godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , Juni 22 2021
Home / Pemerintah / Desa Brubuh, Terpilih Sebagai Desa Inovasi Terbaik Tingkat Kabupaten
Bupati Ngawi Budi Sulistyono, menyerahkan hadiah penghargaaan bupati kepada Kepala desa Brubuh Tri Joko. Kamis (5/12/2119)

Desa Brubuh, Terpilih Sebagai Desa Inovasi Terbaik Tingkat Kabupaten

NGAWI, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa Brubuh,  Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi, Jawa timur, menjelang akhir Tahun 2019 ini mendapat kado istimewa. Pasalnya desa ini berhasil keluar sebagai juara pertama lomba inovasi desa sekabupaten Ngawi.

Pengumuman dan penyerahan hadiah Anugerah Desa 2019 itu diserahkan dikawasan obyek wisata Kayangan Desa Brubuh.  Menjadi satu dengan acara peresmian obyek wisata Kayangan oleh Bupati Ngawi  Ir Budi Sulistyono di Desa Brubuh, Kecamatan Jogorogo, Kamis (5/12/2019). Bupati yang langsung menyerahkan tropi dan hadiah untuk desa Brubuh.

Pemotongan tumpeng oleh Ketua tim pengerak PKK kabupaten Ngawi, Hj Antik Budi Sulistyono. Kamis (5/12/2119)

Kemudian dilanjutkan dengan peresmian obyek wisata Kayangan, yang ditandai penguntingan pita oleh Bupati Budi Sulistyono, selanjutnya dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng, yang dilakukan oleh Ketua tim pengerak PKK kabupaten Ngawi, Hj Antik Budi Sulistyono.

Dalam sambutanya Bupati Ngawi Budi Sulistyono,  mengaku bangga dengan capaian luar biasa Desa Brubuh. Menurutnya, capaian ini menunjukan Desa Brubuh, sebagai bagian dari unsur masyarakat Kabupaten Ngawi yang dapat memberikan kebanggaan dan kehormatan.

“Kita semua berharap, Desa Brubuh bisa menjadi contoh dan motivasi bagi desa lain dan tentunya bagi kita semua. Kita tidak bisa melakukan apa-apa tanpa dukungan, kebersamaan, keikutsertaan, partisipasi dari masyarakat luas,” ujar Budi Sulistyono.

“Seperti wisata Kayangan ini sangat patut diteladani. Dimana Desa Brubuh bersama BUMDes mampu menggali potensi alamnya sebagai satu lokasi wisata terbarukan sebagai satu terobosan meningkatkan ekonomi masyarakat disini,” Kata Budi Sulistyono.

Bupati Ngawi Budi Sulistyono Menanda tangani prasasti tanda peresmian tempat wisata Kayangan yang ada di desa Brubuh. Kamis (5/12/2119)

Konsep pengembangan potensi desa akan menciptakan wilayah ekonomi baru. Sehingga akan menciptakan lapangan kerja meminimalisir angka pengangguran terhadap pemuda desa.

Maka dari itu Budi Sulistyono menekankan disatu sisi dengan dilombakan video kreatif potensi desa tentu sebagai langkah mengiventarisir potensi desa sesuai geografinya maupun kultur perekonomian masyarakatnya.

“Di Ngawi ini kan ada 213 desa dan masing-masing desa bisa melihat apa yang harus digali diberdayakan. Apakah potensi alamnya ataukah kerajinanya yang tercover kedalam home industri,” Tuturnya.

Bupati, juga mengingatkan, dengan jumlah anggaran yang masuk ke desa luar biasa jumlahnya baik dana desa (DD) maupun anggaran  alokasi dana desa (ADD) harus dikelola secara baik dan transparan. Dengan besarnya perhatian pemerintah ke desa harus dibarengi  kreatifitas menciptakan wilayah ekonomi baru.

“Saya tidak mendikte tapi harus diketahui juga seperti Desa Brubuh ini secara nyata bisa mengembangkan potensi wilayahnya. Ini sebagai terobosan luar biasa bahkan pemerintah desa sini (Desa Brubuh) menyediakan anggaran yang jumlahnya tidak sedikit untuk mengembangkan wisata Kayangan,” Imbuhnya.

Kepala  Desa Brubuh, Tri Joko, tak kuasa menahan haru saat menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat setempat. Joko mengatakan, keberhasilan bukan milik dia semata, melainkan milik seluruhnya masyarakat desa Brubuh. “Saya yakin apa yang kita perjuangkan ini tidak akan sukses kalau tidak ada dukungan dari masyarakat semuanya,” kata dia.

Menururnya, penghargaan ini tidak akan dapat diraih tanpa adanya dukungan dari bupati serta seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang sudah memberikan dukungan secara maksimal sehingga Desa Brubuh bisa berbuat lebih di tingkat Kabupaten Ngawi.  (Edy/Myd)

Check Also

Covid-19 Meningkat, Pemprov DKI Jakarta Akan Tindak Kegiatan Lewat Pukul 9 Malam

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan akan menindak pihak yang melakukan kegiatan di DKI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!