Proyek Rehab SDN Dukuharum Dari Dana POKIR DPRD Jombang Dikerjakan Asal Jadi

Proyek rehabilitasi sedang berat ruang kelas SDN Dukuharum Megaluh, sedang dalam pengerjaan. Di biayai dari dana POKIR anggota DPRD Jombang tahun 2023 sebesar Rp 158.179.443. FOTO : Dok Nusantara Pos / Wahyu.

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Lagi-lagi proyek yang dibiayai dari Dana POKIR (Pokok-pokok pikiran) anggota DPRD Kabupaten Jombang Bermasalah, dan tak pernah tersentuh hukum.

Kali ini giliran proyek rehabilitasi sedang berat ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) Dukuharum Megaluh, yang dibiayai dana POKIR anggota DPRD Kabupaten Jombang tahun 2023 sebesar Rp 158.179.443 bermasalah. Pasalnya proyek ini dikerjakan asal jadi oleh CV Ujung Kulon.

Berdasarkan pantauan dilapangan, diketahui pekerjaan yang dikerjakan asal jadi tersebut misalnya pada pekerjaan pembuatan balok gantung, dan balok kolom bangunan ruang kelas dikerjakan asal jadi.

Hal ini terlihat jelas,  pada permukaan balok gantung dan balok kolom, terlihat amburadul tidak rata, retak-retak, terdapat banyak kropos (banyak rongga-rongga). Kondisi balok gantung yang dihasilkan mirip sarang semut dan sarang tikus. Hal ini diduga pengecoran balok tidak dilakukan pemadatan, dilakukan pengecoran asal-asalan.

Bahkan yang lebih parah lagi, balok gantung dan balok kolom yang sudah jadi mudah remuk, pretel, dan hancur lebur. Hal ini diduga ada pengurangan campuran semen (Kurang semen). Untuk menutupi hasil pekerjaan yang sangat buruk ini, CV Ujung Kulon, secara akal-akalan menutup (Membungkus) permukaan balok dengan pelester (adonan semen) agar permukaan balok tidak pretel (Rontok) dan terlihat rapi.

Atas temuan tersebut, jadi diduga kuat proyek rehab ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) Dukuharum Megaluh tersebut diduga tidak layak, karena balok gantung dan balok kolom yang berfungsi sebagai penyangga atap bangunan ruang kelas dikerjakan secara asal-asalan.

Seperti kita ketahui bersama bahwa balok gantung dan balok kolom berfungsi sebagai penerus beban seluruh bangunan ke pondasi. Beban sebuah bangunan yang dimulai dari atap akan diterima oleh kolom. Seluruh beban yang diterima oleh kolom kemudian didistribusikan ke permukaan tanah di bawahnya. Dengan begitu, kolom pada sebuah bangunan memiliki fungsi yang sangat vital.

Menangapi hal ini, Nopy, pelaksana lapangan dari CV Ujung Kulon, dirinya tak menampik bahwa pekerjaan balok gantung dan balok kolom tersebut berkualitas buruk.

“Ya memang kualitas hasil pekerjaannya tidak bagus, terus mau bagaimana lagi. Untuk mengatasi ini, kita pelester permukaan balok (permukaan balok ditutup dengan adonan semen).” Kata Nopy, saat ditemui

Nopy, juga mengaku bahwa dirinya hanya menuruskan pekerjaan sebelumnya. “Saya cuman meneruskan pekerjaan saja.” Ujar Nopy, namun ia tak menyebutkan, meneruskan pekerjaan dari siapa.

Lalu, dana rehab SDN Dukuharum ini berapa dan dari mana ?  Nopy menjelaskan bahwa nilai proyek Rp Rp 158.179.443 bersumber dari dana POKIR anggota DPRD Jombang.

“Sumber dari dana Pokir, ini dari Dewan bernama Wiwin. Untuk pengerjaan dilakukan penunjukan langsung dari Dinas pendidikan kabupaten Jombang.” Ujarnya.

Untuk jenis pekerjaannya meliputi rehab atap 2 Ruang kelas,  ganti genteng baru 10 – 20 %, memakai Genteng yang masih bisa dipakai, pengantian kayu pilar, plavon, gawang pintu dan Jendela memakai alumunium. Untuk lantai, keramik yang masih dipakai dan yang rusak diganti, dan pengerjaan instalasi listrik baru. Saat ini proyek rehab SDN Dukuharum sedang dalam pengerjaan. Terang Nopy.

Tanggapan Disdikbud Jombang Harus Dibongkar

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SD Disdikbud Kabupaten Jombang Rhendra Kusuma mengatakan, dana proyek tersebut berasal dari dana POKIR dari Anggota DPRD Jombang.

“Sumber dana berasal dari POKIR dewan (DPRD Jombang) untuk pelaksanaan proyek dilakukan penunjukan langsung dari Dinas (Disdikbud Jombang). Terkait dugaan penyimpangan ini, akan kami cek terlebih dahulu kelapangan.”  Ujarnya. Rabu (30/8/2023).

Nantinya jika penyimpangannya fatal, maka dinas akan minta pelaksana untuk di bongkar. Namun kalau tidak fatal, nilai kontrak akan dikurangi, dialihkan ke jenis pekerjaan lain.“ Tutup Rhendra. (Rin/Why)

Simak vidio hasil pekerjaan rehab SDN Dukuharum Megaluh, yang dibiayai dari dana POKIR anggota DPRD Kab Jombang 2023.  Begini hasilnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!