godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Senin , Januari 25 2021
Home / Daerah / Desa Umbulrejo Ngawi, Bangun Talut Jalan Lingkungan Dari Dana Desa 2019
Talut penahan tanah (TPT) di dusun Wajong, desa Umbulrejo, yang dibiayai dari Dana desa 2019

Desa Umbulrejo Ngawi, Bangun Talut Jalan Lingkungan Dari Dana Desa 2019

NGAWI, NusantaraPosOnline.Com-Pemanfaatan Dana desa (DD) dengan skema padat karya tunai terus dilakukan di pedesaan. Desa Umbulrejo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa timur, memanfaatkan DD tahun 2019 tersebut untuk membangun infrastruktur berupa talut jalan lingkungan. Kegiatan ini merupakan hasil musyawarah warga dan pemerintah desa.

Talut penahan tanah (TPT) di dusun Wajong, desa Umbulrejo, yang dibiayai dari Dana desa 2019

Pembangunan talut tersebut dibagi menjadi dua paket pekerjaan, yaitu pertama pembangunan Talut drainase jalan volume 248 m anggaran Rp 137.168.000. dan yang kedua Talut penahan tanah (TPT) volume 200 x 3 m, anggaran Rp 133.971.000. Kedua proyek ini berlokasi yang sama di tepi jalan di dusun Wajong RT 01 RW 01.

Kepala Desa Umbulrejo Suparin, ia mengatakan pihaknya telah melaksanakan pembangunan talut di dua titik berlokasi didusun Wajong. Kedua pembangunan infrastruktur itu dianggarkan melalui dana desa 2019.

Talut penahan tanah (TPT) di dusun Wajong, desa Umbulrejo, yang dibiayai dari Dana desa 2019

“Memang bangunan dua paket tersebut berlokasi di jalan yang sama. Tapi ada yang digunakan untuk Talut penahan tanah (TPT) jalan, dan Talut drainase jalan. Pembngunan TPT  bertujuan memperkuat tebing-tebing agar tidak longsor kejalan lingkungan. Sedangkan talut drainase jalan betujuan untuk mengutkan badan jalan agar tidak longsor dan agar jalan lingkungan tidak tergerus air.” Kata Suparin, Kamis (8/8/2019).

Jalan lingkungan desa Umbul rejo, ini berada di lokasi yang bertebing, jadi oleh karena itulah sangat perlu dibangun TPT dan talut drainase. Pengerjaan proyek dilaksanakan oleh Tim pengelola kegiatan (TPK) desa Umbulrejo, pengerjaan sudah selesai 100 persen.

“Warga sangat senang dengan adanya pembangunan ini, karena warga sudah lama mengingikan adanya pembangunan TPT dan Talud drainase di jalan tersebut. Berkat DD 2019 ini harapan mereka bisa terwujud. Dengan adanya pembangunan tersebut warga tidak lagi khawatir, jalan dipemukiman mereka longsor.” Terangnya.

Suparin menambahkan, bahwa DD sangat membantu pemerintah desa Umbulrejo, untuk membangun desa. Kami berharap desa Umbulrejo bisa mendapatkan bantuan kembali pada tahun berikutnya, kalau bisa mendapat bantuan selain dari program DD. Karena masih banyak infrastruktur desa yang perlu dibangun.

Talut penahan tanah jalan di dusun Wajong, desa Umbulrejo, yang dibiayai dari Dana desa 2019

“Desa Umbulrejo ini kondisi tanahnya berbukit-bukit sehingga perlu penanganan pembangunan secara khusus agar saudara-saudara kita di Desa Umbolrejo ini bisa menikmati pembangunan, dari pemerintah. Tidak lupa saya mewakili Pemerintah desa dan warga, desa Umbulrejo, mengucapkan terima kasih atas bantuan DD yang telah dialokasikan ke desa Kami.” Kata Suparin.

Bantuan DD ini banyak sekali membawa manfaat buat warga kami. Saya mengajak kepada warga marilah kita sama-sama menjaga infrastruktur desa yang sudah ada agar bisa awet, dan bisa dirasakan manfaatnya dalam waktu yang panjang. (Edy/Myd)

Check Also

PJ Setdakab Empat Lawang Meninggal Dunia, Dua Jam Usai Dilantik

EMPAT LAWANG, NusantaraPosOnline.Com-Penjabat (PJ) Sekretaris Daerah Kabupaten (Setdakab) Empat Lawang, Provinsi Sumatra Selatan, Drs Mahalisi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!