Tingkatkan Layanan, Perumda Aneka Usaha Seger Jombang Melaunching Digital Radiologi

Pj Bupati Jombang Sugiat didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Agus Purnomo, melakukan pengguntingan pita tanda peresmian layanan Digital Radiologi BUMD Perumda Aneka Usaha Seger Kamis (15/02/2024) pagi.

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pj Bupati Jombang Sugiat S.Sos, M.Psi.T secara resmi melaunching layanan Radiologi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha Seger Kabupaten Jombang pada Kamis (15/02/2024) pagi, bertepatan dengan agenda monitoring dan evaluasi kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perumda Aneka Usaha Seger yang dipimpin langsung oleh Sugiat Pj Bupati Jombang.

Peresmian Radiologi yang dilaksanakan di ruang tunggu Dokter, Perumda Aneka Usaha Seger yang berlokasi di Jl. KH Wahid Hasyim No. 24 Jombang, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Pj Bupati Jombang Sugiat didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Agus Purnomo dan Mohammad Nasir, Direktur Perumda Aneka Usaha Seger, serta disaksikan oleh Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD terkait  lingkup Pemkab Jombang yang hadir.

Perumda Aneka Usaha Seger adalah salah satu BUMD tertua di Jombang yang didirikan pada 15 Juli 1985. Pada saat itu, namanya masih Perusahaan Daerah (PD) Apotik Seger dan hanya memiliki 2 unit bisnis saja yaitu Apotek Seger 1 dan Apotek Seger 2. Seiring berjalannya waktu, bisnis perusahaan terus berkembang yang dibuktikan dengan adanya penambahan unit bisnis lainnya seperti percetakan, laboratorium, dan klinik.

Pada tahun 2019 sebagaimana terbitnya Perda Nomor 10 Tahun 2019 tentang Perusahaan Umum Daerah Aneka Usaha Seger yang menyebutkan bahwa sektor usaha yang dimiliki oleh Perumda Aneka Usaha Seger di antaranya adalah kesehatan, percetakan, perdagangan, properti, dan usaha lain.

Ruang pelayanan Digital Radiologi BUMD Perumda Aneka Usaha Seger.

Disampaikan oleh Pj Bupati Jombang bahwa saat ini Perumda Aneka Usaha Seger ditunjuk sebagai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Meskipun sektor perdagangan di Perumda Aneka Usaha Seger ini sebenarnya masih tergolong baru berjalan pada akhir tahun 2022, tetapi harapannya dengan adanya SK penunjukan tersebut, perusahaan dapat berkontribusi besar dalam mengendalikan inflasi barang pokok di Kabupaten Jombang.

Pj Bupati Jombang berharap Perumda Aneka Usaha Seger dapat terus berkontribusi meningkatkan kinerja dan profitnya supaya maslahat serta Pendapatan Asli Daerah (PAD) nya terus meningkat dari tahun ke tahun. Terlebih lagi dengan telah dilaunchingnya layanan radiologi.

“Saya berharap dengan adanya layanan Radiologi yang lebih canggih ini, Perumda Aneka Usaha Seger mampu melengkapi layanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat,” tutur Pj Bupati Jombang Sugiat.

“Kedepan, Perumda Aneka Usaha Seger bisa bersaing dengan BUMD lainnya terutama dalam hal kontribusi PAD terhadap Daerah. Semoga Perumda Aneka Usaha Seger dapat mencapai cita-citanya untuk menjadi BUMD yang modern, kuat, sehat, amanah, manfaat dan kontribusi sebesar-besarnya kepada masyarakat luas sesuai dengan visi dan misinya”, pungkas Sugiat Pj Bupati Jombang.

Sementara itu, Mohammad Nasir, Direktur Perumda Aneka Usaha Seger, menyampaikan ucapan terima kasih atas support pemerintah terkait dengan penyertaan modal.

“Alhamdulillah, hasilnya kami memiliki layanan radiologi yang lebih bagus. Karena mesin yang kita punya ini kategori Digital Radiologi yang sudah canggih. Sehingga harapannya pelayanan kami lebih cepat. Sebab Radiologi ini beda dengan alat-alat radiologi yang lain. Kondisinya bisa dipantau dengan smartphone ataupun dengan analisa Dokter yang lebih cepat. Kalau biasanya lama, bisa sampai satu hari. Namun kalau Digital Radiologi ini, cukup 5 menit hasilnya sudah keluar dalam bentuk digital. Jadi tidak ada timbal atau residu yang terbuang cuma-cuma”, jelasnya.

“Dengan Digital Radiologi ini, harapan kita pelayanan masyarakat lebih maksimal, lebih cepat, dan ini kita tunjang dengan layanan dokter spesialis yang ada. Paling tidak, estimasi kita dalam satu hari bisa melayani 20 sampai 30 orang itu sangat cepat, karena durasinya cuma 5 menit sudah keluar hasil.” pungkasnya.***

Editor : DINDA PERTIWI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!