godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , Juni 22 2021
Home / Pemerintah / PPDB Jombang 2021: Jadwal Pendaftaran Online PAUD, SD, SMP Negeri / Swasta
Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang

PPDB Jombang 2021: Jadwal Pendaftaran Online PAUD, SD, SMP Negeri / Swasta

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Jombang, Agus Purnomo, SH, MSi (Foto : Disdikbud Jombang)

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Penerimaan Peserta Didik Baru atau (PPDB) TK, SD, SMP Negeri / Swasta di Kabupaten Jombang, tahun ajaran 2021/2022 akan segera digelar. Pemerintah Kabupaten Jombang memastikan proses pendaftaran PPDB 2021 akan dibuka secara online.

Seluruh tahapan proses dalam PPDB Jombang 2021/2022 diselengarakan secara online karena saat ini masa pandemi Covid-19 belum berakhir. Dasar pelaksanaan PPDB online tersebut adalah Peraturan Bupati (Perbub) Jombang Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan PPBD Tahun Pelajaran 2021-2022.

Penerbitan Perbub Jombang Nomor 5 Tahun 2021 diantaranya mengacu kepada Peraturan Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPDB Taman Kanak-kanak, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Jombang, Agus Purnomo, SH, MSi,  mengklaim pelaksanaan PPDB online akan menjamin kesetaraan kesempatan bagi seluruh warga Kabupaten Jombang dari berbagai latar belakang.

Agus menyebut, Perbub Jombang Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan PPBD Tahun Pelajaran 2021-2022 diharapkan dapat memastikan ada kesetaraan akses pendidikan berkualitas bagi seluruh anak-anak di Jombang.

Selain itu ia berharap, dengan pemanfaatan media internet dalam pelaksanaan PPDB ini diharapkan akan meningkatkan mutu dan kualitas pelaksanaan pendaftaran. Hal ini karena pelaksanaan pendaftaran secara online akan mendorong pelayanan PPDB di Kabupaten jombang untuk lebih cepat, lebih mudah, transparan, efektif, dan efisien.

“Kita berharap PPDB ini dapat membentuk sekolah-sekolah negeri dengan variasi peserta didik yang tinggi dan rasa gotong royong untuk maju bersama,” tutur Agus.

Jalur Pendaftaran PPDB Kabupaten Jombang 2021 PPDB Online di Jombang 2021/2022 dibuka untuk penerimaan peserta didik jenjang PAUD (TK, KB, SPS) SD, SMP lingkup Kabupaten Jombang.

Agus, memaparkan, terdapat 4 jalur pendaftaran yang dibuka dalam PPDB Kabupaten Jombang 2021/2022. Keempat jalur itu memiliki karakter berbeda-beda, dan berlaku untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Pertama, PPDB Jombang jalur prestasi. PPDB jalur prestasi memberikan apresiasi kepada anak-anak yang telah menunjukkan prestasi akademik maupun prestasi non-akademik.

Kedua, PPDB Jombang jalur afirmasi. PPDB jalur afirmasi memberikan kesempatan calon peserta didik baru kelas 7 (tujuh) SMP melalui Jalur Afirmasi dengan memprioritaskan jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah. Jarak tempat tinggal ditentukan berdasarkan jarak udara dari alamat tempat tinggal yang tercantum pada KK atau surat keterangan domisili ke alamat sekolah yang dituju.

Setelah pendaftaran ditutup, jika jumlah pendaftar jalur Afirmasi lebih besar dari kuota yang ditetapkan, maka calon peserta didik yang diterima berdasarkan peringkat mulai jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah, sedangkan kelebihan pendaftar, tidak diterima sebagai calon peserta didik baru pada jalur Afirmasi.

Jika Jarak tempat tinggal calon peserta didik ke sekolah pada batas pagu bawah sama, maka diprioritaskan adalah calon peserta didik yang usianya lebih tua. Jika jarak dan usia sama maka yang diprioritaskan adalah calon peserta didik yang mendaftar lebih awal.

Ketiga, PPDB Jombang jalur zonasi. PPDB jalur zonasi memberikan kesempatan anak-anak yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang telah ditetapkan dengan memperhatikan sebaran sekolah, data sebaran domisili calon peserta didik, dan kapasitas daya tampung sekolah yang disesuaikan dengan ketersediaan jumlah anak usia sekolah pada setiap jenjang di daerah tersebut.

Keempat, PPDB Jombang Jalur Pindah Tugas Orang Tua dan Anak Guru. Jalur PPDB ini memberi kesempatan terhadap anak-anak dari keluarga yang orang tuanya pindah tugas dan anak guru yang mau bersekolah di wilayah tempat orang tuanya bertugas.

Jadwal PPDB Online Kabupaten Jombang 2021 :

PAUD Hingga SMP Berdasarkan Perbub Jombang Nomor 5 Tahun 2021 tersebut, sejumlah tahapan yang berlangsung secara online ialah : pengajuan akun; pendaftaran dan pemilihan sekolah; hingga proses lapor diri bagi calon peserta didik baru yang lolos seleksi.

Berdasarkan data yang diterima NusantaraPosOnline.Com, dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Jombang, berikut ini jadwal lengkap pelaksanaan PPDB Online di Kabupaten Jombang untuk jenjang PAUD (TK, KB, SPS) SD, dan SMP :

Jadwal PPDB Kabupaten Jombang 2021 Jenjang PAUD (TK, KB, SPS) :

Jadwal PPDB Kabupaten Jombang 2021 Jenjang SD :

Jadwal PPDB  Kabupaten Jombang 2021 Jenjang SMP :

Sumber : Disdikbud Jombang

Penulis : Rurin.

Check Also

Covid-19 Meningkat, Pemprov DKI Jakarta Akan Tindak Kegiatan Lewat Pukul 9 Malam

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan akan menindak pihak yang melakukan kegiatan di DKI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!