godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Mei 16 2021
Home / Pemerintah / Pemdes Sumbergondang Realisasikan Dana Desa 2020, Bangun Jalan Dan TPT
Kades Sumbergondang, Sunarto, lokasi bangunan jalan rabad beton yang dibiayai dari Dana desa 2020

Pemdes Sumbergondang Realisasikan Dana Desa 2020, Bangun Jalan Dan TPT

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Meski ditengah masa pandemi Covid-19 pembangunan infrastruktur desa Sumbergondang, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa timur, tetap berjalan. Tahun ini Pemerintah desa (Pemdes) tesebut, membangun jalan Paving, Tembok penahan tanah (TPT) dan pematangan lahan lapangan olahraga, yang dibiayai dari Dana Desa (DD) 2020.

Kepala desa (Kades) Sumbergondang, Sunarto, mengatakan, tahun ini pihaknya melaksanakan pembangunan fisik, yaitu pembangunan jalan Paving sepanjang 180 m dan lebar 4 m, berlokasi di dusun Gondang, dengan anggaran Rp 125 juta Selanjutnya pembangunan TPT didusun Sawahan, yaitu ditepi jalan menju waduk Gondang, dengan anggaran Rp 19.080.000 dan pembangunan lapangan olahraga didusun Ndander, pekerjaan dilapangan berupa pengurugan lapangan, anggaran Rp 20 juta.

“Pembangunan jalan, TPT, dan pengurugan lapangan desa, tersebut semuanya dibiayai dari Dana desa 2020. Pengerjaan dimulai Juli 2020. Sekarang proyek tesebut sudah selesai 100%, dan sudah dapat dirasakan manfatnya oleh warga.” Kata Kades Sunarto.

Bangunan jalan rabad beton yang dibiayai dari Dana desa 2020

Narto juga menjelaskan, Dana desa tahun 2020, desa Sumbergondang banyak yang teserap untuk penanganan pandemi Covid-19, dan untuk pemberian Bantuan lansung tunai (BLT) kepada warga terdampak Covid-19.

“Meski Dana desa 2020 banyak yang teserap untuk penangann Covid-19 dan pemberian BLT. Tapi Pemdes Sumbergondang, tetap mengalokasikan Dana desa 2020 untuk pembangunan fisik atau pembangunan infrastruktur dengan tujuan untuk menunjang pembangunan di Desa agar terus berjakan.” Terang Narto.

Menurut dia, pembangunan jalan paving tesebut juga penting, karena sebelumnya jalan yang dibangun tesebut hanya berupa jalan tanah biasa, dengan dibangunya jalan tesebut diharapkan bisa mendukung dan melancarkan aktifitas perekonomian masyarakat. “Kami berharap pembangunan jalan ini bisa meningkatkan kesejahteraan warga. Karena jalan yang baik akan dapat mendukung aktifitas perekonomian warga.” Ungkapnya.

Sementara itu Ketua Tim pengelolah kegiatan (TPK) Desa Sumbergondang, Jani, mengatakan, untuk pengerjaan dilaksanakan secara swakelola, dan tenaga kerja dimbilkan dari warga setempat.

“Pengerjaan dimulai pada Pertengahan Juli 2020, dan pada Agustus 2020 semua bangunan sudah rampung dikerjakan. Sekarang sudah dapat dirasakan manfaat pembangunan tersebut oleh warga.” Kata Jani.

Menurut Jani, sebelum pembangunan jalan paving, TPT, dan pengurugan lapangan dusun Ndander, dilaksanakan, sudah melalui Musyawarah desa terlebih dahulu. “Jadi pembangunan ini berdasarkan hasil usulan warga melalui Musdes. Warga senang dengan adanya pembangunan ini karena pembangunan dilaksanakan berdasarkan kebutuhan atau usulan warga. Semoga pembangunan ini membawa manfaat bagi warga.” Ujar Jani. (Snt/Ris)

Check Also

Polres Jombang – BTN, Tandatangani MoU 400 Unit Rumah Bersubsidi Untuk Anggota Polri

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Kepolisian Resor Jombang (Polres Jombang) – Bank BTN (Persero) tbk dan pengembang PT Sinar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!