godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Senin , November 30 2020
Home / Nasional / Miris, Pelayanan Bobrok, PLN Juga Diduga Rugikan Negara Rp17,9 Triliun

Miris, Pelayanan Bobrok, PLN Juga Diduga Rugikan Negara Rp17,9 Triliun

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com- Direktur Center For Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi, menyebut kinerja Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang saat sangat memprihatinkan publik.

Bukan hanya pelayanan terhadap konsemen saja yang bobrok. Tapi kenerja Sofyan Basir sebagai Direktur Utama, juga dinilai sangat buruk,

Pasalnya pada tahun 2017 PLN mengalami kerugian yang cukup besar, hingga sekitar Rp20.1 Triliun.  Namun, PLN juga masih beruntung, lantaran kerugian PLN bisa ditambal dari bantuan subsidi pemerintah. Hal ini diungkapkan Direktur CBA, Uchok Sky Khadafi. Minggu (22/4/2018) di Jakarta.

“Selain kinerja Direktur PLN, Sofyan Basir yang buruk, dalam mengelola perseroan PLN saja, dia tidak begitu cakap dalam seni manajemen keuangaan maupun dalam manajenen perusahaan PLN yang begitu besar,” ujarnya.

Menurut Ucok, Hal ini dibuktikan dengan adanya dugaan potensi kerugian negara dalam kurun  waktu antara tahun 2015 – 2016.

Pada tahun 2015, CBA menemukan potensi kerugian negara sebesar Rp 9 Triliun, dan USD 411.779 dengan sebanyak 69 kasus.

Sedangkan pada tahun 2016, ditemukan potensi kerugian negara sebesar Rp.8.8 triliun dan USD.191.4 juta dengan sebanyak 54 kasus.

“Jadi jika dihitung secara total, potensi kerugian negara antara tahun 2015 sampai tahun 2016, ditemukan potensi kerugian negara sebesar Rp17.9 Triliun, dan USD.191.8 dengan sebanyak 123 kasus,” tegasnya.

“Dengan ditemukan potensi kerugian negara tersebut, kami dari CBA meminta kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera melakukan penyelidikkan atas beberapa kasus seperti diatas,” paparnya.

Untuk itu kata Ucok, pihaknya meminta KPK untuk segera memanggil Direktur PLN (Perusahaan Listrik Negara) Sofyan Basir dalam waktu dekat ini.

“KPK harus bertindak, segera periksa Sofyan Basir,” Tegasnya. (jn)

Check Also

KPK Tetapkan Menteri KKP Edhy Prabowo Dan 6 Orang Lainya, Sebagai Tersangka

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhi Prabowo (EP), dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!