Pemdes Mojodanu Jombang Bangun Jalan Rabat Beton Dari DD dan BKK

Bangunan jalan rabat beton di Desa Mojodanu, Jombang yang sudah selesai dikerjakan. Dibiayai dari Dana Desa dan BKK tahun 2024. Rabu (6/3/2024).

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa Mojodanu, Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang, tahun ini membangun jalan lingkungan, jenis jalan rabat beton yang dibiayai dari Dana Desa (DD) dan Bantuan Khusus Keuangan (BKK) tahun anggaran 2024. Untuk mendukung aktifitas ekonomi warganya.

Kepala Desa (Kades) Mojodanu Sijad mengatakan, jalan rabat beton yang dibangun tersebut berlokasi di Dusun Dapet, Desa Mojodanu, Ngusikan, Kabupaten Jombang, dengan total panjang 240 meter, lebar 4 meter, dan tebal 15 cm.

“Pembangunan jalan tersebut menelan biaya Rp 300 juta. Bersumber dari DD tahun 2024 sebesar Rp 150  juta, dan dari program BKK yang bersumber dari APBD Kabupaten Jombang tahun 2024 sebesar Rp 150 juta.” Terang Kades Mojodanu. Rabu (6/3/2024).

Suasana saat pengerjaan jalan rabat beton di Desa Mojodanu, Jombang.

Ia menjelaskan, bahwa pekerjaan pembangunan jalan tersebut ada dua paket, yakni satu paket dibiayai dari DD 2024, dan satu paket didanai dari BKK. Namun lokasi pembangunanya menjadi 1 yakni di Dusun Dapet.

“Pengerjaan pembangunan dilakukan secara swakelola oleh TPK (Tim pengelola kegiatan) desa setempat. Pekerjaan dilapangan dimulai pada pertengahan Februari 2024, dan pada awal Maret 2024. Pekerjaan sudah selesai 100 persen. Alhamdulillah, pembangunan lancar, berkat dukungan dari warga setempat.” Ungkap Kades Mojodanu.

Dikatakanya, saat ini hasil pembangunan jalan itu, sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh warga, warga merasa senang atas pembangunan tersebut. Karena warga sudah lama mengidam-idamkan pembangunan jalan ini.

“Berkat bantuan DD dan program BKK tahun ini, Pemdes Mojodanu bisa memenuhi harapan masyarakat membangun jalan lingkungan di Dusun Dapet.”  Ujarnya.

Proyek jalan rabat beton di Desa Mojodanu, yang sudah selesai dikerjakan. Didanai dari Dana Desa 2024, dan program BKK tahun 2024. Rabu (6/3/2024).

Kades Sijad juga menjelaskan, bahwa pembangunan jalan tersebut, bertujuan untuk memudahkan akses transportasi mendukung aktifitas warga. Yakni mendukung aktifitas ekonomi warga, pendidikan, pertanian, dan lain-lain.

“Dengan dukungan jalan lingkungan yang baik, diharapkan dapat melancarkan aktivitas warga sehari-hari dalam mencari nafkah, mempermudah transportasi warga, dan memudahkan akses terhadap layanan kesehatan dan pendidikan. Semoga pembangunan ini dapat memberikan dampak positif, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, maju dan berkembang dalam segala hal serta bidang.” Tutur Sijad.

Tak hanya itu, pembangunan ini, juga bertujuan untuk menata lingkungan, dengan adanya pembangunan jalan Rabat betol tersebut, lingkungan sekarang terlihat lebih indah rapi, dibanding sebelumnya. Ungkap Kades Sijad.

Terpisah, TPK Desa Mojodanu M. Robbin mengatakan, dalam pelaksanaan proyek jalan rabat beton di Dusun Dapet, pihaknya selaku pelaksana pembangunan memprioritaskan kualitas hasil pekerjaan. Agar pekerjaan yang dilaksanakan berkualitas bagus sesuai yang diharapkan warga, dan bangunan dapat bertahan lama.

Suasana saat pengerjaan jalan rabat beton di Desa Mojodanu, Jombang.

“Pembangunan mulai dari awal pengerjaan hingga selesai berjalan lancar, berkat dukungan dari Pemdes, BPD, dan masyarakat setempat. Masyarakat senang adanya pembangunan jalan ini, dengan begitu warga merasa nyaman dan lancar dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Selain itu, berkat pembangunan jalan ini, jalan dikawasan tersebut terlihat rapi.” Kata Robbin. Rabu (6/3/2024).

Ia menambahkan, jalan yang dibangun tersebut dua paket, yakni satu paket dibiayai DD sepanjang 120 meter lebar 4 meter, dan tebal 15 Cm, dengan anggaran Rp 150 juta. Sedangkan paket kedua dibiayai dari BKK tahun 2024 sebesar Rp 150 juta, panjang, lebar dan tebal juga sama. Jadi total keseluruhan panjangnya 240 meter.

“Sekarang proyek jalan tersebut sudah selesai 100 persen. Sudah bisa digunakan oleh warga. Semoga pembangunan jalan ini, dapat membawa banyak manfaat bagi warga.” Imbuhnya.***

Pewarta : NUR AINI AULIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!