godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Investigasi / Sedot APBD Rp 123 Juta, Proyek Gedung TK Di Desa Carangrejo Amburadul
Bangunan TK Pembina didesa Carangrejo yang dibiayai APBD Jombang 2021, proyek milik Dinas P dan K, yang dikerjakan CV Maharani Lestari, dan konsultan CV Utama Karya. Selasa (17/8/2021).

Sedot APBD Rp 123 Juta, Proyek Gedung TK Di Desa Carangrejo Amburadul

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Proyek pembangunan gedung sekolah TK Pembina yang berlokasi didesa Carangrejo Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang, Jawa timur dikerjakan asal-asalan. Pasalnya bangunan yang dibiayai APBD Jombang 2021 sebesar Rp 123 juta, hasil pekerjaan dilapangan amburadul.

Proyek ini adalah milik Dinas pendidikan dan kebudayaan (Dinas P dan K) Kabupaten Jombang, dikerjakan CV Maharani Lestari dengan nilai kontrak Rp 123.243.000, dan konsultan CV Utama Karya.

“Pembangunan gedung ini (Gedung TK Pembina) dikerjakan asal jadi. Bukti semua hasil pekerjaan dilapangan amburadul. Misalnya atap bangunan terlihat dan miring-miring dan bergelombang. Pasangan genteng tidak rapi. Listplank pada atap terlihat penceng dan banyak terdapat sambungan, yang lebih parah lagi hasil pekerjaan pemasangan listplank tersebut terlihat kasar. Jadi atap bangunan terlihat amburadul.”  WR salah seorang anggota BPD Desa Carangrejo. Selasa petang (17/8/2021).

Bangunan TK Pembina didesa Carangrejo yang dibiayai APBD Jombang 2021, proyek dikerjakan CV Maharani Lestari, dan konsultan CV Utama Karya. Selasa (17/8/2021).

Lebih lanjut WR menyebutkan, kondisi atap bangunan gedung TK Pembina ini amburadul, karena rangka atap berbahan galfalum, atau baja ringan ini, yang digunakan oleh pemborong bermutu buruk.

“Kuat dugaan Galfalum yang digunakan terlalu tipis, yang tidak sesuai spesifikasi yang sudah ditentukan. Oleh karena itu atap bangunan begelombang, pasangan genteng juga tidak bisa rapat. Kami berharap pihak Dinas P dan K membongkar atap bangunan ini. Karena bisa membahayakan murid, atapnya rawan ambruk. Akibat rangka atap yang tak kuat menahan beban genteng.” Tegas anggota BPD Desa Carangrejo.

Menurut WR, tak hanya itu tembok bangunan juga terlihat kasar, karena pengerjaan plester tembok dan pendempulan juga dikerjakan asal-asalan. “Tembok bangunan juga terlihat kasar atau sangat jelek. Pembangunan gedung TK ini terkesan main-main. Masak anggaran Rp 123 juta hasil bangunan cuma seperti itu.” Ucapnya.

WR menegaskan, “Hampir keseluruhan kualitas bangunan gedung TK Pembina, ini sangat buruk. Mulai dari bangunan atap, dan tembok bangunan, hingga lantai bangunan kualitasnya sangat buruk. Kuat dugaan adonan semen (luluh) yang digunakan untuk pengerjaan tembok, dan lantai bangunan ini ada pengurangan semen.” Tegasnya.

Nampak atap bangunan yang terlihat miring dan bergelombang, dan Listplank atap yang terpasang asal-asalan. Selasa (17/8/2021).

Ia mengaku masalah ini sudah ia laporkan kepada Kepala Desa Carangrejo. “Masalah ini sudah kami laporkan ke Kades Carangrejo, kami minta Kades Bertindak, tidak mendiamkan masalah ini. Karena disamping membahayakan murid, juga merugikan negara. Masak uang ratusan juta hanya untuk membangun gedung seperti ini.” Ujarnya.

WR menambahkan, kami juga curiga jangan-jangan pembesian balok bangunan dan pembesian pondasi bangunan juga menggunakan besi yang tidak sesuai spesifikasi. Imbuhnya.

Terkait hal tersebut, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Disdikbud Jombang, Moh. Suyuti, saat dikonfirmasi, ia mengatakan pihaknya akan segera mengecek bangunan tersebut.

“Kami akan secepatnya turun kelapangan, akan kami Cek bangunan tersebut. Nanti kalau terbukti ditemukan pengunaan galfalum rangka atap tidak sesuai spesifikasi. Kami akan minta kontraktor membongkar. Atau ada penyimpangan lainnya, akan kami suruh perbaiki.” Kata Sayuti. Saat dihubungi NusantaraPosOnline.Com, melalui sambungan telpon seluler. Rabu siang (18/8/2021). (Rin/Why)

Check Also

Belum 1 Bulan Selesai Dikerjakan Pemborong, Jalan Paving Desa Sukodadi Sudah Hancur

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Proyek Jalan usaha tani (JUT) berupa bangunan Jalan Paving, yang berlokasi didusun Kwacang, Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!