godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Januari 16 2021
Home / Nasional / Dana Desa Naik Terus, Kemiskinan Tak Menurun Ada Apa ?

Dana Desa Naik Terus, Kemiskinan Tak Menurun Ada Apa ?

MAGELANG, NusantaraPosOnline.Com – Setiap tahun Anggaran dana desa (DD) yang dikucurkan pemerintah naik setiap tahun,  namun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dengan kucuran dana besar, tingkat kemiskinan yang diharapkan turun cepat ternyata justru lambat.

Pada acara kunjungan di Magelang dan Yogyakarta, Sri Mulyani menyatakan dana desa setiap tahun meningkat dari Rp 20 triliun menjadi Rp 40 triliun dan terakhir tahun 2017 mencapai Rp 60 triliun. Jika tingkat penurunan kemiskinan tidak beranjak ia menyebut berbahaya.

“Ini sangat berbahaya, ketika DD semakin besar, tetapi angka penurunan kemiskinannya tidak berkurang,” kata Sri Mulyani saat berdialog dengan para perangkat desa dan Kepala desa di Kabupaten Magelang Jawa Tengah, Sabtu (16/12).

Menurut ia, seharusnya dengan dana desa yang gencar dikucurkan kepada masyarakat pedesaan angka kemiskinan seharusnya sudah berada di bawah 10 persen. Ia berharap pada 2019 angka kemiskinan semakin menurun di bawah angka itu.

Ia yang bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo berkeliling ke Daerah Istimewa Yogyakarta dan Magelang menyatakan dana desa bisa dikelola untuk pembangunan dengan swakelola.

Masyarakat bisa bekerja pada proyek pembangunan di desa yang nantinya akan dibayar secara harian. “Harapannya rakyat miskin ini mempunyai pendapatan,” Ungkapnya. (Jun)

Check Also

Pemerintah Bubarkan FPI, Kemenko Polhukam Dibanjiri Karangan Bunga

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI Jl. Merdeka Barat, Jakarta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!