godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Desember 5 2021
Home / Pemerintah / Pemdes Blimbing Bangun Jalan Lapen Dan Buka Jalan Baru
Nampak para pekerja bersemangat saat mengerjakan pembangunan jalan aspal lapen di Desa Blimbing. Yang dibiayai dari DD tahun 2021.

Pemdes Blimbing Bangun Jalan Lapen Dan Buka Jalan Baru

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com- Pemerintah Desa Blimbing , Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang, membangun jalan lapisan penetrasi (Lapen) dan membangun jalan baru dengan menggunakan Dana Desa (DD) 2021. Pembangunan infrastruktur jalan itu untuk memperlancar akses transportasi antar dusun.

Kepala Desa Blimbing, Taufiq Kamal, mengatakan dalam pengelolaan DD 2021 pihaknya akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan, yakni pembangunan jalan aspal lapen dan pembukaan atau membangun jalan baru.

“Pada tahun 2021 ini, DD kami prioritaskan untuk pembangunan jalan. Hanya saja kami laksanakan secara bertahap. Dengan demikian, akses transportasi di jalan lingkungan antar dusun bisa lancar,” kata Taufiq, Kamis (4/11/2021).

Kepala Desa Blimbing, Taufiq Kamal

Untuk pembangunan jalan lapen, kata Taufiq, dilaksanakan di Dusun Sukomulyo, sepanjang 2004 meter dengan lebar 3 meter yang dianggarkan sebesar Rp 185.333.000. Kemudian untuk bangunan pembukaan jalan baru berlokasi di dusun Blimbing, sepanjang 360 meter dengan lebar 5 meter, dianggarkan Rp 64 juta.

“Pengerjaan jalan lapen, dan pembukaan jalan baru, mulai dikerjakan pada September 2021. Saat ini pembangunan sudah selesai dikerjakan, dan sudah dapat dimanfaatkan oleh warga.” Ujarnya.

Kades Blimbing, menjelaskan untuk pekerjaan pembuka jalan baru, jenis pekerjaan dilapangan berupa pengurugan, dengan mengunakan material tanah urug. Pelaksanaannya melibatkan masyarakat setempat dan untuk pengerjaan jalan lapen, ada beberapa tenaga ahli yang menguasi pembangunan jalan, seperti kepala tukang dan operator alat berat.

“Pembangunan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan warga. Karena dengan jalan yang memadai akan memudahkan warga beraktifitas dalam mencari nafkah sehari-hari.” Ujarnya.

Ia juga menjelaskan, sebelumnya jalan baru dibangun (pembukaan jalan baru) kondisinya masih berupa lahan pertanian biasa sangat bergelombang sehingga sulit untuk dilalui kendaraan khususnya roda empat atau lebih.

“Bahkan ketika musim penghujan, jalan ini menjadi licin dan rawan membuat pengendara bermotor terpeleset. Mengingat pentingnya pemerataan pembangunan di wilayah Desa Blimbing, maka tahun 2021 kita lakukan pengurugan, dengan tanah urug.” Terang kades Blimbing.

Bangunan jalan aspal lapen di Desa Blimbing. Yang dibiayai dari DD tahun 2021, dan sudah selesai dikerjakan

Ketua Tim pengelola kegiatan (TPK) desa Blimbing, M Muslim mengatakan pelaksanaan pengerjaan Pengurugan dan Jalan lapen dari Dana Desa ini, dilakukan dengan cara padat karya tunai (PKT)

“Tujuan PKT ini untuk pemberdayaan masyarakat serta membuka lapangan kerja bagi warga setempat. Sehingga hasil pekerjaan yang dikerjakan masyarakat itu cukup baik, karena  kualitasnya sesuai spek pengerjaan.” Ujarnya.

Ia menambahkan, pengerjaan jalan dimulai pada september 2021 dan selesai pada akhir Oktober 2021.  “Pengerjaan dari awal hingga selesai berjalan lancar, sesuai perencanaan. Sekarang jalan yang dibangun tersebut sudah difungsikan, dan warga sangat senang dengan pembangunan Pengurugan jalan dan Lapen tersebut.” Ujar Muslim.

TPK juga berharap, semoga untuk tahun-tahun mendatang Pemerintah Desa Blimbing bisa mengadakan pembangunan akses jalan yang berkelanjutan, dan dengan dimulainya pengurugan ini bisa menambah kualitas kesejahteraan masyarakat khususnya yang berada di wilayah Blimbing. Pungkas Muslim. (Ris/Snt)

Check Also

Program PAMSIMAS Disperkim Jombang Bangun Jaringan Air Bersih Di Desa Jatimlerek

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Berbagai Program Nasional (Pronas) telah dilaksanakan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!