Ekobis  

Sebayak 25 UMKM di Palembang Bakal Dapat Pinjaman Tanpa Agunan

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, saat meninjau langsung UMKM di bidang industri kecil pembuatan ikan asin di Jl KH Azhari 5 Ulu Palembang. Senin (30/1/2023).

PALEMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Sebanyak 25 UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di 5 Ulu Palembang Sumtra selatan (Sumsel) bakal mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Kabar ini disampaikan Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, saat meninjau langsung UMKM di bidang industri kecil yakni sentral pembuatan ikan asin di Jl KH Azhari 5 Ulu Palembang. Senin (30/1/2023).

“Saya sengaja datang ke sini untuk mendengarkan keluh kesah para UMKM di sini. Ternyata mereka mengeluhkan bahan baku, serta peralatannya yang terbatas,” kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda.

Dia menjelaskan, para pedagang untuk mendapatkan bahan baku ikan asin yang didapat dari laut akan sulit. Hal ini dikarenakan, Kota Palembang hanya ada sungai. Namun, untuk masalah peralatan, dan lainnya kita tawarkan berupa pinjaman modal dari Pemkot Palembang tanpa agunan,” Ujarnya.

Menurut Wakil Wali kota Palembang, bahwa di kawasan 5 Ulu memiliki 25 pelaku UMKM ikan asin.

“Jadi Pemkot Palembang menawarkan kepada semua UMKM di kawasan tersebut untuk meminjam modal. Dengan tujuan untuk mendorong agar usaha UMKM dikawasan tesebut lebih maju lagi, dan lebih sejatera lagi.” Kata orang nomer 2 di Pemkor Palembang ini.

Walikota Palembang menambahkan, bahwa saat ini sedang ada Musayawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan. Melalui Musrenbang, masyarakat dapat mengeluarkan semua keluhan apa yang dirasakan, agar dibangun Pemkot Palembang.

“Tentu untuk UMKM ini kalau mereka jadi minjam, akan dipinjamkan Rp10 juta. Untuk bunganya hanya 5 sampai 6 persen, tentu ini tanpa agunan,” Katanya.

Untuk syarat pendaftaran, sambung  Fitrianti hanya menggunakan identitas Kartu Keluarga (KK) dan KTP.  “Jadi kami persilahkan bagi UMKM untuk memenunuhi persyaratan lalu ajukan ke Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas UMKM Palembang atau melalui Camat setempat.” Tandas Wakil Wali kota Palembang. (Jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!