godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Pemerintah / Pemdes Kebondalem Lakukan Perbaikan Jembatan Dengan BKK
Suasana kekompakan Kades Kebondalem, Faisol zakariya (4 dari kanan) borpose bersama warganya di jembatan yang sudah selesai dibangun. Senin (14/6/2021)

Pemdes Kebondalem Lakukan Perbaikan Jembatan Dengan BKK

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Guna memperlancar akses transportasi masyarakat desa, Pemerintah desa (Pemdes) Kebondalem  Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa timur, tahun ini berhasil melakukan perbaikan atau perkuatan pondasi jembatan cor, dibiayai dari Bantuan Keuangan desa (BKK) yang bersumber dari APBD Jombang 2020.

Sebagai bukti keberhasilan Pemdes Kebondalem, dalam melakukan perbaikan penguatan pondasi jembatan semua pekerjaan terlaksana sesuai rencana dan selesai tepat waktu, dan tepat mutu.

Perkuatan pondasi dan penyangga jembatan (abdument jembatan) di Dusun Murongagung.

Kepala Desa (Kades) Kebondalem,  Faisol zakariya, menjelaskan, tahun 2020 pemerintah desa yang ia pimpin melaksanakan perbaikan jembatan di Dusun Murangagung, tepatnya sebelah TPU (Tempat pemakaman umum) dusun di desa Kebondalem.

Lebih lanjut ia menjelaskan, perbaikan jembatan di Dusun Murangagung, pekerjaan dilapangan berupa pembangunan perkuatan pondasi jembatan, meliputi pembangunan atau perkuatan pondasi yang sekaligus tiang penyangga yang ada dikedua pangkal jembatan, dengan bahan beton cor bertulang.

“Ketinggian pondasi yang sekaligus tiang penyanga jembatan, yang dibangun tinggi 10 meter, lebar 6 meter, dan tebal 1 meter. Bangunan penguatan pondasi jembantan yang kita bangun ini berada di kedua pangkal jembatan (abdument jembatan). Bahan yang digunakan yaitu cor bertulang. Pembanguan menelan dana Rp 100 juta, yang bersumber dari BKK yang berasal dari APBD Jombang TA 2020.”  Kata Kades Kebondalem Faisol zakariya. Senin (14/6/2021).

Suasana saat pengerjaan perkuatan pondasi dan penyangga jembatan (abdument jembatan) di Dusun Murongagung

Menurut Faisol, pondasi dan penyangga jembatan (abdument jembatan) mengalami kerusakan, karena arus air sungai yang deras, mengakibatkan pondasi, jembatan terkikis air. Dan merusak abdument jembatan, oleh karena itulah kita lakukan perbaikan atau perkuatan pondasi jembatan. Agar jembatan tidak ambrol atau amblas kedalam air sungai.

“Warga sangat senang atas pembangunan perkuatan pondasi dan penyangga jembatan ini. Karena sebetulnya, perkuatan abdument jembatan ini sudah lama ditunggu-tunggu warga. Karena warga takut jembatan tersebut ambrol. Berkat bantuan BKK, harapan warga ingin perbaikan jembatan dapat terlaksana tahun ini.” Ujar Kades Kebondalem.

Atas nama Pemdes, dan warga Desa Kebondalem, mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Jombang, Totok Hadi Iswanto (Dari fraksi PDIP) yang telah memperjuangkan atau mengupayakan agar Desa Kebondalem mendapat bantuan BKK tahun 2020 ini. “BKK yang kami terima sangat bermanfaat bagi warga desa Kebondalem. Dengan bantuan BKK ini kami bisa membangun kembali jembatan desa kami.” Ujarnya.

Kades Kebondalem, berharap semoga bangunan jembatan ini bermanfaat bagi masyarakat desa dan masyarakat luas pada umumnya. Jembatan itu menjadi alternatif bagi masyarakat agar bisa menyeberangi sungai tanpa harus memutar. “Harapan kita, tentu agar akses masyarakat bisa lancar dan bisa meningkatkan perekonomian warga.” Imbuhnya.

Perkuatan pondasi dan penyangga jembatan (abdument jembatan) di Dusun Murongagung.

Sementara itu Ketua TPK (Tim pengelola kegiatan) Desa Kebondalem Sutris, mengatakan pelaksanaan atau pengerjaan jembatan kita mulai pada pertengahan mei 2021 dan pada 14 juni 2021 jembatan sudah selesai. Saat ini bangunan penguatan pondasi jembatan sudah dapat digunakan oleh warga selaku penerima manfaat.

“Pelaksanaan pembanguan kita laksanakan dengan swakelola, dan tenaga pekerja kita ambilkan dari warga setempat,  sebagai wujud pemberdayaan terhadap warga.” Kata Sutris, Senin  (14/06/2021).

Kami selaku pelaksana Penguatan pondasi jembatan telah berusaha semaksimal mungkin agar pelaksanaan pembangunan penguatan ini terlaksana dengan baik sesuai dengan RAB yang sudah ada.

“Berkat kerja sama yang baik dan kekompakan TPK, Pemerintah desa, BPD dan dukungan masyarakat, pengerjaan penguatan pondasi jembatan yang dibiayai dari BK desa 2020 ini bisa terlasana dengan baik. Sesuai dengan perencanaan dan RAB pekerjaan. Sehingga dari awal hingga akhir pengerjaan berjalan lancar, selesai tepat waktu, dan tepat mutu.” Pungkasnya. (May)

Check Also

Bupati Jombang Lantik Pj Sekda Dan 133 Pejabat Lainya

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, lantik Penjabat Sekda dan 133 Pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!