Ekobis  

ASTRA Tol Road Jombang-Mojokerto Resmikan KBA di Desa Carangrejo Jombang

Suasana kegiatan peresmia Peresmian Kampung Berseri Astra Desa Carangrejo Kecamatan Kesamben Jombang. Kamis (5/10/2023)

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-PT Marga Harjaya Infrastruktur (ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto) melakukan peresmian program Kampung Berseri Astra (KBA) di Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Kamis (5/10/2023). Bertujuan untuk, membangun desa majukan bangsa.

Kegiatan tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama program KBA oleh Presiden Direktur PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) Astra Tol Jombang-Mojokerto Rachmat Soulisa dan Kepala Desa Carangrejo Supriaji ST, MT.

Suasana kegiatan peresmian Peresmian Kampung Berseri Astra Desa Carangrejo Kecamatan Kesamben Jombang. Kamis (5/10/2023).  Foto : Dok Nusantara Pos / Sinta.

Acara ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Jombang Sugiat S.Sos M.Psi.T beserta istri, Sekertaris Daerah Kab Jombang Agus Purnomo SH Msi bersama istri, dan kepala OPD terkait lingkup Pemkab Jombang, Presiden Direktur MHI Rachmat Soulisa, Direktur MHI Fajar Andi, Forkopimcam Kecamatan Kesamben, Kepala Desa Carangrejo Supriaji ST, MT beserta seluruh perangkat Desa Carangrejo, dan tokoh masyarakat setempat.

Kades Carangrejo Supriaji, mengawali sambutanya dengan menyampaikan mengucapkan terima kasih kepada PT MHI atau ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, yang telah memberikan program KBA kedesa Carangrejo.

Kades Supriaji juga menyatakan, bahwa pihaknya juga menyambut baik program KBA ini, yang mengusung konsep pembinaan dan pengembangan program empat pilar. Yakni, pilar Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, dan pilar UMKM atau kewirausahaan. Ungkapnya.

Suasana kegiatan peresmian Peresmian KBA di Desa Carangrejo Kecamatan Kesamben Jombang. Kamis (5/10/2023). Foto : Dok Nusantara Pos / Sinta.

“KBA desa Carangrejo ini, merupakan kolaborasi perusahaan dan pemerintah, untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif di Desa Carangrejo ini bisa disentuh dan dengan program KBA. Dan Alhamdulilah sekali dari beberapa OPD (Organisasi perangkat daerah) lingkup Pemkab Jombang, juga bisa mensupport,  karena beberapa OPD sebagian juga belum tahu apa itu KBA dan setelah saya jelasnya mereka para OPD bisa mensupport.” Kata Kades Supriadji.

Supriadji pun berharap, dengan peresminan Kampung Bersemi Astra ini, bisa menjadi berkah, dan membawa banyak manfaat bagi warga Desa Carangrejo. “Semoga kedepanya ada pengembangan- pengembangan yang lebih baik di desa Carangrejo.” Tandasnya.

Presiden Direktur MHI Rachmat Soulisa mengatakan, KBA adalah program sosial berkelanjutan ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, untuk masyarakat, yang dilaksanakan dengan konsep pengembangan program empat pilar. Yakni, pilar Kesehatan, pilar Pendidikan, pilar Lingkungan dan pilar Kewirausahaan.

Suasana kegiatan peresmian KBA di Desa Carangrejo Kecamatan Kesamben Jombang. Kamis (5/10/2023). FOTO : Dok Nusantara Pos / Sinta.

Dikatakanya, visi program KBA adalah mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif. ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, telah menetapkan satu KBA binaan, untuk pertama kalinya, yakni Desa Carangrejo Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, sebagai wilayah yang akan dikembangkan lebih lanjut.

Ia juga menjelaskan, program KBA dari ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto ini merupakan bentuk perwujudan filosofi ASTRA, yaitu menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.” Kata Rachmat.

“Kami harapkan nantinya dengan memaksimalkan potensi 4 pilar (Pilar Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, dan pilar Kewirausahaan) yang dimiliki desa Carangrejo. Bisa mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa Carangrejo di wilayah Kampung Berseri Astra.” Harap Rachmat dalam peresmian KBA.

Suasana kegiatan peresmian KBA di Desa Carangrejo Kecamatan Kesamben Jombang. Kamis (5/10/2023). FOTO : Dok Nusantara Pos / Sinta.

Sementara itu Pj Bupati Jombang Sugiat mengatakan, program ini merupakan kolabarasi antara Perusahaan dengan pemerintah daerah kabupaten Jombang.

“Saya berharap KBA ini bisa di kembangkan di desa lain, saya berharap dengan program ini kedepannya bisa dirawat, dijaga dan dipelihara, diawasi dan dikontrol dari pihak ASTRA sehingga semakin produktif dalam melaksanakan aktifitas, menurunkan angka stunting dengan memberikan pendapatan diluar, menurunkan angka kemiskinan dan menambah pendapatan warga Carangrejo” Tutur Sugiat.

Lebih lanjut ia menambahkan, setelah diresmikan KBA dengan dukungan finansial yang berkelanjutan, semoga Desa Carangrejo mampu untuk mengembangkan semua potensi yang ada didesanya. Ungkap Pj Bupati Jombang.

Suasana kegiatan peresmian KBA di Desa Carangrejo Kecamatan Kesamben Jombang. Kamis (5/10/2023). FOTO : Dok Nusantara Pos / Sinta.

Usai peresmian KBA, acara dilanjutkan penanaman pohon yang dilakukan oleh Pj Bupati Jombang, Sekdakab Jombang, dan Presiden Direktur PT MHI Rachmat Soulisa.

Rangkain acara berikutnya, Pj Bupati Jombang didampingi, Sekdakab Jombang, beserta rombongan mengunjungi 12 lapak Pedagang kaki lima (PKL) di Pujasera bantuan dari program KBA.

Selanjutnya acara ditutup Pj Bupati Jombang Sugiat, yang ditandai dengan menggunting pita di Gapura Kampung Berseri Astra sebagai tanda bahwa program KBA secara formal telah diresmikan. ***

Pewarta : Rurin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!