Pemdes Mangunan Jombang Bangun Jalan Rabat Beton Dari DD dan BKK 2024

Proyek jalan rabad beton di Desa Mangunan, yang sudah selesai dikerjakan. Kamis (20/6/2024). (Foto : Dok koran Nusantara Pos/ Rurin).

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas infrastruktur desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Mangunan, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa timur, membangun jalan rabat beton sebanyak 3 (tiga) paket atau tiga titik.

Kepala Desa (Kades) Mangunan, Kusno mengatakan, baru-baru ini Pemerintah desa Mangunan, Kabupaten Jombang melaksanakan kegiatan 3 (tiga) pembangunan jalan lingkungan jenis jalan Rabat beton, yang dibiayai dari Dana Desa (DD) dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) tahun 2024.

“Tiga titik pembangunan jalan rabat beton tersebut, diantaranya titik pertama, berlokasi di Dusun Brumbung, dengan panjang 94,50 meter, lebar 3 meter, menelan anggaran Rp 100 juta; dan Kedua, di Dusun Patran, panjang 94,50 meter, lebar 3 meter, menghabiskan anggaran Rp 100 juta. Pembangunan dua titik jalan ini, dibiayai dari program BKK bersumber dari APBD Jombang 2024.” Terang Kades Kusno. Kamis (20/6/2024).

Selanjutnya, titik ketiga berlokasi di Dusun Patran, panjang 52,60 meter, lebar 4 meter. Menelan anggaran Rp 74.600.000, bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2024.

Proyek jalan rabad beton di Desa Mangunan, yang sudah selesai dikerjakan. Kamis (20/6/2024). (Foto : Dok koran Nusantara Pos/ Rurin).

“Tiga paket jalan tersebut semuanya mengunakan kontruksi rabat beton bertulang. Dan semua sudah selesai dikerjakan. Jalan sudah dapat digunakan oleh warga.” Ungkap Kusno.

Menurutnya, pembangunan jalan rabat beton ini adalah realisasi dari kesepakatan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang dilakukan Pemerintah Desa, BPD bersama masyarakat.

“Untuk pengerjaan, dilaksanakan oleh Tim pengelola kegiatan (TPK) Desa Mangunan. Selama masa pengerjaan jalan, berjalan lancar selesai tepat waktu, sesuai dengan perencanaan yang dibuat sebelumnya.” Kata Kades Mangunan.

Menurut Kades Kusno, pembangunan jalan ini sebagai bentuk komitmen pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas infrastruktur desa.

Proyek jalan rabad beton di Desa Mangunan. Kamis (20/6/2024). (Foto : Dok koran Nusantara Pos/ Rurin).

Tak hanya untuk meningkatkan infrastruktur desa, tetapi juga untuk melancarkan akses warga, serta mendukung aktifitas warga sehari-hari, yakni aktifitas ekonomi, pertanian, pendidikan, dan lain-lain. Sambungnya.

“Dengan adanya pembanguan jalan ini, akan mendukung aktifitas warga sehari-hari. Akses warga jadi lancar, jalan nyaman dilewati warga. Pedagang dan petani dapat dengan mudah mengangkut barang dagangan, dan hasil pertanian. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan warga.” Ungkap Kades Kusno.

Ia menambahkan, bahwa pembangunan jalan rabat beton, adalah langkah positif yang akan membuka berbagai peluang dan meningkatkan standar hidup warga.

“Dengan dukungan pemerintah desa, dan partisipasi aktif masyarakat, proyek ini bukan hanya menjadi jalan fisik, tetapi juga jalan menuju masa depan yang lebih baik bagi untuk warga. Semoga pembangunan ini, dapat membawa banyak manfaat bagi warga desa Mangunan.” Imbuhnya.

Proyek jalan rabad beton di Desa Mangunan, yang sudah selesai dikerjakan. Kamis (20/6/2024). (Foto : Dok koran Nusantara Pos/ Rurin).

Ketua TPK Desa Mangunan Jamat, mengatakan, pengerjaan pembangunan jalan rabat beton dari BKK tersebut, mulai dikerjakan pada Mei 2024 lalu, sekarang ini progres pekerjaan sudah terbangun 100 persen.

“Dalam pengerjaan proyek, tenaga kerja diambilkan dari warga setempat, sebagai wujud pemberdayaan terhadap warga. Jadi proyek DD dan BKK ini, juga menciptakan lapangan kerja bagi warga yang membutuhkan pekerjaan.” Kata Jamat. Kamis (20/6/2024).

Menurut Jamat, pembangunan jalan ini, mendapat sambutan positif dari warga setempat. Dari awal pengerjaan sampai selesai berjalan lancar, berkat dukungan dari masyarakat setempat.

“Warga merasa sangat senang atas pembangunan jalan ini. Karena warga memang sangat berharap jalan tersebut dibangun, lantaran kondisi jalan sebelumnya sangat tidak layak. Kini jalan sudah bagus.” Ujar Jamat.

Berkat bantuan program DD dan BKK 2024 ini, Pemdes bisa memenuhi harapan warga, yakni membangun tiga titik jalan rabat beton yang diusulkan warga. Ungkapnya. ***

Pewarta : RURIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!