengembangkan komunikasi yang efektif antarwarga.

Para narasumber yang hadir juga mengajak peserta untuk aktif dalam melaporkan setiap aktivitas mencurigakan yang berpotensi mengarah pada radikalisme dan terorisme kepada pihak berwenang. Dengan begitu, tindakan pencegahan dapat segera dilakukan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari peserta. Camat Plandaan, Bapak Suparno, S.H., menyampaikan apresiasinya terhadap Bakesbangpol Jombang yang telah mengadakan acara ini. “Kami sangat terbantu dengan informasi dan pemahaman yang diberikan. Ini akan menjadi bekal bagi kami untuk lebih waspada dan turut serta dalam menjaga keamanan lingkungan,” ujarnya.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat Kecamatan Plandaan, khususnya, dan Kabupaten Jombang pada umumnya, semakin sadar akan pentingnya peran mereka dalam mencegah berkembangnya radikalisme dan aksi terorisme. Bakesbangpol Jombang berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa di berbagai kecamatan lainnya sebagai upaya untuk menciptakan Jombang yang aman dan damai.***

Editor : RURIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!