godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Senin , Januari 25 2021
Home / Pemerintah / PKT Dana Desa 2020, Pemdes Podoroto Lakukan Normalisasi Sungai Dan Saluran Irigasi
Nampak warga desa Podoroto, berjibaku bersemangat saat melaksanakan kegiatan normalisasi saluran irigasi. Dibiayai DD 2020

PKT Dana Desa 2020, Pemdes Podoroto Lakukan Normalisasi Sungai Dan Saluran Irigasi

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa Podoroto, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, melaksanakan pembangunan atau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) dengan melakukan normalisasi saluran irigasi.

Suasana kekompakan Kades Podoroto Adhim (nomer 6 dari kanan) berpose bersama perangkat desa.

Kepala Desa (Kades) Podoroto, Adhim,  mengatakan, pelaksanaan normalisasi sungai saluran irigasi dilaksanakan dibiayai DD tahun 2020 sebesar Rp 80.347.000. “Kali yang dilakukan normalisasi ini berfungsi sebagai saluran irigasi, untuk pengairan lahan persawahan warga. Normalisasi dilaksanakan di 9 titik yang tersebar di tiga dusun, yaitu Dusun Kedungdowo, Kedung Boto, dan Dusun Garu.” Kata Adhim.

Ia menjelaskan, 9 titik saluran air yang dilakukan normalisasi ini, berada disepanjang jalur yang melintas diarea pengairan, persawahan warga. Jadi saluran air ini sesuatu yang sangat vital didunia pertanian desa Podoroto.

Kegiatan normalisasi saluran irigasi Pemdes Podoroto. Dibiayai DD 2020

“Kondisi saluran air ini sudah mulai menyempit, dan ditumbuhi rumput air, serta dipenuhi sampah. Sehingga berdasarkan musyawarah desa (Musdes) disepakati untuk dilakukan normalisasi. Hal ini dilakukan salah satu upaya untuk meningkatkan swasembada pertanian diwilayah Desa Podoroto.” Pungkasnya.

Menurut dia, sebagian besar wilayah Desa Podoroto diliputi oleh area pertanian, untuk itu kebutuhan air sangat diutamakan, apalagi kelancaran saluran airnya. Oleh karenanya, pengairan dijalur persawahan merupakan sarana penting untuk menunjang kegiatan swasembada pangan, jadi sangat diperlukan normalisasi saluran airnya, supaya lebih lancar.

Kegiatan normalisasi saluran irigasi Pemdes Podoroto. Dibiayai DD 2020

“Kegiatan normalisasi saluran ini kita lakukan dengan cara PKT dengan mengunakan tenaga kerja dari warga setempat. Adanya PKT ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang saat ini mengalami kesulitan ekonomi, akibat pandemi Covid-19. Upah kerja yang langsung dibayar diharapkan juga bisa memberi manfaat langsung kepada warga terdampak pandemi Covid-19” Ungkapnya.

Lebih lanjut Adhim menambahkan ”Mengenai pekerjaan proyek normalisasi yang dilaksanakan diantaranya meliputi, mengali atau memperdalam saluran air yang sudah mengalami pendangkalan,  dan melakukan pembersihan rumput, dan sampah di sepanjang saluran air yang berlokasi di sembilan titik. Pasalnya, kondisi saluran air perlu untuk dilakukan pembersihan agar arus air berjalan lancar dan kondisi aliran saluran irigasi dipersawahan dapat meningkatkan hasil panen warga.” Tandasnya.

Kegiatan normalisasi saluran irigasi Pemdes Podoroto. Dibiayai DD 2020

Selain untuk melancarkan saluran air irigasi, proyek normalisasi ini juga bisa bermanfaat mengurangi banjir dipemukiman warga jika musim hujan. “Genangan air hujan dipemukiman warga akan mudah kering, karena saluran air irigasi sudah berfungsi normal.” Tuturnya.

Adhim, juga menjelaskan, pengerjaan normalisasi saluran air irigasi ini di mulai dilaksanakan pada Agustus – Nopember 2020. Pelaksanaanya kita percayakan kepada Tim pengelola kegiatan (TPK) desa Podoroto, yang diketuai H.Muhaimin. “Alhamdulillah pelaksanaanya berjalan lancar, semoga dengan adanya normalisasi ini, bisa meningkatkan hasil panen pertanian warga.” Imbuh Adhim.

Kegiatan normalisasi saluran irigasi Pemdes Podoroto. Dibiayai DD 2020

Sementara itu, ketua TPK desa Podoroto, H.Muhaimin, mengatakan pelaksanaan normalisasi saluran air irigasi, sejak awal pengerjaan hingga akhir pelaksanaan berjalan lancar, dan sudah selesai dilaksanakan. “Warga menyambut baik dengan adanya normalisasi ini, karena banyak manfaat yang bisa didapatkan warga. Diantaranya, bisa meningkatkan produktifitas lahan pertanian, bisa mengurangi banjir saat musim hujan, dan bisa menyerap tenaga kerja dari kalangan warga tidak mampu, saat ini kesulitan mencari kerja akibat pandemi Covid-19. Jadi banyak manfaatnya.” Terang Muhaimin. (Ris/Snt)

Berikut ini daftar 9 titik sungai, volume, dan anggaran, proyek Normalisasi di Tiga dusun yang dibiayai dari DD 2020, di desa Podoroto, sebagai berikut :

Check Also

Perkuat Jalan Desa, Pemdes Kepuhdoko Jombang Bangun TPT

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa (Pemdes) Kepuhdoko, Kecamatan Tembelang, Jombang, Jawa timur, bangun Tembok Penahan Tanah (TPT) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!