Terpidana Korupsi Eddy Rumpoko Eks Wali Kota Batu Meninggal

Eks Wali kota Batu periode 2007 - 2017, Eddy Rumpoko (63 tahun), terpidana kasus korupsi, meninggal dunia, masih berstatus sebagai tahanan di Lapas Kelas 1 Kedungpane, Semarang.

BATU, NusantaraPosOnline.Com-Eks Wali kota Batu periode 2007 – 2017, Eddy Rumpoko (63 tahun), terpidana kasus korupsi suap, dan kasus gratifikasi dari pengusaha rekanan pemda serta pelaku usaha yang ingin berinvestasi di ”Kota Bunga” meninggal dunia, pada Kamis (30/11/2023) pukul 05.30 WIB.

Pria kelahiran Manado, Sulawesi Utara pada 8 Agustus 1960 ini, meninggal dunia masih berstatus sebagai tahanan di Lapas Kelas 1 Kedungpane, Semarang.

Sembelum meninggal dunia, ia sempat dirawat di RSUP Dr Kariadi, Semarang, Jawa Tengah, ia mengalami diare dan dehidrasi usai makan bubur ayam pedas. Eddy dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kota Batu, Jawa Timur, Kamis.

Kabar meninggalnya Eddy Rumpoko ini, dibenarkan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai,  “Iya benar, ia dilaporkan meninggal dunia karena sakit.” kata Aries di Kota Batu. Kamis (30/11/2023).

Saat meninggal, Eddy Rumpoko masih berstatus terpidana kasus korupsi. Sebelum meninggal, ia dibawa ke RSUP Kariadi, Semarang oleh petugas Lapas Kelas 1 Kedungpane, Semarang.

Istri Eddy Rumpoko, Dewanti Rumpoko mengatakan suaminya dirawat di RSUP Kariadi sejak Rabu malam (29/11/2023) karena sakit lambung.

Sebelumnya ia sempat mengonsumsi bubur ayam pedas sehingga mengalami diare. Eddy kemudian mengalamai dehidrasi dan dilarikan ke RSUP Kariadi.

“Beberapa hari lalu itu salah makan, sampai dehidrasi, kemudian dirujuk ke rumah sakit,” kata Dewanti Rumpoko.

“Baru semalam dirawat ternyata jalannya ya inilah. Bapak rasanya sudah ikhlas, saya pun terima dan ikhlas,” ungkapnya, Kamis petang (30/11/2023).

Untuk diketahui, Dewanti juga merupakan wali kota Batu periode 2017-2022 atau sesudah periode suaminya sendiri.

Sedangkan Eddy Rumpoko menjabat sebagai Wali Kota Batu pertama kali pada 24 Desember 2007 dan berpasangan dengan Wakil Wali Kota Budiono. Dan Pada 2012, ia kembali memimpin Kota Batu berpasangan dengan Punjul Santoso.

Diakhir hidupnya Eddy masih bersetatus sebagai warga binaan atau dipenjara di Lapas Kelas I Semarang, Jawa Tengah, atas kasus gratifikasi dan harus menjalani hukuman selama tujuh tahun penjara.****

Pewarta : WAHYU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!