Pemdes Pojokrejo Bangun Tempat Pembuangan Sampah, Kades : Butuh Perhatian Pemkab Jombang

Bangunan tempat pembuangan sampah didusun Gudang, Desa Pojokrejo, yang sudah selesai dibangun, dengan Dana Desa Pajokrejo tahun 2023. Kamis (9/11/2023). Untuk melanjutkan pembangunan ini, butuh perhatian Pemkab Jombang.

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa Pojokrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa timur, tahun ini membangun tempat pembuangan sampah, yang dibiayai dari Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2023. Bertujuan untuk atasi masalah sampah dan menciptakan lingkungan yang sehat.

Kepala Desa (Kades) Pojokrejo, H Nursam mengatakan, tahun ini pemerintah desa Pojokrejo, mengelontorkan Dana Desa tahun 2023 sebesar Rp 100 juta, untuk pembangunan tempat pembuangan sampah.

“Tempat pembuangan sampah yang dibangun tersebut, berlokasi di Dusun Gudang, Desa Pojokrejo, yakni disekitar areal persawahan, dan jauh dari pemukiman warga. Pengerjaan dimulai pada awal September 2023, dan pada akhir bulan pembangunan sudah selesai 100 persen, dilaksanakan.” Kata Nursam. Kamis (9/11/2023).

Nursam juga merincikan, pekerjaan proyek tempat pembuangan sampah ini meliputi, pekerjaan pembangunan plengsengan keliling segi empat dari pasangan batu kali yang berfungsi untuk penahan tanah, pengerjaan pengurugan lahan, dan pondasi bangunan.

“Setelah kita bangun plengsengan, baru kita lanjutkan pengurugan dengan tanah urug, selanjutnya kita bangun pondasi untuk bangunan diatasnya. Untuk pembangunan plengsengan ini agak tinggi, dan penguruganya juga lumayan dalam karena lokasi pembangunan adalah tanah sawah.”  Papar Nursam.

Ia menjelaskan, rencananya diatas bangunan ini, akan dilanjutkan atau akan dibangun sebuah bangunan untuk tempat pengolahan sampah terpadu (TPST). Namun karena Pemdes Pojokrejo tidak memiliki dana maka bangunan tersebut belum dapat dibangun tahun ini. Sambungnya.

“Untuk pembangunan gedung sejenis TPST kan butuh pendanaan yang lumayan besar. Untuk itu, kami dari Pemdes Pojokrejo akan mengajukan bantuan kepada Pemkab Jombang, untuk menyelesaikan pembangunan tempat pembuangan sampah tersebut. Tentunya kami sangat berharap Pemkab Jombang, atau DLH bisa memberikan solusi masalah ini. Karena untuk mengatasi permasalahan sampah ini adalah tangung jawab bersama.” Ungkap Kades Nursam.

Bangunan tempat pembuangan sampah didusun Gudang, Desa Pojokrejo, yang sudah selesai dibangun, dengan Dana Desa Pajokrejo tahun 2023. Kamis (9/11/2023).

Nursam menandaskan, untuk proyek tempat pembuangan sampah di Desa Pojokrejo ini, tinggal melanjutkan saja, atau tinggal mendirikan bangunan, karena tahun ini sudah kita bangun, plensengan, pondasi, dan lahanya sudah kita urug dengan tanah.

“Sekali lagi kami berharap, Pemkab Jombang bisa membantu kami. Untuk melanjutkan proyek ini.” Ujarnya berharap.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa, tujuan pembangunan tempat pembuangan sampah ini, untuk mengatasi masalah sampah dan menciptakan lingkungan yang sehat.

“Pertambahan penduduk dibarengi dengan peningkatan aktivitas rumah tangga dan menimbulkan bertambahnya jumlah dan jenis sampah yang semakin beragam. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Pojokrejo, mengadakan program pembangunan tempat pengolahan sampah ini.” Imbuh Nursam.

Sementara itu ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Dana Desa Pojokrejo, Darwadi mengatakan bahwa pihaknya selaku pelaksana royek pembangunan tempat pembuangan sampah desa Pojokrejo, yang dibiayai dari DD sebesar Rp 100 juta, telah melaksanakan pekerjaan dengan semaksimal mungkin.

“Dalam bekerja kami mengutamakan kualitas hasil pekerjaan, agar bangunan bisa kuat, masa pengunaan bangunan bisa lama. Dan Alhamdulillah pembangunan berjalan lancar, berkat kekompakan TPK, Pemdes, BPD, dan masyarakat setempat.” Ungkap Darwadi.

Semoga tahun depan proyek pembangunan tempat pembuangan sampah di Dusun Gudang, Desa Pojokrejo, ini bisa dilanjutkan lagi. Dan Semoga pembangunan ini, banyak membawa manfaat bagi warga.Pungkas Darwadi.***

Pewarta : SINTA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!