godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Rabu , Januari 20 2021
Home / Pemerintah / Desa Alang-Alang Caruban Bangun Jalan Rabat Beton Dan TPT
Kepala desa Alang-alang caruban Yuniati, dilokasi proyek TPJ dan jalan rabad beton, di dusun Karangrejo. Dibiayai dari DD 2019.

Desa Alang-Alang Caruban Bangun Jalan Rabat Beton Dan TPT

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Dari tahun ketahun Pemerintah Desa (Pemdes) Alang-alang caruban, Kecamatan Jogoroto, Jombang Jawa timur, terus melakukan pembangunan infrastruktur desa, tahun ini Pemdes tersebut membangun jalan rabat beton sepanjang 226 meter melalui anggaran Dana desa (DD) 2019. Jalan dengan kontruksi cor beton itu dialokasikan di dusun Karangrejo.

Kepala Desa Alang-alang caruban, Yuniati, mengatakan dalam pemanfaatan DD 2019 pihaknya membangun jalan rabat beton di dusun Karangrejo, yakni sepanjang 226 meter dan lebar 3 meter.

Harapan baru warga desa Alang-alang caruban. Proyek TPJ dan jalan rabad beton, di dusun Karangrejo. Dibiayai dari DD 2019.

“Adapun pengerjaannya dengan cara padat karya tunai. Total anggaran untuk jalan tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp 178.110.000 yang bersumber dari Dana desa 2019. Pelaksanaan dimulai Juni 2019 dan pada Juli 2019 bangunan sudah selesai 100 persen,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/8/2019).

Bukan hanya itu, kata Yuniati pihaknya juga membangun Tembuk penahan tanah jalan (TPJ) di di dusun Karangrejo dengan volume 395 m. Kegiatan ini dialokasikan sebesar Rp 199.550.000,” ujarnya.

Menurutnya, TPJ yang dibangun tersebut berlokasi di sebelah kiri dan kanan pada tepi jalan. Tujuan pembangunan TPJ untuk penguatan badan jalan, agar jalan tidak longsor, dan tidak mudah tergerus air hujan.

“Saya berharap pembangunan ini dapat membawa banyak manfaat bagi warga setempat. Dan saya berharap kepada warga agar bangunan infrastruktur desa yang sudah ada, sama-sama dijaga, agar bisa membawa manfaat yang lama.” Pungkasnya.

Harapan baru warga desa Alang-alang caruban. Proyek TPJ dan jalan rabad beton, di dusun Karangrejo. Dibiayai dari DD 2019.

Ketua Tim pengelola kegiatan (TPK) desa Alang-alang caruban, Imron, ia mengatakan pelaksanaan pembangunan jalan dan TPJ ini dengan cara skema padat karya tunai, dimana tenaga kerja diambilkan dari warga setempat yang tidak mampu, dan penganguran. Agar ongkos kerja yang kisaran 25 % – 30 % dari t—-bisa dinikmati warga setempat.

“Pengerjaan proyek dimulai pada Juli 2019 lalu dan sekarang ini bangunan sudah 95 persen selesai.  Yang 5 % tinggal pengerjaan pembersihan, dan perapian proyek. Pekerjaan perapian berupa pembersihan tanah bekas galian yang sempat menutupi badan jalan rabad beton, yang sudah selesai dibangun.” Terang Imrom.

Pengerjaan berjalan lancar, sesuai rencana. Pelaksanaan DD 2019 terlaksana dengan baik berkat kekompakan dan kerjasama yang baik antar TPK, pemerintah desa Alang-alang caruban, dan warga setempat. (Why/Dw)

Check Also

KKP Bakal Serahkan Pengembangan Pulau Lumpur Ke Pemkab Sidoarjo

SIDOARJO¸ NusantaraPosOnline.Com-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan sinyal lampu hijau kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!