godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Mei 16 2021
Home / Pemerintah / Lestarikan Budaya, Pemdes Kedunglosari Gelar Acara Bubak Bumi
Kepala desa Kedunglosari, Mohammad Hani. SH saat memberikan sambutan diacara Bubak Bumi.

Lestarikan Budaya, Pemdes Kedunglosari Gelar Acara Bubak Bumi

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Dalam rangka menghadapi musim hujan, dan musim tanam padi, Pemerintah Desa Kedunglosari Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang, Jawa timur, setiap tahun rutin menggelar acara Bubak bumi.

Acara tersebut di dilaksanakan pada Sabtu 19 Desember 2020, dimulai sekitar pukul 13.00 WIB, dipusatkan di pendopo kantor Desa Setempat. Yang diawali dengan uri-uri budaya Jawa, yang dipimpin langsung oleh Kepala desa Kedunglosari, Mohammad Hani SH. Acara tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran covid-19.

Berbagai kreasi makanan mulai dari nasi tumpeng, dan aneka kue atau jajanan yang dibuat serta dibawa oleh masyarakat dikumpulkan menjadi satu di Pendopo kantor desa setempat. menjadikan acara tersebut tambah semarak dan berjalan sukses.

Suasana acara Bubak Bumi, di desa Kedunglosari, Jombang.

Ciri khas makanan yang selalu ada dan disajikan dalam acara adat Bubak Bumi, di Desa Kedunglosari, adalah kue Apem dengan diberi kuah gula Jawa, Apem berasal dari kata ‘Afwun’ yang artinya Ampunan, atau perbanyaklah meminta ampunan kepada Allah SWT.

Kepala desa Kedunglosari, Mohammad Hani, mengatakan, acara Bubak bumi adalah acara persiapan untuk menyambut musim tanam padi. Acara adat ini sudah berlangsung turun-temurun. Sebagai bentuk wujud syukur, juga memohon kepada Allah SWT, atau tuhan sang pencipta agar diberikan keselamatan dan kesuburan pada saat tanam nanti, dijauhkan dari hama tikus, serta mendapatkan keberkahan hasil pertanian yang melimpah.

“Acara ini juga sebagai ajang silaturahmi, dan memupuk rasa kekeluargaan dan semangat gotong royong. Sedekah bumi ini adalah salah satu warisan dari nenek moyang kita terdahulu, sehingga kita perlu melestarikanya,” ujar Hani.

Acara adat ini, lanjut Hani, rutin dilakukan setiap tahun. Dalam prosesi acara Bubak Bumi diisi kegiatan doa bersama yang dipandu oleh pemuka agama. Dalam acara tersebut juga menghadirkan nara sumber yaitu Radji, dari Desa Menduro, Kecamatan Kabuh Jombang,  yang memimpin Doa dengan logat bahasa jawa sekaligus memimpin Doa.

Suasana acara Bubak Bumi, di desa Kedunglosari, Jombang.

Sementara itu, menurut H Sudarto, salah seorang tokoh masyarakat Desa setempat, mengatakan acara ini sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT, atas nikmat yang telah diterima. “Selain itu juga mendoakan semua petani di Desa Kedunglosari mudah-mudahan petani diberi keberkahan, keselamatan, kesehatan, dan panen yang berlimpah. dari Allah SWT.” Kata Sudarto.

Acara tersebut juga dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Gus Aik, Forkopincam Kecamatan Tembelang, PPL Kecamatan Tembelang, BPD, RT, RW, Gapoktan, Poktan, Petani Desa Kedunglosari.

Dari awal hingga akhir acara berjalan dengan lancar, dan hikmat, dan menerapkan protokol kesehatan, yaitu semua yang hadir diwajibkan memakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan. (Ris/Snt)

Check Also

Polres Jombang – BTN, Tandatangani MoU 400 Unit Rumah Bersubsidi Untuk Anggota Polri

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Kepolisian Resor Jombang (Polres Jombang) – Bank BTN (Persero) tbk dan pengembang PT Sinar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!