godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , Juni 22 2021
Home / Pemerintah / Bupati Jombang Lantik 7 Kades Terpilih, Satu Diantaranya Kades Keplaksari
Bupati Jombang Hj Munjidah Wahab, menyerahkan SK pelantikan Kepala desa Keplaksari Agus Sudarto. Di Ruang Bung tomo Kantor Pemkab Jombang. Kamis (9/1/2020) siang.

Bupati Jombang Lantik 7 Kades Terpilih, Satu Diantaranya Kades Keplaksari

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bertempat di ruang Bungtomo Pemkab Jombang, Bupati Jombang, Jawa timur, Hj. Mundjidah Wahab, hari ini secara resmi melantik tujuh Kepala Desa (Kades). Ketujuh  Kades ini merupakan hasil Pemilihan Kepala desa (Pilkades) serentak pada tanggal 4 Nopember 2019 lalu.

Dari tujuh Kades tersebut, termasuk diantaranya adalah Kades Keplaksari, Kecamatan Peterongan, Agus Sudarto.

Bupati Jombang Hj Munjidah Wahab, menyerahkan SK pelantikan Kepala desa Keplaksari Agus Sudarto. Di Ruang Bung tomo Kantor Pemkab Jombang. Kamis (9/1/2020) siang.

Acara betempat di ruang Bung tomo kantor Pemkab Jombang. Hadir dalam acara ini, pejabat Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), Wakil Bupati Jombang; Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD,  Camat serta jajaran Forpimcam dan Kepala UPT; Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang;  Kepala Desa Terpilih beserta Istri, Kepala Desa yang telah Purna Tugas.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab mengawali sambutannnya, ia memaparkan bahwa Pelantikan 286 kepada desa terpilih di kabupaten Jombang memang tidak dilaksanakan serentak. Yaitu dilakukan dua gelombang.

“Pelantikan gelombang pertama sudah dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2019 lalu diikuti oleh 279 kades terpilih. Selanjutnya gelombang kedua pelantikan 7 kades terpilih dilaksanakan  pada hari ini”,  tutur Bupati Mundjidah.

Suasana pelantikan tujuh Kades terpilih. Di Ruang Bung tomo Kantor Pemkab Jombang. Kamis (9/1/2020) siang.

Atas nama pemerintah Kabupaten Jombang Bupati menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh kepala desa yang baru dilantik.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya juga saya sampaikan kepada seluruh komponen masyarakat, aparat keamanan dan juga semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah ikut menciptakan suasana yang damai dan kondusif ikut membantu dan mensukseskan pilkades pada 4 Nopember tahun 2019”, tandas Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Pilkades serentak tahun  2019 lalu  diikuti 286 desa dari 302 desa yang ada di Kabupaten  Jombang adalah sebuah perwujudan demokrasi, walaupun  dalam penyelenggaraan masih banyak kekurangan dan perlu perbaikan kedepannya, namun dapat dipastikan bahwa tahapan demi tahapan pilkades telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam kesempatan ini, saya menghimbau kepada para kepala desa yang baru dilantik untuk segera menyatukan kembali masyarakat pasca proses pilkades dan segera bekerja bersama sama  mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa. Seiring dengan perubahan regulasi yang mengatur tentang desa, dimana desa saat ini tidak lagi hanya sebagai objek pembangunan  dari pemerintah, tetapi sebagai subjek pembangunan. Konsekuensi dari hal itu, desa diberikan dana yang cukup besar untuk dikelola dan dimanfaatkan sebesar – besarnya untuk kepentingan masyarakat desa.

Besarnya anggaran yang dikelola oleh desa harus mampu dimanfaatkan sebagai stimulan bagi pemerintah desa dan warga masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dan swadaya masyarakat desa, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan pendapatan asli desa.

Pengelolaan dana desa saat ini tengah menjadi perhatian serius dari berbagai pihak, termasuk dari aparat penegak hukum.

Tujuh Kades Terpilih Yang dilantik. Kamis (9/1/2020) siang.

“Oleh sebab itu saya sangat mengharapkan seluruh stakeholders desa, terutama OPD terkait yang mempunyai fungsi pembinaan, pengawasan, dan pemeriksaan atas penyelenggaraan pemerintahan desa agar secara bersama – sama dan bersinergi melakukan pembinaan, mengarahkan, dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan desa sehingga terwujud tata kelola pemerintahan desa dan tata kelola  keuangan  desa yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan.” Kata Bupati Jombang Munjidah Wahab.

Sementara itu Kapala desa Keplaksari terpilih, Agus Sudarto, ditemui usai acara pelantikan, ia mengatakan seperti kita ketahui bersama pada 4 November 2019 lalu ada 286 desa seKabupaten Jombang, yang menyelengarakan Pilkades serentak.  Satu diantaranya adalah desa Keplaksari.

Agus Sudarto menyebutkan, ada dua calon Kades yang ikut dalam Pilkades Keplaksari, saya yakin teman saya yang ikut mencalonkan kades Keplaksari juga merupakan putra terbaik Desa Keplaksari, yang mempunyai tujuan yang sama dengan saya, untuk membangun desa Keplaksari, agar lebih baik lagi. Hanya saja pada Pilkades 2019 belum ada nasib, tapi masih ada kesempatan di 2027 nanti.

“Pilkades adalah proses Demokrasi yang harus kita lalui, dan di hormati dalam rangka untuk menentukan siapa Kades yang akan datang. Sehubungan dengan itu saya selaku Kades Keplaksari terpilih, dan dilantik hari ini, pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat desa Keplaksari tanpa terkecuali. Yang telah berhasil melaksanakan Pilkades Keplaksari dengan aman dan lancar sesuai dengan keinginan kita bersama.” Kata dia.

Menurut Agus Sudarto, Suksesnya Pilkades Keplaksari bukalah kesuksesan saya selaku pribadi, bukan kemenangan saya pribadi, bukan kemenangan tim sukses, bukan kemenangan segelintir orang, tapi kemenangan warga Desa Keplaksari secara keseluruhan yang telah sukses melaksanakan Pilkades secara aman dan damai.

“Semua proses Pilkades Keplaksari 2019 sudah selesai, oleh karena itu saya mengajak warga Desa Keplaksari tanpa terkecuali, untuk bersama-sama bergandeng tangan untuk menciptakan Desa Keplaksari lebih baik lagi. Saya yakin semua warga cinta damai, dan ingin maju, oleh karena itu saya berharap tidak ada lagi perbedaan pendukung calon Kades. Tidak ada lagi calon no 1 atau no 2, yang ada semua warga desa Keplaksari. Dan  saya berjanji tidak akan membeda-bedakan dalam memberi pelayanan.” Kata dia.

Saya mengajak, mengajak seluruh lapisan masyarakat desa Keplaksari, untuk bersama-sama menjaga kerukunan antar warga, dan ia juga mengajak kepada warganya agar bersinergi kepada pemerintah desa agar bersatu, bersama-sama membangun desa Keplaksari, menjadi desa yang lebih maju lagi kedepanya. “Dengan semangat kebersamaan, kedamaian, bisa kita jadikan modal membangun desa agar lebih baik.” Imbuhnya.

Untuk diketahui Agus Sudarto, sebelumnya sudah menjabat Kades Keplaksari selama satu periode, selanjutnya pada Pilihan Kepala desa Serentak tahun 2019, yang dilaksanakan tanggal 4 Nopember 2019, ia kembali mencalonkan diri Sebagai Kades Keplaksari, dan terpilih kembali Menjadi Kades Keplaksari. Pada Kamis 9 Januari 2020 Agus Sudarto, resmi dilantik oleh Bupati Jombang, sebagai Kades Keplaksari periode 2020 – 2026.

Adapun tujuh kades yang dilantik hari ini, yakni Kades Perak Kecamatan Perak, Ketapang Kuning kecamatan Ngusikan, Pulorejo Kecamatan Ngoro, Bawangan kecamatan Ploso, Manduro kecamatan Kabuh, Keplaksari Peterongan, dan Kades Janti kecamatan Jogoroto. (Ris/Snt)

Check Also

Covid-19 Meningkat, Pemprov DKI Jakarta Akan Tindak Kegiatan Lewat Pukul 9 Malam

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan akan menindak pihak yang melakukan kegiatan di DKI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!