Warga Lahat Temukan Belasan Granat Aktif Di Kebun Sawit PT BSP

Penemuan Granat di Lahat
Nampak petugas dari TNI saat mendatangi lokasi untuk mengecek penemuan Granat di Desa Purwasari. FOTO : Istimewah

LAHAT, NusantaraPosOnline.Com-Warga Desa Purwasari Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat, temukan 11 unit Granat mortir yang diperkirakan masih aktif, di areal kebun sawit PT Bumi sawit permai (PT BSP) di desa Setempat, yang memang dahulunya daerah ini dikenal oleh warga adalah sebagai bekas bangunan Belanda.

Camat Merapi Barat, Sumarno, membenarkan penemuan geranat tersebut. Ia mengtakan, penemuan belasan granat ini pertamakali ditemukan oleh warga desa Desa Purwasari.

“Penemuan granat tersebut sudah dilaporkan oleh warga ke Koramil setempat. Kemaren sudah ditindaklanjuti Babinsa Koramil Merapi, dan Babinsa sudah mengecek langsung ke lokasi.” Rabu (6/7/2022).

Danramil 405-02 Merapi Kapten Inf Sudarno melalui Babinsa Koptu Pratama Hartadi, menyebutkan bahwa pihaknya mendapat laporan dari warga Desa Purwasari bernama Edi Purwo Prasojo, prihal penemuan benda yang menyerupai Granat mortir.

“Ada kemungkinan benda tersebut adalah peninggalan perang, ataupun latihan militer, yang tertimbun didalam tanah, dan ditakutkan masih aktif.  Kemudian, Babinsa langsung mengcek lokasi penemuan dan mengamankan benda tersebut.” Kata Koptu Pratama Hartadi.

“Saat ini benda tersebut sudah disimpan dalam tempat atau wadah yang aman dan suhu yang normal, serta menjauhkan dari kerumunan warga.” ujarnya, Rabu (6/7/2022).

Total jumlah Granat yang ditemukan sebanyak 11 buah. Dengan ukuran panjang badan granat 145 mm, panjang rangkaian 240 cm, dan diameter 50 mm. (Jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!