godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Desember 5 2021
Home / Pemerintah / Pemdes Plabuhan Bangun Jalan Dari Dana Desa
: Kades Plabuhan Aminatus Sholikhah (seragam dinas) saat menyalurkan Bansos BLT dari Dana Desa, yang disalurkan 12 kali dalam 1 tahun (Tahun 2021).

Pemdes Plabuhan Bangun Jalan Dari Dana Desa

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Meski dimasa pandemi Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Plabuhan Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur desa.

Misalnya tahun ini Pemdes Plabuhan, melaksanakan pembangunan jalan lingkungan berupa pembangunan jalan paving dan jalan rabad beton bertulang, yang dibiayai dari Dana Desa tahun anggaran 2021.

Jalan yang dibangun tersebut sebanyak tiga titik, yakni : Titik pertama, Pembangunan jalan rabad beton bertulang di Dusun Gembyang dengan volume (3 x 0.15 x 94) M, dengan anggaran Rp 82.450.000 juta; Dan titik kedua, Pembangunan jalan Paving di Dusun Plabuhan volume pekerjaan (3.14 x 147) M dengan anggaran Rp 81.712.000.

Bangunan jalan Paving di desa Plabuhan yang dibangun dari Dana Desa tahun 2021.

Selanjurnya titik ketiga berupa pembangunan dan perbaikan jalan paving didusun Sempol di tiga titik menelan biaya Rp 87.945.000.

Kepala desa (Kades) Plabuhan, Aminatus Sholikhah, mengatakan memang saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 namun Pemdes Plabuhan tetap mengalokasikan Dana Desa untuk pembangunan fisik yaitu untuk pembangunan jalan rabad beton bertulang dan jalan Paving. “Pembangunan jalan tersebut semuanya didana dari Dana Desa tahun 2021.” Kata Aminatus Sholikhah, Kamis (5/11).

Kades Plabuhan, juga menjelaskan selain untuk membangun jalan, Dana desa juga ia alokasikan untuk BLT (Bantuan langsung tunai) untuk warga desa setempat, yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Tahun ini Pemdes Plabuhan mengalokasikan dana BLT DD sebesar Rp 410.400.000 dengan sasaran 114 Keluarga penerima manfaat (KPM), pencairan sebanyak 12 kali (1 tahun). Dalam 1 bulan per-KPM mendapatkan sebesar Rp 300 ribu. BLT DD ini kita berikan, untuk sedikit meringankan beban ekonomi warga yang kurang mampu.” Kata wanita berhijab ini.

Ia menerangkan bahwa Dana desa tahun 2021 untuk bangunan fisik, digunakan untuk membangun Rabat Beton dan Perbaikan Jalan Paving  yang di bangun tersebut berlokasi di jalan pertanian. Karena jalan tersebut tanahnya masih labil

Menurut Aminatus Sholikhah, pembangunan jalan rabad beton dan jalan paving tersebut juga penting, karena sebelumnya jalan yang dibangun ada yang hanya berupa jalan tanah biasa, dengan dibangunnya jalan tersebut diharapkan bisa mendukung dan melancarkan aktifitas perekonomian masyarakat.

Bangunan jalan rabad beton bertulang di desa Plabuhan yang dibangun dari Dana Desa tahun 2021.

“Kami berharap pembangunan jalan ini bisa meningkatkan kesejahteraan warga. Karena jalan yang baik akan dapat mendukung aktifitas perekonomian warga.” Ungkapnya.

Ia menyebutkan, pembangunan jalan tersebut juga merupakan kebutuhan warga. Sebelumnya jalan tersebut selain adanya masih berupa jalan tanah, ada juga jalan yang sudah di paving, namun pavingnya sudah mengalami kerusakan yang parah, sehingga tidak nyaman untuk dilewati kendaraan.

“Oleh karena itu jalan yang masih berupa tanah, tahun ini kita bangun jalan rabad beton bertulang, dan jalan paving. Sedang jalan paving yang rusak parah kita lakukan perbaikan.” Ujarnya.

Kades Plabuhan menambahkan, semoga dengan pembangunan jalan ini dapat banyak membawa manfaat untuk warga. Tuturnya.

Sementara itu ketua Tim pengelola kegiatan (TPK) desa Plabuhan, M. Kunto, mengatakan pengerjaan proyek Jalan dimulai sejak Agustus 2021 lalu. Saat ini jalan rabad beton sudah selesai 100 persen dan dan sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh warga setempat. 

“Untuk tenaga kerja, kita ambilkan dari warga setempat. Pengerjaan jalan, dari awal sampai sekarang Alhamdulilah berjalan lancar, berkat kekompakan TPK, Pemerintah desa, BPD, dan warga setempat.” Kata Kunto.

Kami berharap bangunan ini dapat membawa manfaat bagi kemajuan desa Plabuhan . Ungkapnya. (Ris/Snt)

Check Also

Program PAMSIMAS Disperkim Jombang Bangun Jaringan Air Bersih Di Desa Jatimlerek

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Berbagai Program Nasional (Pronas) telah dilaksanakan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!