Nenek-Cucu Ditemukan Tewas Tenggelam di Kolam Bekas Tambang di Karanganyar

Kolam bekas tambang galian C di Dusun Terek RT 01, RW I, Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, yang menjadi lokasi tewasnya nenek dan cucunya. Selasa (4/6/2024) lalu. (Foto : Istimewah).

KARANGANYAR, NusantaraPosOnline.Com-Seorang nenek dan cucunya ditemukan tewas tenggelam di kolam bekas tambang galian C di Dusun Terek RT 01, RW I, Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Jawa tengah. Selasa (4/6/2024) pagi.

Kapolsek Gondangrejo, Iptu Subkhi, mengatakan, identitas dua korban yakni Budiyanti (51) dan cucu perempuannya Fadil Khoirunisa Azahara (2). Keduanya tenggelam di lubang berisi air hujan berukuran lebar 4 meter panjang 8 meter dan kedalaman 4 meter.

Penemuan jasad korban, bermula saat seorang warga setempat bernama Sulistiyowati melihat jilbab warna krem mengambang di permukaan kolam. Setelah diperiksa, ternyata tubuh Budiyanti yang terlihat.

Selanjutnya, ia lalu meminta bantuan dua warga lain untuk mengangkat tubuh korban Budiyanti dari kolam itu.

“Saat mengevakuasi itulah terlihat ada tubuh lainya tak bernyawa, diketahui adalah Fadil seorang balita yang tak lain merupakan cucu perempuan Budiyanti. Selanjutnya, para sara saksi menggotong dua korban ke rumah duka” kata Subkhi.

Ia menambahkan, berdasarkan hasil pemeriksaan awal kedua korban meninggal dunia karena tenggelam.

“Polisi dan dokter puskesmas juga memeriksanya. Mereka meninggal dunia karena tenggelam,” terangnya.

Kades Jatikuwung, Sartono, mengatakan,  biasanya Budiyanti mengasuh cucunya itu selama orangtuanya bekerja. Budiyanti juga berladang di sawah yang tak jauh dari lokasi kejadian.

“Kolam itu dulunya lubang bekas galian C. Warga memanfaatkannya untuk keperluan pengairan sawah. Kolam itu sudah lama kok. Enggak ditutup karena dimanfaatkan air tampungan hujan untuk mengairi sawah,” katanya.

Menurut cerita Ketua RW 01, Bambang, sebelum ditemukan meninggal dunia ketua RT , melihat Budiyanti bersama cucunya lewat di depan rumah sekitar pukul 05.30 WIB. Keduanya menuju sawah.

“Lubang itu letaknya di lahan milik korban. Pak RW melihat mereka lewat sekitar pukul 05.30 WIB,” katanya.

Setelah jenazah dilakukan pemeriksaan pihak berwajib, kedua jenazah di bawa kerumah duka, dua jenazah setelah disalatkan langsung dimakamkan di makam Astonoloyo Dusun Terek pada pukul 14.00 WIB. Keduanya dimakamkan berbeda liang lahat.

Dalam surat lelayu tertulis Budiyanti istri dari Parjoko. Sedangkan Fadil adalah putri kedua pasangan Edi Kiswanto-Elin. Usai musibah itu, kolam bekas galian C ditutup. Pungkasnya.***

Editor : JUNSRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!