godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Desember 5 2021
Home / Pemerintah / Gunakan Dana Desa, Pemdes Tondowulan Bangunan Jalan Rabad Beton
Jalan rabad beton di Dusun Ngemplak yang sudah selesai dikerjakan, dibiayai dari Dana desa, tahun 2021. Selasa (9/11/2021).

Gunakan Dana Desa, Pemdes Tondowulan Bangunan Jalan Rabad Beton

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Untuk menunjang aktifitas perekonomian masyarakat diwilayahnya, Pemerintah Desa (Pemdes) Tondowulan  Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang Jawa Timur terus menggenjot pembangunan infrastruktur desa.

Tahun ini desa Pemdes Tondowulan, membangun jalan lingkungan berupa jalan rabad beton bertulang, yang dibiaya dari Dana desa tahun anggaran 2021. Jalan yang dibangun tersebut berlokasi di dusun Ngemplak RT 18 dengan volume 150 x 4 x 0,2 M menghabiskan biaya Rp 180 juta.

Jalan rabad beton di Dusun Ngemplak yang sudah selesai dikerjakan. Selasa (9/11/2021).

“Pengerjaan jalan tersebut kita mulai pada akhir September 2021 dan saat ini bangunan jalan sudah selesai 100 persen, sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh warga setempat. Jadi warga sangat senang atas pembangunan ini, karena jalan yang dibangun adalah jalan akses penting bagi warga setempat. Sebelum dibangun, kondisi jalan masih berupa jalan batu dan sudah rusak parah. Nah berkat Dana desa tahun ini, jalan tersebut bisa kita bangun jalan rabad beton. Sekarang setelah dilakukan pembangunan jalan rabad beton, kondisi jalan sekarang sudah bagus.” Kata Wijanarko Kades Tondowulan. Selasa (9/11/2021).

Wijanarko menjelaskan, pembangunan jalan rabad beton di Dusun Ngemplak bertujuan untuk menunjang aktifitas perekonomian warga, atau untuk memudahkan warga dalam menjalankan aktifitas warga sehari-hari. Baik aktifitas pertanian, pendidikan, maupun perdagangan.

“Dengan jalan lingkungan yang baik dan layak warga akan mudah menjalankan aktifitas sehari-hari. Jadi kami berharap pembangunan jalan dari Dana Desa ini bisa mensejahterakan warga, dan menambah kemajuan desa Tondowulan, dalam segala bidang.” Kata Widjanarko.

Suasana pengerjaan proyek jalan rabad beton di Dusun Ngemplak, dibiayai dari Dana desa, tahun 2021.

Sementara Ketua Tim pengelola kegiatan (TPK) Dusun Ngemplak, Bibit Sumiati mengatakan pembangunan jalan rabad beton ini merupakan usulan dari warga, melalui Musyawarah desa (Musdes) dan warga menginginkan adanya pembangunan jalan rabad beton di dusun Ngemplak RT 18. 

“Jadi warga merasa senang karena usulan warga, tahun ini direalisasikan yakni pembangunan jalan rabad beton. Dan kami selaku TPK, dalam melaksanakan pembangunan melibatkan warga setempat. Kita ambilkan tenaga kerja dari warga yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19.” Kata Bibit Sumiati.

Menurut Bibit, hal ini sebagai bentuk pemberdayaan terhadap warga, dan proyek ini bisa menyerap tenaga kerja dari warga setempat.

Ditambahkan pula Akas Budi anggota TPK desa Tondowulan, mengatakan pengerjaan proyek jalan rabad beton, dilaksanakan secara transparan, dan mengedepankan mutu pekerjaan, agar menghasilkan bangunan yang baik, dan masa pengunaan bangunan juga bisa bertahan lama.

Kondisi jalan Dusun Ngemplak sebelum dibangun, Jalan rabad beton.

“Pembangunan mulai dikerjakan pada September 2021 dan sekarang bangunan sudah kelar 100 persen. Untuk tenaga kerja sebanyak 18 orang dari warga setempat. Dari awal pengerjaan hingga selesai berjalan lancar. Hal ini berkat kebersamaan dan kekompakan TPK, Pemdes, BPD, dan dukungan dari warga setempat. Semoga pembangunan ini bisa membawa banyak manfaat bagi warga setempat.” Kata Budi.

Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, dan Pemkab Jombang, dan pihak terkait lainya yang telah mengulirkan Dana Desa. Karena dana desa sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Dengan adanya Dana Desa, kami bisa mengenjot pembangunan infrastruktur desa. Keberadaan dana desa betul-betul bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.”  Pungkasnya. (May/Snt)

Check Also

Program PAMSIMAS Disperkim Jombang Bangun Jaringan Air Bersih Di Desa Jatimlerek

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Berbagai Program Nasional (Pronas) telah dilaksanakan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!