Terus Berbenah Dinas Perkim Jombang Rehabilitasi Trotoar JL KH Ahmad Dahlan

Proyek rehabilitasi drainase dan trotoar di JL KH Ahmad Dahlan Jombang, yang sedang dalam pengerjaan. Senen (14/8/2022)

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Kabupaten Jombang, melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Jombang terus berbenah, agar kabupaten Jombang ini lebih baik lagi.

Tahun ini Dinas Perkim Jombang, melakukan rehabilitasi drainase dan trotoar di Jalan KH Ahmad Dahlan, yang di danai dari APBD Jombang tahun 2022 sebesar Rp 668 juta.

Kepala Dinas Perkim Jombang Heru Widjajanto mengatakan, proyek pembangunan drainase dan trotoar Jl. KH. Ahmad Dahlan ini berlokasi wilayah Kelurahan Jombatan Kecamatan Jombang, tepatnya mulai trotoar depan Eighteen sampai dengan perempatan Aloon-aloon sepanjang 170,5 meter dengan lebar 1,8 – 2,5 meter.

“Proyek ini mulai dikerjakan pada awal Juli 2022 dan ditarjetkan rampung pada Oktober 2022 mendatang.”  Kata Heru. Senin (15/8/2022).

Menurut Heru, jalur trotoar merupakan kawasan jalan khusus bagi pejalan kaki. Infrastruktur yang satu ini, menjadi salah satu fasilitas yang sangat penting bagi masyarakat yang dibuat sebagai bentuk pemenuhan hak bagi para pejalan kaki yang melintas di area yang sering dilewati berbagai kendaraan bermotor.

“Jadi trotoar dibuat agar masyarakat terhindar dari kecelakaan dan tentunya dapat menikmati berjalan santai tanpa harus khawatir dengan kendaraan-kendaraan yang melintas.” Ujar Heru.

Proyek rehabilitasi drainase dan trotoar di Jalan KH Ahmad Dahlan yang sedang dalam pengerajan. Senin (15/8/2022)

Pembangunan trotoar ini, sambung Heru, dapat memberikan gambaran mengenai tingkat kecelakaan antara kendaraan dengan pejalan kaki yang dapat diidentifikasi berdasarkan jumlah pejalan kaki yang berjalan di jalan.

Pada saat ini trotoar Jl KH Ahmad Dahlan sering kali digunakan sebagai tempat berjualan maupun parkir liar sehingga para pejalan kaki merasakan ketidak nyamanan di trotoar ketika berjalan khususnya anak-anak sekolah.

“Hal ini bisa meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan baik terserempet kendaraan maupun para pejalan kaki yang pada akhirnya harus berpindah menggunakan bahu jalan untuk berjalan kaki. Oleh karena itu pembangunan trotoar sangat penting dibangun untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para pejalan kaki maupun pengendara.” Papar Heru.

Selain untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para pejalan kaki maupun pengendara, Kata Heru, pembangunan drainase dan trotoar JL. KH. Ahmad Dahlan ini, juga bertujuan untuk semakin memperlancar aliran air saat musim hujan dari arah selatan dalam hal ini area seputaran Aloon-aloon sampai ke arah utara yakni saluran di Jl. Dr. Sutomo

“Pembangunan ini akan berpengaruh untuk warga sekitar yang dulunya saluran drainasenya kurang lancar karena sedimen / sampah di buat juga bak kontrol untuk nantinya bisa di gunakan untuk membersihkan sumbatan tersebut, selain itu pembangunan trotoar yang bertema ramah untuk anak sekolah juga akan membantu anak-anak sekolah khususnya siswa SMP 2 Jombang untuk menggunakan trotoar denga aman dan nyaman.” Tutur Kepala Dinas Perkim.

Dengan adanya pembangunan ini, Kepala Dinas Perkim Jombang berharap agar masyarakat juga harus berperan serta untuk merawat ruang publik dan fasilitas umum.

“Mari kita sama-sama menjaga dan rawat pedestrian JL Ahmad Dahlan agar jangan sampai pengalihfungsian jalur pedestrian terus menjamur dan semakin menjadi.” Ujarnya.

Tentu ingin rasanya pemandangan yang elok dan indah dapat kita nikmati pada fasilitas umum kita sehingga fungsi dari drainase dan trotoar Ahmad Dahlan tetap terjaga. Aman dari banjir dan aman untuk pengguna jalan. Sambung Heru.

Heru menambahkan, proyek  drainase dan trotoar Jl. KH. Ahmad Dahlan ini ditangani oleh Bidang Prasarana dan Sarana Utilitas Umum Dinas Perkim Jombang.

“Untuk pelaksananya adalah CV Tiga Saudara, dan CV Laskar Kreasindo sebagai pengawas, sudah melaksanakan proyek tersebut sejak 11 Juli dan di proyeksikan 90 hari kerja proyek tersebut bisa rampung 100 persen.” Imbuh Heru. (Rin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!