godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Kamis , Februari 25 2021
Home / Pemerintah / Dana Desa, Pemdes Jogoroto Jombang Bangun Jalan, TPJ Dan Dueker
PEMDES : Kekompakan Pemdes Jogoroto. Kades Jogoroto, Sodirin (nomor tujuh dari kiri) berpose bersama perangkat desa. Dikantor desa setempat.

Dana Desa, Pemdes Jogoroto Jombang Bangun Jalan, TPJ Dan Dueker

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Kemajuan sebuah desatidak lepas dari adanya pembangunan infrastruktur yang memadai. Hal tersebut menjadi perhatian Pemerintah Desa Jogoroto, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang Jawa timur.

Sebagai bentuk perhatiannya, Pemdes Jogoroto memanfaatkan Dana desa (DD) 2020 ini untuk membangun infrastruktur tersebut.

Kepala desa (Kades) Jogoroto, Sodirin, mengatakan Dana desa tahun 2020 untuk bangunan fisik, kita gelontorkan untuk pembangunan jalan lingkungan, Tembok penahan jalan (TPJ, dan plat duicker) atau gorong-gorong saluran air.

BANGUN JALAN : Jalan paving didesa Jogoroto, yang dibiayai Dana Desa 2020

“Untuk pembangunan jalan lingkungan berlokasi di empat titik, yakni : Pertama, Pembangunan jalan paving beserta Buis beton Volume 225 M2 berlokasi di dusun Jogoroto RT 03 RW 07 dengan anggaran Rp 38,466 Juta; Kedua, Jalan Paving K 300 sepanjang 60 M, berlokasi didusun Jakung RT 01 RW 12 dengan anggaran Rp 37,470 juta;Ketiga, Jalan Paving K 300 sepanjang 291M, didusun Sumberbendo RT 09 RW 05, panjang 291 M, dengan anggaran Rp 174,608 juta, dan Keempat, Jalan rabad beton bertulang, panjang 33 M, didusun Bendungrejo RT 07 RW 04, anggaran Rp 18,770 juta.” Kata Sodirin.

Selanjutnya, untuk pembangunan TPJ sepanjang 67 M, berlokasi didusun Jogoroto, anggaran Rp 51,950 juta, Dan pembangunan Palat Dueker, Volume 1,5 M x 6 M, didusun Sumber Ngantin, anggaran Rp 17,207 juta.

“Pembangunan jalan TPJ, dan Dueker tersebut semuanya didanai dari Dana Desa 2020. Pelaksanaab dilapangan proyek Dana Desa ini dilaksanakan oleh Tim pengelola kegiatan (TPK) yang diketuai oleh Abdul Ghofor. Pelaksanaan juga dengan skema padat karya tunai (PKT) sesuai petunjuk Teknis pelaksanaan proyek Dana Desa.” Ujarnya.

PEMBANGUNAN : Jalan jalan Rabad beton didesa Jogoroto, yang dibiayai Dana Desa 2020

Menurutnya, pembangunan tersebut cukup vital karena menunjang akses perekonomian warga. Dibangunnya sarana penunjang tersebut diharapkan bisa membantu kenyamanan masyarakat dan melancarkan akses perekonomian warga.

“Kami sangat berterima kasih pemerintah pusat yang telah menggulirkan program Dana desa karena nilainya cukup besar dan bisa menggenjot infrastruktur,” ujarnya.

Sodirin, juga menjelaskan, bahwa pembangunan ini merupakan usulan warga setempat, dan sudah disepakati dalam rembuk desa (Rapat desa). Karena ini usulan warga, jadi warga merasa senang atas pembangunan jalan lingkungan, TPJ, dan Dueker tersebut. “Saya berharap bangunan ini bisa membawa manfaat bagi kemakmuran warga, dan bisa berfungsi secara maksimal.” Imbuhnya.

Ketua TPK Desa Jogoroto, Abdul Ghofur, menjelaskan pengerjaan proyek dari Dana desa, ini kita laksanakan dengan cara tranparan, sesuai pesan Kepala desa Jogoroto.

BANGUN JALAN : Jalan paving didesa Jogoroto, yang dibiayai Dana Desa 2020

“Dalam pengerjaan kita utamakan kualitas, agar bangunan jalan, TPJ, dan Dueker yang kita bangun ini bisa bertahan lama. Pengerjaan proyek dimulai pada Juni 2020, dan sekarang bangunan tesebut sudah selesai, sudah dapat dirakakan manfaat pembangunan tersebut oleh warga.” Kata Abdul Ghofur.

Ghofur, juga menjelaskan, untuk tenagakerja kita ambilkan dari warga setempat, biaya ongkos tukang, atau biaya tenaga kerja, yang besarnya sekitar 20 persen dari nilai proyek, bisa dinikmati oleh warga. Selama masa pengerjaan hingga selesai pelaksanaan pembangunan berjalan lancar. Ujarnya. (Rin/Why)

Check Also

BPN Jombang Bagikan 839 Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Desa Mangunan

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-BadanPertanahan Nasional / Agraria dan tata ruang (BPN/ATR) Kabupaten Jombang, membagikan 839 sertifikat tanah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!